05 Okt

KPU KOTA BATU HADIRI RAKOR PENCERMATAN LRA DAN PENYERAHAN SPTJM HIBAH PILGUB JATIM 2018

Surabaya,kpu-kotabatu.go.id (05/10/2018) Pentingnya memiliki pemahaman yang sama untuk kegiatan pelaporan keuangan terkait Pilgub Jatim 2018, KPU Kota Batu menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pencermatan Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dan Penyerahan Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) Hibah Pilgub Jatim 2018 untuk penerbitan Surat Perintah Pengesahan Pengembalian Pendapatan Hibah Langsung (SP4HL),Jumat(05/10) di Yello Hotel Surabaya.

Rakor dihadiri oleh KPU Provinsi Jatim dan 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur ini dibuka oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur (Hayu Dewi Shinta)

KPU Kota Batu dalam Rakor Pencermatan LRA diwakili oleh : Staff/Pelaksana Keuangan (Sudari dan Joko Sulistiyo).(eka/pdp)

21 Agu

KPU KOTA BATU DIKUNJUNGI OPS CIPKON POLRES KOTA BATU

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id, (21/08/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu,Selasa(21/08) menerima kunjungan Operasi Cipta Kondisi (Ops Cipkon) Polres Kota Batu. Kunjungan OPS CIPKON ini dilakukan Polres Kota Batu untuk melihat kondisi lanjutan setelah diadakannya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018.

OPS CIPKON diterima langsung oleh Kasubag Hukum KPU Kota Batu (Badrut Tamam), Staff/Pelaksana Keuangan, Umum dan Logistik (Ukke Wahyu Hidayati dan Eko Iswahyudi).

Menurut Kasatgas Preemtiv/Kasat Binmas AKP Diana Pudjiastuti,SH bahwasanya kegiatan OPS CIPKON yang telah dilakukan Polres Kota Batu adalah dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Kamtibmas dan hukum untuk mewujudkan partisipasi positif masyarakat terhadap terselenggaranya Pilkada serentak Tahun 2018 di wilayah hukum Polres Kota Batu.

Petugas OPS CIPKON yang mengunjungi KPU Kota Batu adalah : AKP Diana Pudjiastuti,SH sebagai Kasat Binmas, PDA Muh Subhan sebagai KBO Binmas dan Bripda Dayana Gita sebagai anggota Binmas.(eka/pdp)

03 Agu

RAMAH TAMAH DAN PISAH KENANG TENAGA PENDUKUNG PILGUB JATIM 2018

Punten, kpu-kotabatu.go.id, (03/08/2018) Untuk mendukung kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018, KPU Kota Batu melakukan perekrutan tenaga pendukung untuk membantu kegiatan Pilgub Jatim 2018.

Perekrutan tenaga pendukung Pilgub Jatim telah dilakukan di bulan Desember 2017. Adapun tenaga pendukung yang lolos dalam perekrutan sebanyak lima orang, yakni :Toha Mustofa untuk pengelola web, M. Ali Jabl Haq di foto editor, Catur Heri Wibowo untuk Analisis Pilgub Jatim 2018, Selvi Hardika Ratna M ditempatkan di divisi program dan data, kemudian Ayu Laila Anggraini di bagian keuangan Pilgub Jatim 2018.

Ada perjumpaan dan ada perpisahan. Begitu juga dengan tenaga pendukung KPU Kota Batu dalam kegiatan Pilgub Jatim 2018. Tepat Juli 2018 adalah masa purnatugas tenaga pendukung KPU Kota Batu dalam Pilgub Jatim 2018. Ramah tamah dan pisah kenang diadakan KPU Kota Batu, Jumat(03/08) di Sitangsu Cafe Hotel Purnama Batu.

Terima kasih rekan-rekan, kalian telah memberi warna yang penuh arti pada KPU Kota Batu. Sukses buat  semua tenaga pendukung KPU Kota Batu dalam Pilgub Jatim 2018.(eka/pdp)

01 Agu

MEWUJUDKAN ARSIP BERNILAI KELANJUTAN, KPU KOTA BATU IKUTI BIMTEK KEARSIPAN DOKUMEN PILGUB 2018

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id(30-31/07/2018) Pada semua kegiatan yang dilakukan manusia, baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama, pastilah mempunyai rekaman peristiwa atau dokumen. Dokumen tersebut tidaklah serta merta dibuang karena mempunyai suatu nilai. Pentingnya mewujudkan arsip yang mempunuai nilai kelanjutan, KPU Kota Batu menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Kearsipan Dokumen Pilkada dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur  JawaTimur serta Pilkada Serentak di Jatim Tahun 2018, Senin-Selasa(30-31/07).

Bimtek diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur di Swissbell Inn Hotel Juanda Surabaya ini dihadiri oleh Divisi Keuangan dan Logistik, Kasubbag Keuangan dan Logistik dan Staff Arsip yang hadir dari  38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Narasumber dalam Bimtek Kearsipan Dokumen adalah : Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur (HM. E.Kawima), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur (Diah Kuswardhani) dan Kepala Biro Umum KPU RI (Yayu Yuliani).

Sekretaris KPU provinsi Jawa Timur (HM. E. Kawima) dalam pemaparannya menjelaskan beberapa jenis arsip seperti arsip fasilitasif dan substantif. Disamping itu, Kawima juga menerangkan bahwasanya dalam pengarsipan perlu diperhatikan jangka waktu penyimpanan yang wajib dilakukan terhadap suatu jenis arsip atau yang lazim disebut Retensi Arsip.

Dari Kepala Biro Umum KPU RI menjelasan beberapa hal tentang prosedur pemindahan arsip, penataan dan penyimpanan arsip yang harus dilakukan oleh KPU, baik KPU RI,  KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota.

Sebagai informasi, dasar hukum dari kegiatan pengarsipan yang dilakukan oleh KPU adalah : Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 17 Tahun 2016 tentang Jadwal Retensi Arsip Substantif dan Fasilitatif Non Kepegawaian dan Non Keuangan Komisi Pemilihan Umum serta Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15/Kpts/KPU/Tahun 2017 tentang Kode Klasifikasi Arsip dan Pengkodean Naskah Dinas di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Komisi Pemilihan Umum Provinsi/Komisi Independen Pemilihan Aceh, dan Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilihan Kabupaten/Kota.

KPU Kota Batu diwakili oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Keuangan, Umum dan Logistik (Erfanudin), Kasubbag Umum, Keuangan dan Logistik (Fitrya Faradevi) dan Staff Arsip(Uke Wahyu Hidayat). (eka/pdp)

30 Jul

KPU KOTA BATU HADIRI BIMTEK PELAKSANAAN PENYUSUNAN PELAPORAN PILGUB JATIM 2018

Surabaya,kpu-kotabatu.go.id (29-30/07/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu demi mewujudkan laporan keuangan Pilgub Jatim 2018 yang dapat dipertanggungjawabkan, menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaksanaan Penyusunan Pelaporan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 yang diadakan oleh KPU Provinsi Jatim, Minggu-Senin (29-30/07).

Bimtek  selama dua hari ini diadakan di Hotel Elmi Jalan Panglima Sudirman Surabaya, dihadiri oleh 152 orang yang terdiri dari Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Sekretaris KPU, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) Pilgub Jatim 2018 di KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur

Bimtek yang dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur (Eko Sasmito) di hari pertama diisi oleh narasumber yang berkompeten dibidangnya, yakni : Kepala Subbagian Biro Perencanaan KPU RI  (Yasmine Yuniar), Kepala Subbagian Pengelolaan Keuangan Wilayah II KPU RI (Tua Sinaga Andar ) dan Staf Pengelolaan Keuangan (Limbong Arung Prasetiawan).

Hari kedua Bimtek, peserta yang hadir mendapatkan materi dari Kabid Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kanwil DJPB Provinsi Jawa Timur.

Sebagai informasi, Bimtek yang diadakan oleh KPU Provinsi Jatim ini diadakan dalam rangka tertib administasi penyusunan pelaporan serta pertanggungjawaban keuangan hibah Pilgub Jatim 2018.

KPU Kota Batu sendiri dalam acara Bimtek Pelaksanaan Penyusunan Pelaporan Pilgub Jatim 2018 diwakili oleh : Komisioner KPU Kota Batu Divisi Keuangan, Umum dan Logistik (Erfanudin), Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo), Pejabat Pembuat Komitmen (Badrut Tamam) dan Bendahara Pengeluaran Pembantu Pilgub Jatim 2018 (Sudari). (eka/pdp)

24 Jul

KPU KOTA BATU HADIRI RAPAT PLENO TERBUKA PENETAPAN PASANGAN PILGUB JATIM 2018

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (24/07/2018), Tahapan pemungutan suara dalam Pilgub Jatim 2018 telah berlalu pada tanggal 27 Juni 2018, disusul kemudian tahapan penghitungan suara dengan hasil perolehan suara yang telah ditentukan dalam kegiatan Rapat Pleno Terbuka. Dengan telah selesainya kegiatan penghitungan suara, KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018, Selasa(24/07).

Rapat pleno terbuka yang diadakan di Hotel Wyndham Surabaya dihadiri oleh seluruh KPU tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, saksi masing-masing pasangan calon, Bawaslu Jawa Timur dan jajaran Forkopimda Jawa Timur.

Dilansir dari Humas KPU Provinsi Jawa Timur, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur (Eko Sasmito)  menyebutkan bahwasanya penetapan pasangan calon terpilih ini berdasarkan surat Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 14/PAN.MK/7/2018. KPU RI mengeluarkan Surat Edaran (SE) setelah keputusan MK keluar pada tanggal 23 Juli 2018. Adapun isi dari SE yang dikeluarkan KPU RI adalah tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih Tanpa Perselisihan.

“Atas dasar itulah, kami  menetapkan pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur ,” terang Ketua KPU Provinsi Jawa Timur (Eko Sasmito).

KPU Kota Batu dalam acara tersebut diwakili oleh : Ketua KPU (Rochani), Komisioner Divisi Perencanaan dan Data (Azhar Chilmi), Komisioner Divisi SDM dan Parmas (Saifudin Zuhri), Komisioner Divisi Keuangan, Umum dan Logistik (Erfanudin), Komisioner Divisi Hukum (Mardiono) dan Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo).

Hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jatim 2018 adalah pasangan Khofifah-Emil Dardak dengan  perolehan suara sah sebanyak 10.465.218 (53,55 persen), disusul pasangan calon Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno dengan suara sah sebanyak 9.076.014 suara (46,45 persen). Total suara sah dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 sebanyak 19.541.232. (eka/pdp)

 

07 Jul

KPU KOTA BATU HADIRI RAPAT PLENO TERBUKA REKAPITULASI PENGHITUNGAN SUARA TINGKAT PROVINSI DALAM PILGUB JATIM 2018

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id, (07/07/2018) Tahapan Pilgub Jatim 2018 telah sampai dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi dalam Pilgub Jatim 2018 setelah sebelumnya dilakukan rekapitulasi dalam tingkat PPK, kemudian tingkat KPU Kabupaten/Kota dan terakhir dilakukan rekapitulasi di tingkat KPU Provinsi. KPU Provinsi Jawa Timur menggelar rapat pleno rekapitulasi. Sabtu(07/07/2018) di Diamond Meeting Room Grand City Surabaya sejak pukul 09:00 WIB.

 

Acara Rapat Pleno rekapitulasi dipimpin langsung oleh Ketua KPU Jatim (Eko Sasmito) dan dihadiri oleh dua saksi dari pasangan calon, Bawaslu dan 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

38 kotak suara dari Kabupaten/Kota se-Jawa Timur  dijajar di ruang rapat  pleno sesuai dengan huruf abjad dengan urutan rekapitulasi penghitungan suara yang akan dibacakan oleh masing-masing KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Adapun urutan pembacaan untuk rekapitulasi penghitungan suara dalam Pilgub Jatim 2018 adalah : Bangkalan,Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Kota Batu, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kota Surabaya, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban dan Tulungagung.

 Dari KPU Kota Batu yang hadir dalam repat pleno rekapitulasi adalah : Ketua KPU Kota Batu sekaligus Divisi Teknis (Rochani), Komisioner KPU Kota Batu Diviei Perencanaan dan Data (Azhar Chilmi) dan Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Saifudin Zuhri).(eka/pdp)