13 Feb

KETUA KPU KOTA BATU PIMPIN PELIPATAN SURAT SUARA DI HARI PERTAMA

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (13 Februari 2019) – Logistik pemilu berupa surat suara sudah diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu dari PT. Temprina Media Grafika Malang beberapa hari lalu. Setelah dilakukan pengecekan, maka tahap selanjutnya ialah melakukan pelipatan surat suara. Bertempat di aula lantai 2 KPU Kota Batu, para staf dibantu oleh masyarakat sekitar mulai mengerjakan pelipatan surat suara untuk DPRD Provinsi Jawa Timur, Selasa (12/02/2019). Pada hari pertama terdapat 20 box yang dibuka dengan masing-masing berisi 500 surat suara.

Ketua KPU Kota Batu (Saifudin Zuhri) didampingi oleh Kasubbag Keuangan, Umum, dan Logistik (Fitrya Faradevi) hadir untuk memberikan arahan terkait dengan tata cara melipat surat suara secara benar. Berdiri di depan sekitar 20 orang masyarakat yang akan membantu pelipatan surat suara, Saifudin memberikan contoh langsung bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan. Ia memulai dengan membuka satu surat suara secara lebar, lalu mengajak masyarakat untuk mengikuti melipat surat suara sesuai dengan tata cara yang telah diberikan oleh KPU pusat. “Sesuai dengan arahan yang diberikan oleh KPU tentangĀ  teknik melipat surat suara Pemilihan Umum 2019, maka ada 5 langkah melipat yang harus kita lakukan sehingga hasil lipatan bisa baik dan benar,” jelasnya.

Adapun 5 langkah melipat surat suara tersebut ialah (1) lipatan kesatu, lipat kertas 1/2 bagian ke atas; (2) lipatan kedua, lipat kertas 1/2 bagian ke kiri; (3) lipatan ketiga, lipat kertas 1/3 bagian ke atas; (4) lipatan keempat, lipat 1/2 bagian ke atas; dan (5) lipatan kelima, lipat kertas 1/2 bagian kiri. Jika semua langkah tersebut sudah dilakukan, maka surat suara akan tampak depan dan belakang dengan benar. Lalu, Saifudin menegaskan lagi kepada petugas pelipat suara, “Apakah sudah cukup? Atau perlu diulangi lagi?” tanya Saifudin. “Sudah cukup, Pak,” jawab semua orang serentak.

Dalam kegiatan yang dimulai sejak pagi hingga sore tersebut disusun rekapitulasi hasil pelipatan dan sortir surat suara untuk DPRD Provinsi Jawa Timur, yakni jumlah kotak yang dibuka sebanyak 20 box dengan isi per kotak 500 surat suara, 10.000 surat suara telah dihitung dengan rincian 9.720 surat suara terlipat, dan sisanya sebanyak 280 cacat/rusak. Selanjutnya, pelipatan surat suara akan terus dilakukan tiap hari hingga semua surat suara tuntas dilipat. (ats)

 

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 2