04 Apr

KPU KOTA BATU GANTI OPERATOR SAKTI

Batu, kpu-kotabatu.go.id (04 April 2020) – Sistem Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) merupakan aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. Per tanggal 1 April 2020 lalu KPU Kota Batu telah mengganti operator SAKTI dikarenakan operator sebelumnya (Joko Sulistiyo) telah berakhir masa baktinya dan dipindahkan ke Kelurahan Dadaprejo. Joko digantikan oleh staff Sub bagian Hukum dan Pengawasan (Neneng Susanti).

Bertempat di Kantor KPU Kota Batu Pada Kamis lalu (02/04) Neneng didampingi Admin Sakti (Samsul) untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang salah satu aplikasi pengelolaan keuangan ini. Neneng menuturkan bahwa banyak yang harus dipelajari terkait aplikasi ini dengan mempelajari Modul penganggaran SAKTI. Diantaranya cara merevisi anggaran kewenangan Satker (Revisi POK), mempelajari revisi anggaran kewenangan KANWIL (revisi DIPA) serta mempelajari revisi halaman III DIPA.

“Harapan saya semoga dapat dengan cepat mempelajari sistem keuangan SAKTI ini, hal ini sedikit lebih mudah karena latar belakang pendidikan saya adalah ekonomi akutansi. Saya akan bekerja keras dalam belajar dan akan menunjukkan dedikasi yang tinggi terhadap amanah baru ini,” jelas Neneng bersemangat.

Jumat lalu Neneng juga turut bergabung di Google Classroom untuk mengupdate pembaharuan Aplikasi SAKTI. Pemahaman pertama tentang aplikasi ini adalah sistem aplikasi yang dibangun untuk menyederhanakan berbagai aplikasi pengelolaan keuangan pada satuan kerja/instansi. Selama ini ada beberapa aplikasi yang dipergunakan satuan kerja/instansi dalam pengelolaan keuangan negara dari perencanaan anggaran sampai dengan pelaporan keuangan seperti Aplikasi RKA-KL DIPA untuk menyusun anggaran, aplikasi SIMAK BMN untuk pengelolaan asset tetap dan aplikasi SAKPA untuk penyusunan laporan keuangan. Dengan konsep Single Database,  aplikasi SAKTI menyatukan fungsi aplikasi-aplikasi tersebut. Saat mempelajari aplikasi tersebut, didampingi admin SAKTI KPU Kota Batu, Neneng langsung melaksanakan tugas barunya dengan melakukan input data rencana penyerapan anggaran dalam satu periode tahun anggaran 2020 ini. (Mrl)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

83 − 79 =