17 Okt

EVALUASI PENGELOLAAN LOGISTIK SEBAGAI WUJUD TANGGUNG JAWAB KPU TERHADAP BARANG MILIK NEGARA

Tuban, kpu-kotabatu.go.id (17 Oktober 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Kerja Evaluasi Pengelolaan dan Koordinasi Penghapusan Logistik Pemilu 2019, Selasa-Rabu (15-16/10/2019) di Kantor KPU Kabupaten Tuban. Kegiatan yang diikuti oleh Ketua dan Kasubbag Umum & Logistik KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur ini membahasa tentang proses pengelolaan logistik Pemilu 2019, khususnya kotak dan bilik suara sekaligus mengoordinasikan rencana penghapusan kedua logistik tersebut.

Ketua KPU Jatim (Choirul Anam) dalam sambutannya menjelaskan bahwa logistik yang digunakan KPU dalam proses Pemilu 2019 yang lalu sejatinya adalah barang milik negara dan sifatnya sekali pakai. Oleh karena itu, sebutnya, perlu segera direncanakan langkah pengelolaannya secara bersama.

“Karena prinsip awal penggunaan kotak dan bilik hanya sekali pakai. Apakah kemudian dilakukan proses penghapusan atau pemanfaatan kembali untuk yang Pilkada Serentak 2020? (Maka hal ini) akan kita bahas bersama. Untuk yang tidak pilkada 2020 bagaimana? Tentu akan ada perlakuan-perlakuan tersendiri ini,” tuturnya.

Anam melanjutkan perlunya penyelesaian dengan segera urusan logistik Pemilu 2019 dikarenakan tahun depan mayoritas KPU di daerah akan disibukkan dengan persiapan Pilkada 2020. Menurutnya, pengelolaan logistik yang baik juga menjadi wujud profesionalisme KPU kaitannya dengan tanggung jawab pengelolaan barang milik negara.

“Untuk penghapusan logistik di 19 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2020, di tahun 2019 ini harus segera diselesaikan. Karena tahun depan sudah mulai sibuk dengan tahapannya masing-masing dan (mungkin) tidak sempat memikirkan terkait pengelolaan logistik Pemilu 2019. Proses pengeloaan logistik ini menjadi salah satu wujud profesionalisme KPU dalam menyelenggarakan pemilu sehingga harus benar-benar tepat pengelolaan dan penghapusannya,” tegasnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 1