14 Des

KPU DAN DISPENDUKCAPIL KOTA BATU LAKUKAN KOORDINASI TERKAIT PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH

Batu – kpu-kotabatu.go.id (13 Desember 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu terus berupaya melakukan pemutakhiran data pemilih. Upaya ini bertujuan agar database pemilih selalu update dan valid, sesuai kondisi objektif jumlah penduduk. Demi mendukung hal ini, divisi Perencanaan dan Data KPU sebagai penanggung jawab urusan tersebut melakukan koordinasi dengan Kepala Dispendukcapil Kota Batu (Maulidono), Jum’at (13/12/2019) di ruang kerjanya.

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data (Heru Joko Purwanto) menerangkan bahwa agenda pada Jum’at siang tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan pertama yang mana membahas hal serupa. Ia menerangkan perlunya ada pembaruan data pemilih secara berkala karena perubahan yang terjadi bersifat dinamis.

“Pada pertemuan waktu itu kebetulan Pak Maulidono tidak ada. Alhamdulillah, siang ini bisa berada di tengah kita semua. Kami berharap memperoleh banyak informasi tentang update data penduduk di Kota Batu. Tentu, agenda ini sangat penting karena perubahan data penduduk sangat dinamis,” terangnya.

Maulidono merespons maksud kunjungan tersebut dengan antusias. Ia mengatakan bahwa Dispendukcapil sebagai representasi Pemerintah Kota Batu dalam urusan kependudukan telah berupaya secara serius dan berkelanjutan dalam melakukan pendataan penduduk. Menurutnya, tantangan utama yang ia hadapi ialah kesadaran tiap penduduk dalam melaporkan kedatangan maupun kepergian.

“Kita selalu berupaya meng-update data penduduk. Selain agar datanya valid juga untuk mendukung terciptanya single data. Tentu banyak tantangan. Yang sering terjadi ialah kurangnya kesadaran masyarakat untuk melapor, misal ketika pindah ke luar kota atau berdomisili di Kota Batu. Hal ini menghambat upaya yang kita lakukan,” jelasnya.

Selain masalah tersebut, tantangan yang dihadapi, baik oleh KPU dan Dispendukcapil ialah sinkronisasi data pemilih yang dikeluarkan oleh pusat dengan data penduduk yang dimiliki oleh masing-masing KPU dan Dispendukcapil di daerah. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 2