01 Agu

Bimtek Verifikasi Dukungan Bakal Calon Perseorangan Dalam Pilwali Kota Batu Tahun 2017 Sesi Pertama

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Setelah sehari sebelumnya menggelar acara Launching Pilwali Walikota Dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017 dengan sukses, KPU Kota Batu mengadakan bimbingan teknis untuk para anggota PPK dan PPS, kemarin (31/7). Bimtek yang digelar di Hall Sumatera Hotel Jambu Luwuk Kota Batu ini membahas Verifikasi Dukungan Bakal Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017.

Bimtek yang terdiri dari dua sesi ini dihadiri oleh Ketua KPU Jatim, Ketua Bawaslu RI, Ketua KPU Batu beserta komisioner, serta staff sekretariat KPU Kota Batu. Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, S.H., M.H. sebagai pembicara pada sesi pertama, dan Ketua Bawaslu RI Prof Dr. Muhammad pada sesi kedua.

“Mulai hari ini kita dituntut timing kerja sehingga kondisi psikis juga harus mendukung karena target kerja sudah jelas, hari ini yang ikut bimtek ada 3 x 24 anggota PPS dan 5 x 3 PPK. Ini bimtek kedua yang kita lakukan. Bimtek kali ini menjadi sangat penting dan mendesak, karena syarat dukungan harus kita mulai tanggal 6 Agustus 2016,” ujar Ketua KPU Kota Batu, Rochani dalam sambutannya.

Eko Sasmito sebagai narasumber pada bimtek sesi satu mengatakan bahwa ada regulasi baru dalam Undang-Undang No. 10 Tahun 2016, dan disebutkan juga bahwa verifikasi dilakukan dengan metode sensus, “Sebetulnya dari dulu juga gitu, didatangi door to door, ditanyai, apa anda mendukung si A atau si B. Kalo mendukung, dia akan tanda tangan,” jelasnya.

Mengenai seringnya peraturan yang selalu berubah-ubah, menimbulkan banyak pertanyaan diantara anggota PPK dan PPS, diantaranya mengenai alur administratif calon perseorangan, teknis verifikasi, dan verifikasi faktual yang dilakukan di lapangan secara door to door oleh para anggota PPS.

“Percepatan perubahan mengenai peraturan KPU banyak yang harus kita sikapi, percepatan pergerakan dan komunikasi teman-teman juga menjadi penentu keberhasilan Pilwali nanti,” tutup Ashar Chilmi selaku moderator pada sesi pertama ini.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *