06 Feb

ADAKAN BIMTEK DI KOTA APEL, INI HARAPAN YANG INGIN DICAPAI KPU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (04 Februari 2019) – Menjelang Pemilu Serentak tahun 2019 yang semakin dekat pelaksanannya, Komisi Pemilihan Umum KPU Republik Indonesia (KPU RI) terus memantapkan persiapan. Salah satu agenda yang dilakukan ialah dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Suara dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Situng Pemilihan Umum Tahun 2019 di Golden Tulip Hotel, Batu, 2-5 Februari 2019.

Kabiro Teknis dan hupmas Setjen KPU RI (Nur Syarifah)

Kegiatan bimbingan teknis (bimtek) ini merupakan agenda terakhir dari seluruh rangkaian bimtek yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam kegiatan bimtek yang terakhir ini 34 KPU Provinsi seluruh Indonesia diundang hadir untuk mengikuti rangkaian agenda yang akan berlangsung selama 4 hari. Adapun pesertanya ialah 1 orang Anggota KPU Provinsi Divisi Penyelenggaraan Pemilu, 1 orang Kepala Bagian dan Sub-bagian Teknis Pemilu Provinsi, dan 1 orang Operator SITUNG Pemilihan Umum Tahun 2019.

Kepala Biro Teknis dan Hupmas Setjen KPU RI, (Nur Syarifah) dalam sambutannya mengatakan jika bimtek yang diselenggarakan di Kota Batu ini bertujuan agar seluruh KPU memiliki pemahaman yang sama terhadap proses pemungutan hingga penetapan calon, termasuk bagaimana penggunaan aplikasi SITUNG. “Tujuan diadakannya bimtek adalah memberikan pemahaman yang sama kepada seluruh elemen KPU sebagai penyelenggara utama pemilu tentang tiap proses dalam pemilihan, mulai pemungutan, penghitungan, rekapitulasi, hingga penetapan, sembari kita menunggu PKPU disahkan. Juga kita akan simulasi penggunaan SITUNG,” jelasnya.

Selain terbangunnya pemahaman yang baik berkaitan dengan hal teknis pemilu, ia juga berharap bahwa bimtek ini tidak hanya menjadi acara formal tanpa membuahkan hasil ataupun solusi, namun momen ini bisa dijadikan wadah yang efektif untuk sharing pemecahan masalah. “Kita juga berharap acara bimtek ini bisa sebagai tempat untuk memecahkan setiap kendala yang dihadapi. Bahasa yang lugas, tegas, dan jelas sangat penting, agar semua bisa memahami,” tandasnya meyakinkan.

Dipilihnya Kota Batu sebagai tempat kegiatan bimtek ialah pilihan tepat, menurut Syarifah. Suasana yang sejuk dan tenang diharapkan bisa mendukung kerja keras KPU menyiapkan dan menyukseskan pemilu. (ats)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + = 5