29 Agu

KPU JATIM : KEHUMASAN PENTING UNTUK CITRA LEMBAGA DAN PARTISIPASI MASYARAKAT

Sidoarjo, kpu-kotabatu.go.id (28 Agustus 2019) – Keberadaan dan fungsi kehumasan sangat penting bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU), selain untuk menunjukkan citra lembaga ia juga sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum (Pemilu). Kesimpulan tersebut menjadi catatan berharga bagi 38 KPU se-Jawa Timur yang hadir dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan yang diselenggarakan oleh KPU Jawa Timur, Selasa-Rabu (27-28/08/2019) di Fave Hotel Sidoarjo.

Ketua KPU Jawa Timur (Choirul Anam) dalam sambutan pembuka menerangkan bahwa perlunya adanya kesepahaman tentang fungsi kehumasan oleh semua KPU kabupaten/kota. Atas dasar itu, sebutnya, Bimtek Kehumasan menjadi penting diselenggarakan. “Sangat penting lembaga KPU ini memiliki humas. Dan belum semua KPU kabupaten/kota tuntas terkait dengan kehumasan di KPU, meskipun ada banyak komisioner yang berlatar belakang mantan wartawan. Karena kehumasan di KPU ini agak unik dan berbeda dengan instansi lainnya,” terangnya.

Anam melanjutkan, adanya kehumasan di KPU memiliki arti penting, pertama sebagai pemberian hak publik atas akses informasi kepemiluan. Kedua, sebutnya, fungsi kehumasan yang berjalan dengan baik akan dapat mewujudkan citra lembaga yang baik pula. “Ini menjadi tantangan semuanya untuk membangun citra diri lembaga dengan baik,” tegasnya.

Selaras dengan Anam, Sekretaris KPU Jawa Timur (HM. Eberta Kawima) menegaskan bahwa fungsi kehumasan di KPU berbeda dengan lembaga lain. Menurutnya titik fokus yang harus menjadi perhatian ialah efektivitasnya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. “Humas di KPU tidak hanya sekedar bertugas memenuhi hak publik atas informasi, namun lebih dari itu. Humas KPU memperhatikan output-nya untuk partisipasi masyarakat juga, sehingga humas di KPU namanya Hupmas (Hubungan Partisipasi Masyarakat),” tandasnya.

Dalam bimtek kehumasan tersebut materi-materi yang tersaji antara lain Komunikasi Publik dalam Pemilu dan Pilkada, Public Speaking, Teknik Fotografi dan Jurnalistik, dan Penulisan Berita. Sedangkan perwakilan dari KPU Kota Batu yang hadir ialah Komisoner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Marlina) dan Staf Subbag Teknis (Prasetiya). (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

42 − 36 =