26 Feb

KPU KOTA BATU AKAN DISTRIBUSI STAF UNTUK MENJADI GUIDE RPP NASIONAL

Batu, kpu-kotabatu.go.id (26 Februari 2020) – KPU Kota Batu diwakili oleh Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM (Marlina) didampingi oleh Sekretaris dan Kasubag Perencanaan, data dan informasi KPU Kota Batu melakukan koordinasi dengan pihak managemen Jawa Timur Park 1 pada Rabu siang bertempat di Resto Punakawan Jatim Park 1. Koordinasi kali ini untuk membahas tenaga atau SDM yang akan ditempatkan untuk menjaga sekaligus menjadi Guide di wahana Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional “Wisata Demokrasi” Jatim Park 1.

Pihak Jatim Park 1 menyetujui dan menyepakati penempatan SDM KPU Kota Batu ini, agar keamanan serta visi dan misi dari pendirian RPP Nasional ditempat wisata ini dapat terwujud sehingga tujuan dan fungsinya sebagai media pembelajaran tentang pemilu, politik dan demokrasi dengan konsep awalnya Education and Fun dapat diaktualisasikan.

Marlina menyampaikan jika saat ini KPU Kota Batu telah membuatkan jadwal piket untuk seluruh staf. Dimana setiap harinya akan ada tiga orang yang akan menjadi pemandu di wahana RPP Nasional tersebut dan pastinya akan selalu di monitoring oleh unsur pimpinan (komisoner dan sekretaris) KPU Kota Batu.

“Jadwal ini sudah disusun untuk 7 hari kerja setiap minggunya. Akan tetap berlaku hingga bantuan tenaga pendukung dari Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Batu diberikan pembekalan atau training dan segera diturunkan kelapangan (RPP Nasional, Red)”, jelasnya.

Dari hasil koordinasi tersebut pihak Jawa Timur Park 1 telah menyetujui dan disepakati mulai Senin tepatnya pada tanggal 2 Maret 2020 ini akan mulai dijalankan jadwal piket tersebut. Dijelaskan oleh salah seorang staf penanggung jawab lapangan Jatim Park 1 (Dewi), mereka akan segera membuatkan surat pemberitahuan kepada kepala keamanan (Security) JTP 1 agar mengetahui dan membukakan akses kepada staf yang ditugaskan KPU Kota Batu.

Tidak lupa saat koordinasi dengan pihak Jatim Park 1, Marlina beserta staf juga memonitoring ke lokasi RPP Nasional untuk melihat perkembangan dan menyapa pengunjung serta memandu pengunjung untuk mengetahui fungsi masing-masing konten yang terdapat di lokasi tersebut.

Saat dilokasi, Marlina sempat memeriksa Counter pengunjung yang diletakkan dipintu masuk RPP Nasional tersebut. Angka pengunjung terbilang fantastis, baru berjalan sekitar dua bulan wahana ini didirikan, sudah terdapat 66.000 lebih kunjungan di wahana tersebut. Melihat angka tersebut, Marlina menyampaikan bahwa KPU Kota Batu optimis mengawal wahana demokrasi ini menjadi salah satu wahana sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat pada Pemilu serta Pemilihan Kepala Daerah kedepannya. Serta tidak menutup kemungkinan, bahwa wahana ini akan menjadi percontohan bagi seluruh lembaga penyelenggara pemilu di Indonesia. “Untuk itu wahana demokrasi ini akan terus dikembangkan mengikuti perkembangan dan informasi terbaru terkait kepemiluan di Indonesia, khususnya di Jawa Timur dan Kota Batu.”tutupnya. (Mrl)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

33 − 24 =