18 Nov

GELAR RAKOR ASN, UPAYA KPU BANGUN KESELARASAN KERJA

Malang, kpu-kotabatu.go.id (16 November 2019) – Sebagai abdi negara, Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut untuk selalu menunjukkan kinerja yang profesional dan hasil yang berkualitas. Guna mendukung maksud tersebut, maka harus ada kegiatan yang berguna untuk pengembangan dan peningkatan kapasitas diri dan lembaga. Hal tersebut tercermin dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan ASN Gelombang ke-III KPU provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Timur, Sabtu (16/11/2019) di Hotel Harris, Kota Malang.

Ketua KPU Jatim (Choirul Anam) menerangkan bahwa salah satu tujuan diadakannya rakor ASN tersebut ialah untuk menyelaraskan pemahaman tentang pentingnya penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU. Ia mengungkapkan salah satu indikator kerja sesuai SOP adalah seluruh kegiatan lembaga diputuskan melalui mekanisme rapat pleno. Dalam hal ini, rapat pleno biasanya dilakukan tiap hari Senin sebagai permulaan kerja dan diikuti oleh komisioner dan jajaran pimpinan sekretariat KPU.

Anam melanjutkan, budaya kerja sesuai SOP tersebut berdampak positif terhadap KPU. Contohnya, kata Anam, KPU Provinsi Jawa Timur menempati peringkat pertama penyerapan anggaran di tahun 2019.

“Hal ini (prestasi KPU Jatim) dikarenakan telah berjalannya SOP yang dimulai sejak administrasi pelaporan keuangan, Kerangka Acuan Kerja (KAK), Term of Reference (ToR), dan Rencana Anggaran Belanja (RAB),” terang Anam.

Pada kesempatan tersebut Ketua KPU RI (Arief Budiman) juga menyampaikan pesan penting kepada seluruh ASN yang hadir untuk selalu menjaga kekompakan, meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri, sekaligus berupaya menciptakan inovasi-inovasi dalam kinerja dan kepemiluan.

Selain Arief Budiman dan Choirul Anam, kegiatan rakor pembinaan ASN tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal KPU RI (Arief Rahman Hakim) dan Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur (Muhammad Eberta Kawima). Keduanya merupakan pejabat yang bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan tugas, profesionalitas, dan kedisplinan seluruh ASN yang berada di bawah kewenangannya. (ats/pdp)

 

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

30 + = 39