17 Mar

KETUA KPU KOTA BATU : BANYAK TEKANAN, PPK DAN PPS HARUS TETAP TEGUH PADA ATURAN

Batu, kpu-kotabatu.go.id (16 Maret 2019) – Menyongsong pelaksanaan Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menyelenggarakan rapat koordinasi bagi penyelenggara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Batu dengan tema “Rapat Koordinasi Kesiapan Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pelaksanaan Pemilu 2019” di Aster Hotel, Sabtu (16/03/2019). Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini ialah memberi wawasan lebih mendalam kepada anggota PPK dan PPS agar benar-benar siap dalam melaksanakan Pemilu 2019. Selain itu kegiatan ini juga sebagai wadah untuk sharing permasalahan yang dialami oleh penyelenggara selama proses melaksanakan tahapan Pemilu 2019.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut ialah Ketua KPU Kota Batu (Saifudin Zuhri), Komisioner Divisi Teknis (Erfanudin), Komisioner Divisi SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto), Sekretaris KPU (Thomas Maydo), Kasubbag Teknis (Ariansyah Mustafa), Kasubbag Hukum (Badrut Tamam), serta staf dan tenaga operator KPU. Kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Jingle Pemilu 2019, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa yang dipimpin oleh Badrut Tamam. Ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh Saifudin ketika memberikan sambutan di awal kegiatan, antara lain tentang komitmen anggota PPK dan PPS dalam menghadapi tekanan pihak luar, permasalahan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan tantangan yang dihadapi oleh angota Relawan Demokrasi (Relasi) Kota Batu.

Misalnya, satu hal penting yang diulas oleh Saifudin ialah tentang sikap yang harus ditunjukkan oleh penyelenggara dalam menghadapi berbagai tekanan dan kritik dari pihak luar. Ia memberikan nasehat agar para anggota PPK dan PPS tetap kuat dan patuh kepada aturan yang ada. Tujuannya ialah agar pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 tetap on the track. “Di tengah padatnya tahapan Pemilu 2019 yang kita lakukan ada berbagai macam tekanan, ada berbagai macam situasi yang terjadi di lapangan. Nah, dalam merespon ini kami menjawab dengan sangat diplomatis. Kami berharap teman-teman berpegang teguh pada aturan,” terangnya.

Berkaitan dengan penyelenggaraan rapat koordinasi ini Saifudin berharap terwujud kesuksesan dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Harapan positif tersebut berkaca pada penyelenggaran Pilkada dan Pilgub 2018 yang juga meraih kesuksesan. “Kita mengadakan bimtek di Aster Hotel ini juga sebagai napak tilas karena ketika bimtek Pilkada dan Pilgub tahun kemarin juga diadakan di sini. Oleh karena itu semoga bimtek kita saat ini juga bisa membawa kesuksesan dalam pelaksanaan Pemilu 2019,” jelasnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 5 =