31 Jul

KPU JATIM: PRINSIP 3M ADALAH KUNCI KEBERHASILAN TUGAS SEKRETARIS

Kediri, kpu-kotabatu.go.id (31 Juli 2019) – Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) hadir dalam agenda Rapat Koordinasi Pengelolaan Program, Kegiatan, dan Anggaran Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Jawa Timur di Kediri, Selasa-Rabu (30-31/08/2019). Rakor yg diikuti oleh sekretaris 38 KPU kota/kabupaten se-Jawa Timur tersebut bertujuan agar masing-masing sekretariat KPU dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang telah dijelaskan dalam undang-undang.

Sekretaris KPU Jawa Timur (Muhammad Eberta Kawima) menerangkan jika secara spesifik agenda rakor tersebut diperuntukkan bagi sekretaris KPU. Menurutnya, sekretaris adalah pimpinan kantor, sehingga keberadaannya sangat penting bagi pelaksanaan birokasi. “Sekretariat itu kalau secara harfiah menurut bahasa birokrasi adalah kantor. Sehingga sekretaris sebagai pimpinan kantor wajib memahami bagaimana memenej kantor,” ujarnya.

Berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi sekretaris ia menerangkan bahwa ada prinsip utama yang harus dipegang. Prinsip tersebut terangkum dalam 3 nilai utama yang sering dikenal dengan 3M, yakni Man, Money, dan Material. “Man dalam arti kepegawaian, Money dalam arti anggaran, dan Material dalam arti aset,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Jawa Timur (Choirul Anam) juga tak lupa berpesan agar seluruh KPU kabupaten/kota di Jawa Timur senantiasa berupaya menjaga soliditas antar anggota. Menurutnya hal itu merupakan salah satu aspek penting bagi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan tugas-tugas KPU. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

63 + = 67