04 Apr

KPU DAN BAWASLU KOTA BATU DUDUK BERSAMA BAHAS KESIAPAN TEKNIS TUNGSURA

Batu, kpu-kotabatu.go.id (4 April 2019) – Pelaksanaan Pemilu 2019 hanya tinggal menghitung hari. Hal tersebut mengharuskan semua elemen pelaksana lebih bekerja keras agar jalannya pemungutan dan penghitungan suara dapat berjalan dengan baik. Atas dasar itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu mengadakan pertemuan dengan tema “Rapat Kerja Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019” di Spencer Green Hotel, Rabu (03/04/2019).

Komisioner KPU Divisi Teknis (Erfanudin) yang hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut mengatakan bahwa urgensi adanya pertemuan tersebut ialah untuk melakukan sinkronisasi kesiapan teknis antara Bawaslu dan KPU selaku pengawas dan penanggung jawab pemungutan suara di TPS. “Ada beberapa perbedaan antara buku saku PTPS dengan buku panduan KPPS berbeda. Nah, ini yang coba kita sampaikan pada rapat, kemudian kita carikan jalan ke luar bersama,” terangnya.

Salah satu poin penting yang menjadi bahasan, misalnya tentang perbedaan isi di dalam buku panduan berkaitan dengan e-KTP sebagai identitas utama yang harus dibawa oleh pemilih dengan status DPK. “Misalkan, di buku panduan KPPS itu terkait dengan penggunaan DPK (yang) sudah sangat jelas diatur dalam P-KPU, hanya dapat menggunakan sesuai dengan domisili setempat dan itupun menggunakan e-KTP, tidak dengan identitas lain. Tapi di buku saku PTPS itu (boleh) pakai identitas lain. Nah, ini yang kemudian kita sinkronkan dengan regulasi yang kita miliki,” jelas Erfanudin.

Selain itu di dalam agenda rapat kerja teknis antara Bawaslu dan KPU Kota Batu tersebut juga dilakukan sharing terkait dengan beberapa hal teknis yang sekiranya menyulitikan kerja KPPS ketika pemungutan suara, misalnya tentang perbedaan banyaknya surat suara yang diterima oleh pemilih dengan status DPT, DPTb, dan DPK. Harapannya ialah agar KPPS bisa lebih cermat dan teliti dalam pemberian surat suara kepada tiap pemilih, sekaligus menghindari terjadinya kekeliruan yang dapat berdampak pada kualitas pelaksanaan Pemilu 2019 ini. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 1