11 Des

HADAPI PILKADA 2020, BAWASLU GANDENG KPU PETAKAN KERAWANAN PEMILU

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (9 Desember 2019) – Tahapan Pilkada 2020 telah berjalan. Menghadapi agenda tersebut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai menyusun langkah-langkah strategis, salah satunya ialah memetakan kerawanan pemilu di 19 kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada. Hal ini disampaikan Komisioner Bawaslu Jatim (Aang Kunaifi) dalam Rapat Evaluasi Gugus Tugas Pengawasan dan Pemantauan Pemberitaan, Penyiaran, dan Iklan Kampanye Pemilu 2019, Minggu-Selasa (8-10/12/2019) di Hotel Majapahit, Surabaya.

Aang menerangkan sejak satu bulan terakhir lembaganya telah menyusun Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) guna kepentingan Pilkada 2020. Secara teknis, lanjutnya, IKP yang disusun merujuk data-data temuan di lapangan sekaligus mengelaborasinya dengan dokumen yang dimiliki oleh KPU.

“Sejak 24 November sudah disusun Indeks Kerawanan Pemilu. Kami benar-benar memetakan berdasarkan data lapangan, yang didukung oleh dokumen dengan melibatkan KPU, media, dan kepolisian,” ujarnya.

Menurut Aang penyusunan IKP ini sebagai langkah antisipatif yang dilakukan Bawaslu untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran pada Pilkada 2020. Ia juga berharap agar media terlibat aktif dalam mendukung IKP yang telah disusun Bawaslu. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

86 − = 78