21 Okt

GANDENG MITRA KARIB KORAMIL, KPU KOTA BATU SOSIALISASIKAN BAHAYA HOAKS

Batu, kpu-kotabatu.go.id (21 Oktober 2019) – “Saring sebelum Sharing”. Itulah kata yang tepat dan harus disosialisasikan secara luas kepada masyarakat, terutama pengguna aktif media sosial. Pentingnya mem-filter (saring) sebelum membagi (sharing) informasi atau berita ialah sikap untuk mencegah tersebarnya hoaks (berita bohong) maupun hate speech (ujaran kebencian) di tengah masyarkat.

Guna mendukung tujuan tersebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melalui kegiatan Fasilitasi Pendidikan Pemilih melakukan sosialisasi tentang perlunya kebijaksanaan dalam pengunaan media sosial kepada 50-an anggota Mitra Karib Koramil 0818 Kota Batu. Komisioner Divisi SDM, Parmas dan Sosdiklih (Marlina) mengawali sosialisasi dengan memaparkan beberapa contoh kasus penyebaran, baik hoaks maupun hate speech yang berakibat fatal bagi pelakunya.

Komisioner KPU Batu Divisi SDM & Parmas – Marlina

Terkait dengan pemilu Marlina menyebutkan bahwa dalam penyelenggaran Pemilu 2019 intensitas persebaran hoaks sangat masif, bahkan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Ia juga memberi keterangan jika pola persebaran hoaks pada pemilu serentak tahun ini ialah by design dan diproduksi oleh pihak yang ingin memecah belah masyarkat.

“Kalau kita lihat persebaran hoaks tahun 2019 ini berbeda dengan tahun 2014 lalu. Tahun 2014 hoaks berjalan satu arah dan ditujukan untuk pihak tertentu. Nah, untuk Pemilu 2019 persebaran hoaks terjadi dua arah dan bersifat saling menyerang (satu kelompok dengan kelompok yang lain). Dan hoaks ini ternyata ada yang sengaja memproduksi,” terangnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, KPU Kota Batu mengajak seluruh elemen masyarakat dan khususnya para anggota Mitra Karib Koramil untuk menahan diri dalam menyebarkan berita atau informasi yang belum jelas sumber kebenarannya ataupun berkomentar dengan nada provokatif, fitnah, dan pencemaran nama baik orang maupun lembaga. Sikap berhati-hati ini, kata Marlina, sebagai bentuk kesadaran diri terhadap pengaruh negatif penggunaan media sosial yang resisten dengan hoaks.

Terakhir, Marlina menyebutkan melalui kegiatan Pendidikan Pemilih KPU Kota Batu berharap tumbuhnya kesadaran masyarakat tentang pemilu dan demokrasi sehingga berdampak positif terhadap kualitas pemilihan di waktu yang akan datang. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 6 = 12