06 Des

KPU JATIM : PELAKSANAAN ANGGARAN DAN PROGRAM HARUS BERDASAR SKALA PRIORITAS

Pasuruan, kpu-kotabatu.go.id (4 Desember 2019) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyampaikan tentang perlunya membuat skala prioritas dalam pelaksanaan tugas KPU, baik berkaitan dengan penggunaan anggaran maupun pelaksanaan program kerja. Hal itu ia sampaikan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur, Selasa-Kamis (3-5/12/2019) di Royal Tretes View Hotel and Convention, Pasuruan. Menurutnya, adanya skala prioritas itu guna mendukung produktivitas dan efektivitas kinerja lembaga.

Pertama, skala prioritas harus diaplikasikan dalam penggunaan anggaran. Menurut Anam, Ketersediaan anggaran jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak produktif dan hanya bertujuan untuk penyerapan sebesar-besarnya. Namun, sebutnya, anggaran yang ada harus dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas, misalnya pembangunan kapasitas lembaga dan SDM KPU.

“Selama ini untuk KPU di Jawa Timur saya menilai penggunaan anggaran sudah cukup baik. Hal ini harus terus ditingkatkan. Saya menghimbau kepada rekan-rekan agar anggaran digunakan untuk hal-hal atau program kerja yang produktif, jangan berorientasi pada penyerapan saja. Oleh karena itu penting bagi kita untuk membuat skala prioritas,” tegasnya.

Kedua, skala prioritas juga perlu dibuat dalam pelaksanaan program kerja maupun kegiatan. Ia menyontohkan, kegiatan di dalam KPU sangat banyak, bahkan waktunya bisa bersamaan. Menghadapi kondisi tersebut, lanjutnya, sudah seharusnya komisioner maupun sekretaris bisa membuat pertimbangan, mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa didelegasikan. Sikap demikian, sebutnya, akan dapat mewujudkan kerja yang produktif dan efektif.

Selain membahas rencana program dan anggaran tahun 2020, dalam kegiatan tersebut peserta rapim juga mendapat materi tentang pengembangan kapasitas kepemimpinan dan outbond yang dimaksudkan untuk menumbuhkan skill kepemimpinan dan soliditas. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

75 + = 78