14 Nov

DUA URGENSI PENGELOLAAN DOKUMEN CALON TERPILIH BAGI KPU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (13 November 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menyelenggarakan kegiatan bertajuk Rapat Evaluasi Pengelolaan Dokumen Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Batu pada Pemilu Tahun 2019, Selasa (12/11/2019) di The Onsen Resort. Dalam acara yang dihadiri oleh komisioner KPU beserta jajaran sekretariat serta perwakilan Bawaslu Kota Batu tersebut, setidaknya ada dua pesan penting yang harus diperhatikan oleh penyelenggara pemilu dalam hal pengelolaan dokumen pemilihan.

Pertama, Ketua KPU Kota Batu (Mardiono) menjelaskan bahwa dokumen yang berkaitan dengan setiap momen pemilihan, baik Pilkada, Pilgub, Pileg, maupun Pilpres sangat penting dikelola secara baik oleh penyelenggara. Hal itu, lanjutnya, tidak hanya berkaitan dengan kepentingan pengarsipan semata namun juga berguna sebagai database utama informasi pemilu. Di sisi lain, sebutnya, dokumen yang ada juga sebagai bukti hukum yang kuat bagi penyelenggara jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Kedua, Mardiono menuturkan salah satu contoh konkrit kebutuhan akan dokumen tersebut ialah proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD yang sedang dilakukan oleh KPU Kota Batu. Ia mengatakan jika kesuksesan PAW tersebut sangat erat kaitannya dengan ketersediaan dokumen calon terpilih anggota dewan sekaligus dokumen calon penggantinya.

“Rapat pengelola dokumen calon terpilih ini sangat penting. Misalnya untuk apa? Seperti proses PAW yang sekarang sedang kita kerjakan. Nah, ini butuh berkas2 pencalonan (secara lengkap). KPU punya andil dalam kesuksesan proses PAW tersebut,” terangnya.

Dalam kesempatan selanjutnya Komisioner Divisi Teknis (Erfanudin) memberikan materi tentang sistem pengelolaan dokumen secara online sekaligus menyodorkan beberapa konsep manajerial dokumen. Secara ringkas, berdasarkan pemaparan Erfanudin bahwa pengelolaan dokumen pemilihan harus memanfaatkan teknologi informasi guna mewujudkan data yang akurat dan akuntabel serta mendukung efektivitas kinerja dan efisiensi anggaran. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 1 = 6