22 Jun

Aplikasi SILON Sebagai Perwujudan Prinsip Keterbukaan Dan Akuntabilitas KPU

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Untuk mewujudkan prinsip keterbukaan dan akuntabilitas, KPU menghadirkan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) dalam pelaksanaan pemilu 2014 lalu dan pilkada serentak.

Sebagai persiapan tahapan pencalonan pada pilkada serentak tahun 2017, KPU RI menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) penggunaan SILON dan Sistem Informasi Tahapan Pilkada (SITaP) di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta dari hari Rabu sampai dengan Jumat (22-24 Juni).

Peserta bimtek ini adalah seluruh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan pilkada serentak tahun 2017. KPU Kota Batu diwakili oleh Komisioner Divisi Hukum, SDM, Pengawasan dan Organisasi Mardiono serta satu staf Sekretariat.

Jumat lalu (17/6), KPU Kota Batu menggelar uji coba aplikasi SILON. Pelaksanaan uji coba aplikasi ini dilakukan secara serentak di masing-masing KPU Provinsi dan KPU kabupaten/Kota yang menyelenggarakan pilkada tahun 2017 sesuai dengan surat edaran KPU RI Nomor 316/KPU/2016.

Silon

Pengguna SILON ada 3 pihak yaitu bakal pasangan calon yang berasal dari partai politik maupun perseorangan, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan pilkada serentak 2017 serta KPU RI sebagai manajemen user KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Bakal pasangan calon peserta pilkada mendaftarkan kepada KPU setempat untuk mendapatkan akun SILON. Perlu diketahui masing-masing bakal calon hanya akan mendapatkan satu akun, yang selanjutnya digunakan untuk menginput data bakal pasangan calon dan data dukungan.

Aplikasi SILON digunakan oleh KPU Kota Batu untuk menverifikasi data bakal pasangan calon, analisa kegandaan internal dan eksternal serta verifikasi faktual.

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *