04 Apr

GELAR RAPAT PLENO DPTHP KETIGA, JUMLAH DPT DI KOTA BATU BERTAMBAH 6 ORANG

Bumiaji, kpu-kotabatu.go.id (3 April 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menyelenggarakan Rapat Pleno Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Ketiga pada Selasa (2/04/2019) sore di Hotel Purnama. Selain Komsioner dan Sekretariat KPU Kota Batu, pertemuan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Bawaslu dan Dispenduk capil Kota Batu serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Partai Politik se-Kota Batu.

Ketua KPU Kota Batu (Saifudin Zuhri) menerangkan jika adanya rapat pleno ini menindaklanjuti Surat Edaran KPU RI dan rekomendasi Bawaslu Kota Batu terkait pentingnya penyempurnaan DPT dengan maksud agar bisa mengakomodir masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Tentu, adanya perubahan DPT akan berdampak pada ketersediaan cadangan 2 persen surat suara. “(Adanya) pleno yang ketiga ini mau tidak mau akan berpengaruh terhadap surat suara 2 persen yang kami persiapkan,” terangnya.

Sedangkan perwakilan Bawaslu Kota Batu (Yogi Eka Chalid) yang hadir mengatakan jika pihaknya berterima kasih kepada KPU yang telah mengadakan rapat pleno dalam rangka perbaikan data pemilih di Kota Batu. Ia menegaskan adanya Rapat Pleno DPTHP Ketiga ini merupakan bentuk respon positif yang ditunjukkan oleh KPU Kota Batu menanggapi rekomendasi yang diberikan Bawaslu terkait perubahan status 6 orang warga Kota Batu dari DPK menjadi DPT. “Bawaslu telah mengirim rekomendasi berkaitan dengan perubahan status 6 orang. Ini merupakan hasil pengawasan terhadap data potensial DPK sejumlah 6 orang untuk ditetapkan sebagai DPT,” tegasnya.

Setelah KPU Kota Batu selesai membacakan hasil rekapitulasi Perbaikan Data DPT dan peserta rapat memberikan tanggapan, maka ditetapkan hasil rapat pleno DPTHP ketiga yakni bahwa jumlah DPT di Kota Batu sebanyak 154.832 orang atau betambah 6 orang dari data sebelumnya, dengan rincian pemilih laki-laki bertambah 4 orang dan pemilih perempuan berjumlah 2 orang. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

86 + = 90