04 Okt

E-REKAP KPU : PERLU KEJELASAN PAYUNG HUKUM DAN PERENCANAAN INFRASTRUKTUR

Batu, kpu-kotabatu.go.id (3 Oktober 2019) – Rencana Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerapkan e-rekap pada Pilkada 2020 semakin serius. Hal tersebut terlihat dari pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan KPU RI dengan Commisioner of Commission Election (COMLEC) dan beberapa intitusi sejenis dari luar negeri, Rabu (2/10/2019) di Jakarta. Kehadiran mereka dimaksudkan memberi wawasan dan pengalaman penerapan e-rekap di berbagai negara dunia.

Salah satu pemateri, Peter Wolf, misalnya menceritakan pengalamannya melihat pelaksanaan pemilu di berbagai negara, mulai dari Pakistan dan Kenya yang sudah menggunakan handphone dalam tahapan pendaftaran pemilih sampai penghitungan suara. Selain Peter, Luie Tito F. Guia menceritakan kesuksesan pelaksanaan pemilu berbasis elektronik di Filipina. Kurang lebih 15 tahun sejak 1992, Filipina mulai menyiapkan berbagai perangkat mulai dari sistem informasi, SDM, dan regulasi.

Sementara itu, Komisioner KPU RI (Evi Novida Manik) seusai acara FGD menerangkan jika sebenarnya KPU sudah memiliki model e-rekap yang akan diterapkan. Namun, menurutnya KPU perlu menunggu PKPU agar memiliki payung hukum yang kuat dan jelas.

“Ya, kami sudah punya modelnya, sudah pasti. Tapi yang mana nanti yang akan diterapkan, kemudian bagaiamana caranya, itu masih disiapkan nanti di PKPU,” tuturnya. PKPU yang akan dijadikan KPU sebagai payung hukum, sebutnya, bisa merujuk pada UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

Ia melanjutkan beberapa hal teknis yang perlu disiapkan antara lain infrastruktur, jaringan, dan kesiapan masing-masing daerah yang akan melaksanakan Pilkada 2020. “Ini bisa kemungkinan ada daerah yang melaksanakan dengan menggunakan e-rekap, ada juga yang belum bisa atau menggunakan e-rekap tapi tidak langsung dari TPS, jadi tetap dibantu dengan sistem offline-nya. Ini yang akan coba dikembangkan dan dipersiapkan,” tandasnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − = 11