08 Apr

BERSAMA PPK BUMIAJI, KPU KOTA BATU DISKUSI SANTAI DENGAN TIM PENGGERAK PKK

Bumiaji, kpu-kotabatu.go.id (8 April 2019) – Demi memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bumiaji mengadakan diskusi santai dengan menggandeng Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kecamatan Bumiaji, Sabtu (6/04/2019) di Aula Kantor Kecamatan Bumiaji. Sekitar 20 orang anggota TP-PKK hadir untuk mendengarkan penjelasan sekaligus sharing tentang Pemilu 2019 dengan Komisioner KPU Divisi Hukum (Mardiono).

Mardiono menerangkan jika Pemilu 2019 ini merupakan pemilu yang berbeda dengan pelaksanaan pemilu-pemilu sebelumnya. Alasannya ialah karena pada pemilu kali ini masyarakat akan memilih 5 pilihan sekaligus. Menurutnya hal tersebut menjadikan KPU dan elemen penyelenggara lainnya harus bekerja keras melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Pemilu 2019 ini berbeda. Kita akan menentukan 5 pilihan sekaligus. Ini tugas yang cukup berat bagi kita semua untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat,” terangnya.

Berkaitan dengan tugas sosialisasi yang merupakan bentuk pendidikan pemilih kepada masyarakat tersebut ia menjelaskan jika KPU tidak bisa melakukannya sendiri, namun membutuhkan bantuan dan dukungan dari elemen masyarakat lain. Tujuannya, agar gerak sosialisasi berjalan efektif. “Saya bersyukur jika yang datang sore ini ternyata adalah ibu-ibu Tim Penggerak PKK. Karena keberadaan ibu-ibu cukup strategis di tengah masyarakat, maka akan sangat efektif untuk meneruskan informasi pemilu yang didapat di sini kepada anggota masyarakat yang lain,” harapnya.

Setelah hampir 30 menit Mardiono menyampaikan materi diskusi, lalu giliran moderator mengambil bagian untuk memandu jalannya diskusi dan sharing. Ada beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta. Misalnya, tentang mekanisme pencalonan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), persyaratan bolehnya pindah pilih, jumlah surat suara yang diterima oleh pemilih DPTb, hingga pendampingan bagi lansia ketika hari pemungutan suara.

Acara diskusi berlangsung menarik. Para peserta juga tampak antusias untuk mengikuti sesi tanya jawab. Sekitar pukul 17.10 Wib diskusi usai, lalu diakhiri dengan foto dan makan bersama. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 4 =