15 Nov

GELAR SEMINAR EVALUASI PEMILU 2019, BAWASLU JATIM UNDANG 19 KPU DAERAH

Malang, kpu-kotabatu.go.id (13 November 2019) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Seminar Nasional “Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 tahun 2019” di Hotel The 101, Kota Malang, Selasa (12/11/2019). Selain dihadiri oleh Bawaslu di tingkat kabupaten/kota sebagai penyelenggara di bawah kewenangannya, Bawaslu Jatim juga mengundang 19 KPU daerah di Jawa Timur yang selama ini menjadi partner dalam menyukseskan perhelatan Pemilu 2019.

Komisioner Bawaslu Jatim (Purnomo Satriyo Pringgodigdo) dalam paparannya menyebutkan bahwa lembaganya mencatat beberapa evaluasi untuk Pemilu 2019. Evaluasi tersebut, lanjutnya, ditemukan sejak proses verifikasi partai politik hingga proses pemungutan dan penghitungan suara.

“Kami punya beberapa catatan dari proses verifikasi parpol sebagai peserta pemilu, sampai dengan proses perhitungan dan pemungutan suara yang memakan korban pahlawan demokrasi,” terangnya.

Evaluasi pertama, kata Purnomo, ialah berkaitan dengan pendaftaran partai politik. Poin utamanya ialah terkait dengan posisi Sipol (Sistem Informasi Partai Politik) apakah sebagai syarat wajib atau hanya sebagai pelengkap saja. “Kemarin penggunaan Sipol yang dianggap wajib. Kemudian kami putuskan itu menjadi sayarat pelengkap saja,” tegasnya.

Kemudian Purnomo melanjutkan, selama Pemilu 2019 Bawaslu Jatim menemukan 3000 pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu di seluruh wilayah Jawa Timur. Hal itu, sebutnya, menandakan Jawa Timur menjadi salah satu daerah rawan pelanggaran pemilu. Namun, ia menyayangkan karena masyarakat tidak begitu responsif dalam melaporkan kejadian pelanggaraan yang terjadi di lapangan.

Adapun 19 KPU kabupaten/kota yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain: KPU Kota Batu, Malang, Kediri, Blitar, Madiun, dan Mojokerto, serta KPU Kabupaten Malang, Blitar, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Jombang, Nganjuk, Magetan, Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, dan Mojokerto. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

49 − 48 =