16 Sep

KETUA KPU RI : JAGA TIGA HAL AGAR PEMILU KITA SEMAKIN BERKUALITAS

Manado, kpu-kotabatu.go.id (13 September 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyelenggarakan Kegiatan Konsolidasi Regional (Konreg) Partisipasi Masyarakat Gelombang ke-II di Manado, Sulawesi Utara, Kamis-Jum’at (12-13/09/2019). Konreg ini diikuti oleh perwakilan dari KPU provinsi dan kabupaten/kota dari wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

 

Komisoner Divisi SDM, Parmas, dan Sosdiklih (Marlina) dan Kasubbag Teknis (Ariansyah Mustafa) KPU Kota Batu yang hadir dalam kegiatan tersebut mencatat tiga hal penting yang disampaikan Ketua KPU RI (Arief Budiman) demi peningkatan kualitas penyelenggaraan pemilu. Pertama, kata Arief, bahwa sebagai penyelengara pemilu KPU harus selalu menjaga asas transparansi, karena pemilu yang transparan akan berdampak pada kepercayaan masyarakat.

Kedua, lanjut Arief, pemutakhiran data menjadi hal yang sangat penting bagi penyelenggara dengan tujuan agar data-data yang berhubungan dengan pemilu seperti DPT selalu update. Data yang mutakhir, katanya, akan menjadi referensi utama bagi masyarakat sekaligus bentuk pertanggungjawaban KPU. “Mutakhir bermakna bahwa data-data yang tersedia selalu update,” ungkapnya memberi arahan.

Ketiga, sebut Arief, bahwa salah satu satu kekurangan yang menjadi evaluasi KPU ialah persoalan kecepatan proses penyelesaian perhitungan dan rekapitulasi. Menurutnya, ke depan aspek kecepatan penyelenggaraan harus ditingkatkan agar kepercayaan publik selalu terjaga dengan baik. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 59 = 65