11 Okt

KPU JATIM INGATKAN KESIAPAN SEKRETARIAT HADAPI AUDIT BPK

Batu, kpu-kotabatu.go.id (11 Oktober 2019) – Ketua KPU Provinsi Jawa Timur (Choirul Anam) mengingatkan kepada sekretariat KPU di daerah dalam menghadapi jadwal audit yang akan dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Jawa Timur. Kesiapan yang dilakukan akan mendukung proses audit secara maksimal. Adapun hal yang akan diaudit ialah pengadaan logistik dan data pemilih. Pesan tersebut disampaikan oleh Anam dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Rabu-Kamis (9/10/2019).

Anam mengatakan jika dalam waktu dekat BPK perwakilan Jawa Timur akan melaksanakan proses audit kepada sekretariat KPU di 12 kabupaten/kota. Selain kesiapan sekretariat, ia juga berpesan kepada komisioner agar mengawal proses tersebut. Menurutnya, komisioner sebagai pimpinan KPU merupakan orang yang mengetahui tentang pengambilan dan pelaksanaan kebijakan lembaga.

“Kami berpesan agar komisioner mengawal proses pelaksanaan audit, karena audit ini akan berhubungan dengan pelaksanaan kebijakan. Misalnya, pleno perlu dilakukan berkali-kali, namun ini tidak bisa dipahami oleh tim audit karena mereka hanya mengacu pada undang-undang. Oleh karena itu komisioner harus siap mendampingi, kami khawatir nanti teman-teman sekretariat belum memahami,” terangnya.

Anam melanjutkan bahwa audit yang akan dilakukan ini menjadi awalan bagi BPK sebelum proses audit aspek lain dalam kelembagaan KPU. “Audit kinerja ini akan menjadi pintu masuk bagi BPK untuk melakukan audit-audit selanjutnya,” tandasnya.
(ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 2 =