14 Jun

KOMISIONER BARU KPU KOTA BATU RESMI DILANTIK

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (14 Juni 2019) – Hari Kamis (13/06/2019) kemarin lima orang komisioner baru KPU Kota Batu resmi dilantik. Prosesi pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua KPU RI (Arief Budiman) di Hotel JW Marriott Surabaya. Acara yang difasilitasi oleh KPU Provinsi Jawa Timur tersebut secara bersama melantik 180 anggota komisioner terpilih dari 36 kota/kabupaten di seluruh Jawa Timur.

Pelantikan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan KPU RI Nomor 1052/PP.06-Kpt/05/KPU/VI/ 2019 tanggal 11 Juni 2019 tentang Penetapan Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Jawa Timur Periode 2019-2024. Dengan adanya pelantikan ini menandakan 180 komisioner KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur siap bekerja keras menyukseskan agenda demokrasi lima tahun ke depan.

Ketua KPU RI (Arief Budiman) dalam sambutannya mengatakan jika terdapat empat prinsip utama yang harus dipegang teguh oleh seluruh komisioner terpilih, yakni transparansi, profesionalisme, integritas dan teamwork. Menurutnya jika keempat prinsip tersebut dijaga dengan kuat maka dapat menciptakan penyelenggaraan pemilu yang berkualitas.

Misalnya, ia mencontohkan bahwa selama ini KPU telah berusaha membangun kinerja yang transparan dengan maksud agar seluruh masyarakat dapat mengakses setiap informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu 2019. “Semua tahapan pemilu bisa diakses, bisa dilihat oleh siapapun, dari manapun, orang Indonesia bisa ngakses, orang luar Indonesia bisa ngakses. (Hal ini) karena KPU menyediakan pemilu yang bisa diakses oleh siapapun. Jadi, saya ingin berpesan (bahwa) prinsip pertama yang harus dipegang sebagai penyelenggara adalah bekerja transparan,” terangnya.

Pada prinsip profesionalisme Arief menekankan pentingnya pemahaman penyelenggara terhadap kepemiluan, sedangkan prinsip integritas menurutnya dengan taat pada kebenaran. Lalu, ketiga prinsip itu harus dipadukan dengan kerja sama tim yang baik. “Di KPU itu kerjanya kolektif kolegial. Setiap keputusan yang diambil KPU harus diputuskan dalam rapat pleno,” tegasnya.

Selain acara pelantikan, di dalamnya juga ada pembekalan materi, baik oleh KPU RI maupun KPU Provinsi Jawa Timur. Dengan adanya pengetahuan yang baik tentang tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara harapannya 180 komisioner terpilih tersebut dapat bekerja dengan baik di masing-masing daerahnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 1