11 Okt

CHOIRUL ANAM : KPU DAERAH HARUS SIAP PENERAPAN E-REKAPITULASI

Batu, kpu-kotabatu.go.id (10 Oktober 2019) – Menjelang momen Pilkada Serentak tahun 2020 KPU Provinsi Jawa Timur berharap KPU di daerah dapat mempersiapkannya dengan baik. Hal yang harus diperhatikan ialah kemungkinan pengaplikasian e-rekapitulasi atau rekapitulasi secara elektronik. Pesan tersebut disampaikan Ketua KPU Jawa Timur (Choirul Anam) dalam Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Rabu-Kamis (9-10/10/2019) di Hotel Purnama, Kota Batu.

Anam menuturkan kemungkinan penggunaan e-rekap dalam Pilkada 2020. Hal ini mengharuskan KPU di tingkat kabupaten/kota harus mempersiapkan diri dengan baik, terutama kesiapan SDM pelaksana. Ia juga menyebutkan secara teknis pelaksanaan rekap elektronik sejatinya lebih mudah.

“Jika e-rekap jadi diterapkan di Pilkada 2020, mungkin ia di bawah tanggung jawab Divisi Datin (Data Informasi). Konsep besarnya, di PPK tidak ada rekap. Data yang digunakan ialah yang tertulis di plano. Salah satu nomor hp petugas KPPS di-register dan didaftarkan ke server. Nah, nanti plano (di TPS) dipotret, lalu dikirim ke server sehingga KPU dan peserta pemilu bisa mengakses (melihatnya),” jelas Anam.

Penerapan e-rekap, lanjutnya, lebih simpel dan tentunya lebih efisien. Selain efisiensi, adanya e-rekap akan membuat pertanggungjawab menjadi semakin akuntabel karena prosesnya disertai bukti foto plano yang berisi data hasil pemilihan. Menurutnya, e-rekap lebih menguntungkan daripada memilih penggunaan e-voting.

“Mengapa kita lebih memilih menggunakan e-rekap dibandingkan e-voting? Kalau e-voting kita perlu investasi alat, seperti komputer yang jelas anggarannya sangat besar. Nah, e-rekap tidak perlu itu, cukup menggunakan HP (android) sudah bisa. Dilihat dari segi biaya lebih ekonomis,” terangnya.
(ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 6