30 Sep

DIALOG INTERAKTIF BERSAMA ATV, KPU KOTA BATU SHARING HASIL KONSOLNAS

Batu, kpu-kotabatu.go.id (30 September 2019) – Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Batu (Thomy Rusy Diantoro) hadir dalam program Dialog Interaktif yang diselenggarakan oleh ATV, Senin (30/09/2019). Pada acara yang rutin tayang tiap Senin sore tersebut Thomy berbicara banyak hal tentang pelaksanaan Konsolidasi Nasional (Konsolnas) dan Orientasi Tugas (Ortug) yang diikuti oleh KPU Kota Batu beberapa waktu lalu di Jakarta. Secara garis besar poin-poin yang diulas dalam dialog tersebut antara lain evaluasi Pemilu 2019, peningkatan partisipasi masyarakat, dan pengembangan kapasitas penyelenggara.

Pertama, Thomy menyampaikan jika pelaksanaan Pemilu 2019 secara umum telah berjalan dengan baik dan lancar. Indikator yang dapat dijadikan acuan, sebutnya, ialah angka partisipasi masyarakat yang tinggi, sengketa hasil relatif kecil dan dapat terselesaikan dengan baik, serta suasana di tengah masyarakat kondusif dan aman. Poin penting evaluasi, katanya, terletak pada efisiensi pelaksanaan, baik tugas penyelenggara di tingkat bawah (KPPS) dan proses rekapitulasi.

Kedua, ia mengulas tentang tugas besar KPU dalam menjaga sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat, baik dalam Pilkada 2020 maupun momen pemilu selanjutnya. Adanya peningkatan, sebutnya, akan menjadi tolok ukur terjaganya kepercayaan masyarakat terhadap KPU. Namun, di saat bersamaan ada tantangan yang harus dihadapi KPU, yakni produksi berita bohong (hoaks) yang dapat merusak suasana dan kondusifitas pemilu.

Ketiga, Thomy menerangkan jika salah satu hal yang tak boleh luput dari perhatian KPU adalah adanya upaya peningkatan kapasitas penyelenggara secara terus menerus dan berkelanjutan. Upaya itu diperuntukkan bagi semua elemen di internal KPU, baik komisioner, sekretaris, staf, maupun badan ad-hoc di bawah kewenangan KPU. Penyelenggara yang berkualitas, sebutnya, akan seleras dengan raihan prestasi yang didapat KPU dalam pemilu. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

60 + = 66