08 Apr

DATANG KE BINUS UNIVERSITY, KPU KOTA BATU BINCANG PEMILIH MILENIAL

Malang, kpu-kotabatu.go.id (8 April 2019) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu (Saifudin Zuhri) hadir sebagai narasumber dalam acara Diskusi Pemilu 2019 bertema “Generasi Milenial Memilih” yang diselenggarakan oleh Binus University Malang, Sabtu (6/04/2019) pagi. Perwakilan kampus dalam sambutannya menyampaikan jika acara ini penting sebagai cara mendidik generasi milenial agar memiliki pemahaman yang baik tentang penyelenggaraan Pemilu 2019.

Kepada sekitar 80-an mahasiswa yang hadir, Saifudin menjelaskan bahwa pemilu merupakan mekanisme yang harus dilaksanakan oleh bangsa Indonesia yang menganut sistem demokrasi. Ia mengatakan jika dengan pemilu maka mekanisme pemilihan calon pemimpin negara, baik eksekutif maupun legislatif, dapat berjalan dengan baik dan sesuai aturan hukum yang berlaku. “Pemilu ini memang harus kita laksanakan, karena sistem di Indonesia demokrasi. Nah, dengan pemilu calon pemimpin yang kita pilih akan mendapat mandat yang kuat dari rakyat,” terangnya.

Selain memberi penjelasan tentang pemilu dan sistem kepemiluan, Saifudin juga mengajak para mahasiswa untuk mengenal tentang jenis dan warna surat suara, tata cara menyoblos, perbedaan pemilih DPT, DPTb, dan DPK, serta konversi suara menjadi kursi. Dalam sesi ini, banyak pertanyaan kritis yang muncul, suasana diskusi pun lebih hidup.

Sebelum acara diskusi diakhiri Saifudin berpesan kepada para mahasiswa yang notabennya adalah generasi milenial sekaligus penerus bangsa, agar pro-aktif ikut menyebar-luaskan informasi Pemilu 2019 kepada semua kalangan. “Saya berharap kepada teman-teman yang hadir agar bisa menjelaskan kepada keluarga, bapak ibu, serta para teman dan sahabat supaya menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 ini,” tegasnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 37 = 41