17 Sep

DPR RI : PEMILU 2019 JADI BAROMETER KESUKSESAN PILKADA SERENTAK 2020

Manado, kpu-kotabatu.go.id (13 September 2019) – Penyelengaraan Pemilu 2019 menjadi perhatian banyak pihak. Selain dinilai berat dari sisi teknis penyelenggaraan, di baliknya juga menyimpan berita kesuksesan hingga mendapat apresiasi luar biasa dari banyak negara di dunia. Selain partisipasi masyarakat yang tinggi, yakni mencapai angka 81 persen, Pemilu 2019 juga dinilai berjalan dengan baik, aman, dan berintegritas di tengah banyaknya berita hoaks dan delegitimasi terhadap KPU sebagai penyelenggara utama pemilu.

Prestasi yang telah diraih oleh KPU pada Pemilu 2019 tersebut harus menjadi barometer penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020. “Itu menjadi modal penting untuk penyelenggaraan Pemilihan 2020 yang akan diselenggarakan di 270 daerah,” ujar Ketua Komisi II DPR RI (Zainuddin Amali) dalam salah satu sesi dialog kegiatan Konsolidasi Regional (Konreg) Partisipasi Masyarakat di Manado, Kamis (12/09/2019).

Zainuddin juga sepakat dengan harapan yang disampaikan oleh Ketua KPU RI (Arief Budiman) tentang tuntutan agar penyelenggara pemilu bekerja cepat dan transparan. “Era saat ini menuntut semua pekerjaan bisa diketahui masyarakat dan mendapat pengawasan publik,” tuturnya.

Ia juga mengajak jajaran KPU untuk bekerja dengan solid dan bertanggungjawab. Menurutnya tugas seorang penyelenggara pemilu juga dilindungi oleh Undang-undang (UU) sehingga tidak perlu takut dan khawatir. “Pemilu itu menjadi tanggung jawab kita bersama, jangan takut karena penyelenggara pemilu dalam koridornya dilindungi oleh UU,” tegasnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 7 = 2