19 Agu

Wima: Bukan Hanya Sebagai Penyelenggara Sukses Tapi Juga Selamat

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Prov. Jatim), HM. Eberta Kawima menjadi salah satu pembicara dalam sesi pertama bimtek pengelolaan keuangan dan laporan kegiatan yang dilaksanakan di hall Roemah YWI Kota Batu. Dalam pemaparannya Beliau lebih banyak mengulas seputar Keputusan KPU Nomor 88 Tahun 2016 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pengelolaan, Penyaluran dan Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran Dana HIbah Untuk Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Wima mengatakan bahwa Pilkada bukanlah hanya agenda daerah, melainkan pekerjaan atau agenda nasional karena akan dilaksanakan secara serentak sehingga tahapannya pun sama di setiap tempat di seluruh Indonesia,  “Minta tolong nanti Keputusan No 88 tahun 2016 digandakan. Karena ini satu-satunya keputusan yang berkaitan dengan anggaran. Jadi PPK dan PPS wajib dan harus untuk mengetahui serta memahami karena semua sudah diatur dalam keputusan ini.” himbau Wima kepada seluruh peserta Bimtek.

Selanjutnya, dijelaskan pula sebelum lahir Keputusan KPU No 88 tahun 2016, di pilkada sebelumnya tahun 2015 ada dua keputusan yaitu nomor 115 dan nomor 146 ini sudah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Mengenai format yang digunakan untuk pengajuan kebutuhan dana, Beliau menghimbau agar jika terjadi kesalahan PPK wajib mengoreksi, “karena hitung-hitungan tidak pernah luput dari kesalahan. Jangan sampai berlarut-larut. Untuk PPS, sama dengan PPK model .KEU.SPPKD.PPS.01. yang memverivikasi adalah sekertaris PPK.”

Beliau juga menghimbau dan berharap agar gawe  Kota Batu dalam Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Batu ini akan berjalan dengan baik, tertib dalam laporan pertanggungjawaban dan keuangan, transparan dan akuntabel karena ini merupakan uang bersama, uang rakyat. “Kita semua ingin bukan hanya sukses dalam penyelenggaraan, tapi kita juga harus selamat dan sejahtera.”

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 2 =