02 Sep

KPU JATIM GELAR EVALUASI TAHAPAN PEMILU 2019 DI KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (31 Agustus 2019) – “Hasil evaluasi tahapan Pemilu 2019 ini nanti akan disusun ke dalam DIM (Daftar Inventaris Masalah),” terang Insan. Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner Divisi Teknis dan Hupmas KPU Jawa Timur (Insan Qoriawan) dalam kegiatqn Rapat Evaluasi Tahapan Pemungutan, Penghitungan, dan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Jawa Timur di Hotel Singhasari, Kota Batu, Sabtu-Minggu (31/08-1/09/2019). Kegiatan rapat evaluasi dihadiri oleh Ketua KPU, Komisioner Divisi Teknis, dan Kasubbag Teknis KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Insan menuturkan jika teknis evaluasi akan dilakukan secara komprehensif, yakni sejak tahapan pembentukan daerah pemilihan (dapil) hingga penetapan calon terpilih dan perolehan jumlah kursi. Menurutnya, evaluasi menyeluruh tiap tahapan perlu dilakukan guna mendapatkan hasil evaluasi yang baik dan signifikan.

“Pembahasan evaluasi nanti akan mulai dari tahapan awal teknis penyelenggaraan pemilu, mulai dari tahapan pembentukan dapil dan penentuan alokasi kursi, pencalonan, pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi suara, sampai pada penetapan calon terpilih dan jumlah kursi partai politik,” terangnya.

Sedangkan Ketua KPU Jawa Timur (Choirul Anam) mengungkapkan jika KPU tingkat provinsi tidak bisa melakukannya sendiri. Namun, katanya, perlu partisipasi dan dukungan dari KPU kabupaten/kota demi efektivitas, yang selanjutnya akan dibawa ke tingkat KPU RI.

“(Kegiatan evaluasi) tidak mungkin dilakukan sendiri oleh KPU Jatim, sehingga kami mengundang kawan-kawan kabupaten/kota. Silahkan nanti menyampaikan ke KPU provinsi hasil evaluasi di kabupaten/kota masing-masing. Hasil kegiatan hari ini sampai dengan besok selanjutnya akan dibawa ke tingkat nasional,” jelasnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

50 − = 44