30 Agu

CHOIRUL ANAM PESANKAN TIGA HAL PENTING DALAM RAPAT EVALUASI TAHAPAN PEMILU 2019

Malang, kpu-kotabatu.go.id (30 Agustus 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menggelar Rapat Evaluasi Pelaporan Dana Kampanye dan Tahapan Pemilu 2019, Kamis-Jum’at (29-30/08/2019) di Hotel Aria Gajayana Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua KPU, Komisioner Divisi Hukum, dan Kasubbag Hukum KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur. Ada 3 pesan penting yang disampaikan Choirul Anam selaku Ketua KPU Jawa Timur dalam acara tersebut.

Pertama, kata Anam, Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbanyak, yakni 130 ribuan TPS. Dengan jumlah tersebut, lanjutnya, membuat beban kerja dan potensi kerawanan tinggi. Namun, menurutya, semua tahapan pelaksanaan dapat berjalan dengan baik dan aman.

“Jatim dari 130 ribuan lebih TPS hanya terdapat 24 TPS yang PSU (Pemungutan Suara Ulang) maupun Pemungutan Suara Susulan. Hal ini membuktikan bahwa kinerja KPU baik. Rekap berjenjang dan semua permasalahan benar-benar diselesaikan dengan baik,” tuturnya.

Kedua, Anam menuturkan bahwa permasalahan hukum terkait Pemilu 2019 yang terjadi di Jawa Timur relatif kecil. Namun, sebutnya, setiap permasalahan yang ada harus diselesaikan dengan sebaik mungkin demi mewujudkan keadilan dan kondusifitas di tengah kehidupan bermasyarakat.

Ketiga, ia berpesan kepada seluruh sekretariat KPU, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar mendokumentasikan kegiatan Pemilu 2019 dengan baik. Menurutnya hal tersebut akan berguna sebagai bank data kepemiluan di waktu yang akan datang.

“Penting bagi sekretariat KPU di setiap tingkatan untuk mendokumentasikan Pemilu 2019 dalam bentuk buku. Harapannya KPU bisa menjadi bank data (utama) dalam hal kepemiluan di Indonesia,” tandasnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 1