10 Sep

HAORNAS Ke-36 : JADIKAN OLAHRAGA SEBAGAI KEBUTUHAN SEKALIGUS GAYA HIDUP

 

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (9 September 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menggelar upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Tahun 2019 di halaman kantor KPU Jl. Raya Tlekung No. 212 Junrejo, Senin (9/09/2019). Kegiatan upacara diikuti oleh komisioner, sekretaris, kasubbag, dan staf serta seluruh pegawai di lingkungan sekretariat KPU Kota Batu. Adapun pada peringatan HAORNAS ke-36 ini tema yang diangkat oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI ialah “Ayo Olahraga, Di Mana Saja, Kapan Saja”.

Ada beberapa pesan penting yang disampaikan oleh Kemenpora melalui edarannya. Pertama, melalui tema yang diusung Kemenpora ingin mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga karena untuk melakukannya relatif mudah dan murah.

“Tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia, ” tutur Komisioner Divisi Perencanaan dan Data (Heru Joko Purwanto).

Kedua, lanjut Heru, olahraga telah menjadi salah satu tulang punggung bagi bangsa Indonesia untuk meraih prestasi di tingkat Internasional. Hal itu terbukti, katanya, dengan berprestasinya para atlit di berbagai kejuaraan bergengsi, antara lain ASEAN Schools Games (ASG) 2019, Asian Games dan Asian Paragames tahun 2018 yang lalu. Bahkan, sebutnya, di Asian Games Indonesia bisa ada di peringkat ke-4, bersaing dengan China, Jepang, dan Korea Selatan.

“Itu pertanda bahwa kita telah menata fondasi olahraga prestasi yang cukup kuat, dimulai dari usia dini, atlit unggulan, dan atlit disabilitas. Dengan demikian, kita telah memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang,” tuturnya.

Ketiga, lanjut Heru, bahwa sejatinya pemerintah selalu berupaya mengajak masyarakat Indonesia agar gemar berolahraga dan menjaga pola hidup sehat, salah satunya melalui Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Peraturan Menpora Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga. Untuk itu, katanya, masyarakat harus pro-aktif mendukung langkah tersebut dengan menjadikan olahraga tidak hanya sebagai kebutuhan melainkan juga sebagai gaya hidup.

“Olahraga harus menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia rendah. Maka dengan Gerakan Ayo Olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut. Dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus, terutama adik-adik pelajar kita, maka memudahkan lahirnya bibit-bibit berpotensi menuju pentas nasional dan dunia,” tandasnya.

Setelah kegiatan upacara selesai, agenda dilanjutkan dengan senam bersama yang diikuti oleh seluruh elemen KPU serta Bawaslu dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Junrejo. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 77 = 87