19 Feb

KPU KOTA BATU GELAR RAPAT PLENO REKAPITULASI DAN PENETAPAN DPTb dan DPK PEMILU 2019

Sisir, kpu-kotabatu.go.id (18 Februari 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu bersama seluruh stakeholder penyelenggara Pemilu 2019 mengadakan konsolidasi di Samara Hotel and Resort, Kota Batu, Senin (18/01/2019). Kegiatan dengan tema Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) Tingkat Kota Batu dalam Pemilu 2019 tersebut dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kota Batu, Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo), Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Batu, Junrejo, dan Bumiaji, serta Ketua Partai Politik Peserta Pemilu 2019 se-Kota Batu. Kegiatan rapat pleno ini merupakan rangkaian dari kegiatan rapat pleno tingkat kecamatan yg telah diselenggarakan oleh PPK dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Batu di masing-masing kecamatan pada Jum’at hingga Minggu (15-17/02/2019).

Rapat pleno kali ini bermaksud untuk menyampaikan hasil rekapitulasi DPTb dan DPK yang telah dilakukan oleh PPK dan PPS di waktu sebelumnya sekaligus proses penetapan daftar pemilih yang telah selesai dikerjakan. Selain itu, kegiatan rapat pleno tersebut juga memberi kesempatan kepada Bawaslu Kota Batu serta PPK dan seluruh partai politik peserta Pemilu 2019 se-Kota Batu untuk memberikan masukan jika ada hal-hal yang belum maksimal berkaitan dengan jumlah daftar pemilih di Kota Batu. Sedangkan keberadaan perwakilan Dispendukcapil diharapkan dapat membantu kerja KPU Kota Batu dalam memobilisasi penduduk yang belum mempunyai kelengkapan dokumen kependudukan sebagai syarat daftar di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua KPU Kota Batu (Saifudin Zuhri) dalam sambutannya menjelaskan jika lembaganya terus bekerja keras melayani masyarakat dalam hal pendataan dan pendaftaran sebagai pemilih pada Pemilu 2019, sehingga dapat menggunakan hak pilih mereka dengan baik dan bertanggung jawab. “Setiap waktu kita selalu berusaha melayani masyarakat dengan maksimal. Tujuannya sederhana, yakni agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik, dengan harapan mereka bisa berpartisipasi positif terhadap Pemilu 2019 ini,” jelasnya.


Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Ashar Chilmi) lebih jauh menjelaskan tentang kondisi di lapangan berkaitan dengan sosialisasi dan pelayanan formulir A5. Ia menerangkan jika di beberapa lokasi ada keinginan untuk mendirikan TPS secara mandiri, misalnya di Sekolah Al Kitab Kota Batu yang memliki siswa dan staf pengajar hampir mencapai 300 orang sehingga dinilai memenuhi syarat mendirikan TPS di lingkungannya. Namun dengan berbagai pertimbangan, maka pendirian TPS tersebut tidak bisa dilakukan. “Kemarin ada rencana membuat TPS baru, misalnya di Sekolah Al Kitab atau Pascasarjana UIN. Tapi tidak jadi kita lakukan karena beberapa alasan, antara lain menjaga wibawa lembaga yang bersangkutan, menjaga netralitas, dan agar para petugas tetap nyaman dalam menjalankan tugasnya,” paparnya.

Menurut Ashar, langkah untuk menghadapi kondisi tersebut ialah dengan mendistribusikan para pemilih dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) ke TPS-TPS terdekat, dengan tujuan agar memudahkan untuk mengakses lokasi pemungutan suara. “Kita akan mendistribusikan para pemilih tambahan ke TPS terdekat. Misalnya Sekolah Tinggi Agama Budha dan SMA Immanuel kita arahkan memilih ke TPS di sekitarnya. Ya memang harus ada yang ‘ngalahi’,” jelasnya.

Kegiatan rapat pleno diakhiri dengan penandatanganan dan penyerahan Berita Acara Penetapan Perbaikan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) kepada semua peserta Pemilu 2019 di Kota Batu oleh Ashar Chilmi. Adapun jumlah pemilih masuk yang terdaftar sebagai DPTb rinciannya ialah 128 orang di Kecamatan Batu, 7 orang di Kecamatan Bumiaji, dan 364 orang di Kecamatan Junrejo, sehingga total pemilih dalam DPTb sebanyak 499 orang. (ats)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =