26 Apr

HASILKAN PEMIMPIN MELALUI PEMILU DAN PEMILIHAN

Jakarta, kpu-kotabatu.go.id (26 April 2021) – Poin keempat dari hukum tata negara adalah pengisian jabatan kenegaraan. Dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku lembaga yang tetap dan mandiri menjalankan kewajibannya dengan menyelenggarakan pemilihan umum yang tujuannya menghasilkan pemimpin melalui proses langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (luber jurdil).

Hal tersebut disampaikan Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari saat menjadi narasumber diskusi daring bersama Fakultas Hukum Universitas Pamulang (Unpam), Senin (26/4/2021).

Hasyim pada kesempatan ini juga menjelaskan kepada para peserta diskusi terkait manfaat dari pemilu dan pemilihan kepala daerah. Menurut dia manfaat pertama bagi masyarakat adalah mendapatkan pemimpin yang kemudian membentuk pemerintahan, yang tujuannya menjalankan visi misi untuk menyejahterakan masyarakat. “Ini komitmen para pemimpinnya,” kata Hasyim.

Hasyim juga menjelaskan terkait aturan mantan terpidana tidak diperkenankan mengikuti kegiatan politik pemilu dan pemilihan kepala daerah berdasarkan pertimbagan yuridis, filosofis serta sosiologis.

Selain Hasyim, hadir sebagai pembicara pada diskusi ini Guru Besar Fakultas Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia (UII) Ni’matul Huda serta Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini. (humas kpu ri dianR/foto: ieam/ed diR)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 76 = 86