17 Des

KPU JATIM : TAHAPAN PENCALONAN KRUSIAL, HARUS HATI-HATI

Sidoarjo, kpu-kotabatu.go.id (17 Desember 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Cara Pencalonan Pemilihan 2020 dengan mengundang 38 KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur, Senin-Selasa (16-17/12/2019) di Fave Hotel Sidoarjo. Dalam bimtek yang dihadiri anggota KPU Divisi Teknis, Divisi Hukum dan Kasubbag Teknis tersebut Ketua KPU Jatim (Choirul Anam) menegaskan pentingnya sikap kehati-hatian KPU daerah dalam menjalankan tahapan pencalonan.

Anam memberikan alasan bahwa sikap tersebut perlu, mengingat pencalonan bersifat krusial. Bahkan, lanjutnya, bobot tahapan pencalonan grade-nya hampir sebanding tahapan Tungsura dan menjadi salah satu objek pelaporan oleh peserta Pemilu atau Pilkada.

“Tahapan pencalonan pada pemilihan merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial, satu strip di bawah tahapan Tungsura karena 30 persen lebih laporan kepada DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) biasanya lekat hubungannya dengan tahapan pencalonan ini,” terangnya.

Berdasar urgensi tersebut Anam menekankan jika setiap SDM di dalam KPU, baik komisioner maupun sekretariat perlu memahami alur dan tata cara pencalonan dengan baik. Selain itu, sebutnya, seluruh komponen KPU juga harus saling bekerja sama, tidak membebankan kepada salah satu bagian atau divisi.

“Butuh ekstra kehati-hatian dalam melaksanakan tahapan pencalonan ini. Jangan hanya dipasrahkan kepada sekretariat saja dalam pelaksanaannya. Namun, peran serta dan pendampingan komisioner sangat dibutuhkan dalam tahapan ini,” tegasnya.

Perwakilan KPU Kota Batu yang hadir dalam kegiatan bimtek ini ialah komisioner Divisi Teknis (Erfanudin) dan Divisi Hukum (Thomy Rusy Diantoro) serta Kasubbag Teknis (Ariansyah Mustafa). Adapun tahapan pencalonan ini merupakan leading sector bagi Divisi Hukum dan Teknis KPU, sehingga keduanya harus menguasai regulasi dan potensi masalah yang ada. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 7