22 Des

E-LAPKIN ADALAH RAPOR LEMBAGA, HARUS BERNILAI BAIK

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (21 Desember 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) e-LAPKIN dengan mengundang Sekretaris, Kasubbag Program dan Data, dan Operator e- LAPKIN KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur, Sabtu (21/12/2019). Komisioner KPU Jatim (Miftahur Rozaq) mengatkan tujuan diadakannya bimtek ini ialah sebagai upaya meningkatkan akuntabilitas kinerja 38 satker KPU di daerah.

Rozaq menambahkan jika adanya bimtek merupakan kebutuhan bagi KPU, mengingat pentingnya peningkatan kinerja lembaga tiap tahunnya. Ia berharap selepas bimtek seluruh satker KPU yang berada di bawah supervisinya dapat memiliki pemahaman yang sama terkait mekanisme pengisian e- LAPKIN.

“Bimtek e- LAPKIN ini sangat penting untuk diselenggarakan dengan maksud penyamaan persepsi dalam mengisi e- LAPKIN KPU dan sekretariat KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur. Sedangakan tata cara pengisian aplikasi e-Lapkin akan dibimbing langsung oleh Biro Perencanaan KPU RI bagian e-Monev,” terangnya.

Selaras dengan Rozaq, Sekretaris KPU Jatim (Muhammad Eberta Kawima) menegaskan bahwa SAKIP (salah satu bagian pelaporan e-LAPKIN) sejatinya bukan bersifat rutinitas laporan, melainkan juga gambaran prestasi sebuah satker. Oleh karena itu, lanjutnya, tiap satker KPU harus memperhatikan kualitasnya. “e-LAPKIN bisa diibaratkan sebuah rapor bagi kementerian atau lembaga,” tegasnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

46 − 38 =