29 Okt

KPU KOTA BATU GELAR EVALUASI LAPORAN DAN AUDIT DANA KAMPANYE

Batu, kpu-kotabatu.go.id (29 Oktober 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menggelar Rapat Evaluasi Laporan dan Audit Dana Kampanye pada Pemilu 2019, Senin (28/10/2019). Agenda rapat tersebut dimaksudkan untuk melihat efektivitas tahapan pelaporan dana kampanye yang dilakukan oleh partai politik di tingkat Kota Batu. Selain komisioner dan sekretariat KPU Kota Batu, agenda tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Bawaslu Kota Batu.

Ketua KPU Kota Batu (Mardiono) dalam sambutan pembukanya menyampaikan bahwa KPU kabupaten/kota adalah pelaksana kebijakan yang diputuskan oleh KPU RI, termasuk dalam hal pelaporan dana kamapanye. Oleh karena itu, sebutnya, sebagai pelaksana teknis di tingkat paling bawah sudah seharusnya KPU Kota Batu bisa memberikan masukan terhadap efektivitas pelaksanaan kebijakan tentang dana kampanye tersebut.

“Jika ada masukan-masukan, nanti silakan disampaikan. Siapa tau hasil dari rapat kerja kita sore ini bisa disampaikan ke KPU provinsi dan KPU RI. Ke depan KPU RI dalam membuat peraturan ataupun keputusan bisa mempertimbangkan masukan dari kita semua sebagai penyelenggara di tingkat kota/kabpaten,” terangnya.

Sedangkan, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan (Thomi Rusy Diantoro) mengungkapkan selama ini pelaksanaan audit dan pelaporan dana kampanye bersifat on the track, dalam artian prosesnya sesuai dengan peraturan tentang LADK, LPSDK, dan LPPDK.

 

Sementara itu Komisioner Bawaslu Kota Batu (Supriyanto) memaparkan jika selama pelaksanaan Pemilu 2019 kampanye berjalan dengan cukup baik. Ia juga menyampaikan perlunya evaluasi terhadap peraturan dana kampanye, karena isinya hanya berorientasi pada pelaporan bukan pembuktian kebenaran jumlah dan penggunaannya.

“Mungin teman-teman di KPU bisa mengupayakan perubahan terhadap peraturan-peraturan yang dinilai kurang efektif. Misalnya lewat (mekanisme) Judicial Review. Bawaslu di beberapa daerah sudah ada yang mencoba. Nah, mungkin langkah seperti itu bisa dicontoh oleh KPU,” terangnya.
(ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 2