28 Feb

KPU JATIM MONITORING CEK KESIAPAN LOGISTIK DI KPU KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (28 Februari 2019) РKomisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Divisi SDM dan Litbang (Rochani) melakukan kunjungan ke Kantor KPU Kota Batu pada Kamis (28/02/2019). Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mengecek kesiapan personel penyelenggara, logistik dan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di tiap-tiap kecamatan, kelurahan, dan desa yang ada di Kota Batu. Dalam kesempatan tersebut Rochani didampingi oleh Ketua KPU Kota Batu (Saifudin Zuhri),  Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto) dan Komisioner KPU Kota Batu Divisi Teknis (Erfanudin).

Hal pertama yang dilakukan oleh Rochani ialah berdiskusi dengan para komisoner KPU Kota Batu membahas kesiapan teknis dan logistik KPU Kota Batu dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Selanjutnya ia melihat proses pengepakan surat suara yang dilakukan di Aula KPU Kota Batu dan kondisi tempat penyimpanan kotak dan surat suara yang berada di gudang KPU lantai 1. Secara umum, menurut Rochani persiapan yang dilakukan oleh KPU Kota Batu dalam menyiapkan logistik pemilu sudah baik, tinggal menguatkan proses penjagaan dan pengawasan sehingga kondisinya tetap aman dan terjaga hingga hari pelaksanaan pada 17 April 2019. “Secara keseluruhan kesiapan logistik di KPU Batu sudah baik. Selanjutnya, seluruh tim tinggal melakukan pengawasan yang baik untuk mengantisipasi adanya kerusakan,” tuturnya.

Agenda selanjutnya yang dilakukan oleh Rochani ialah mengunjungi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan beberapa Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan kelurahan untuk melihat kesiapan tim dalam menyelenggarakan rekrutmen anggota KPPS. Adapun PPK yang dikunjungi ialah PPK Kecamatan Batu, Bumiaji, dan Junrejo. Sedangkan PPS yang mendapat kunjungan ialah PPS Desa Tlekung, Desa Beji, dan Kelurahan Sisir. Dalam penilaian Rochani masih ada beberapa hal teknis yang perlu diperbaiki dan disempurnakan oleh penyelenggara pemilu di masing-masing tingkat, misalnya kapasitas ruang penyimpanan kotak dan surat suara, serta kesiapan pengumuman penerimaan KPPS. “Misal, tadi ditemukan kantor PPK yang terlalu sempit. Berkaitan dengan penerimaan KPPS, pengumuman yang dibuat juga masih ada kesalahan redaksi. Maka harus segera diperbaiki agar informasi yang dibuat bisa dipahami oleh masyarakat dengan baik,” tutur Heru yang mendampingi Rochani.

Terakhir, secara umum kesiapan yang dilakukan oleh KPU Kota Batu beserta seluruh elemen penyelenggara pemilu dinilai telah siap, baik dari sisi personel, tempat, logistik, dan hal-hal teknis lain. Ke depan KPU Kota Batu tinggal melakukan penyempurnaan agar benar-benar siap dalam menyelenggarakan Pemilu 2019 ini. (ats)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 3 =