08 Mar

KPU KOTA BATU : PELANTIKAN ANGGOTA PPK DAN PPS KOTA BATU DALAM PEMILU 2019

Bumiaji, kpu-kotabatu.go.id (08/03/2018) Setelah melalui evaluasi kinerja Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Batu, KPU Kota Batu menggelar Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah/Janji anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Terpilih se-Kota Batu dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019.  9 PPS dan 72 PPK dilantik oleh KPU Kota Batu di Hotel Purnama Jalan Raya Selecta Punten Bumiaji, Rabu (08/03).

Sebelum dimulai acara pengangkatan dan pengambilan sumpah, masing-masing Komisioner KPU Kota Batu mempresentasikan program kerja di hadapan PPS dan PPK yang hadir di Hotel Purnama.

Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner Divisi Teknis (Rochani) dalam acara pelantikan anggota PPK dan PPS menjelaskan tentang  ketentuan untuk membawa C6 dan KTP Elektronik pada waktu kegiatan pencoblosan tanggal 27 Juni 2018. Disamping itu juga dijelaskan tantang pemilih yang berada di Lapas dan rumah sakit. Ketua KPU Kota Batu juga menjelaskan tentang pemilih pemula yang baru berusia 17 tahun ketika dilaksanakan kegiatan pencoblosan 27 Juni 2018.

   

Sementara itu. Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Ashar Chilmi) dalam kesempatan yang sama menjelaskan tentang perlunya mempunyai asas tertib, baik tertib aturan, jadwal maupun perencanaan. Di hadapan PPK dan PPS yang baru dilantik, Ashar juga menjelaskan perlunya meningkatkan kadar derajad dan kualitas karena selain Pilgub 2018, juga terkait pelaksanaan Pilpres 2019.

Saefudin Zuhri selaku Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat memaparkan tentang bahan-bahan kampanye dan penempatannya di wilayah Kota Batu.

Tidak ketinggalan,  Komisioner KPU Kota Batu Divisi Umum, Keuangan dan Logistik (Erfanudin)  menjelaskan terkait tentang anggaran di Pilgub 2018 dan Pemilu 2019.

Sebagai informasi, pengangkatan dan pengambilan sumpah/janji anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS)Terpilih se-Kota Batu dalam Pemilu 2019, dilakukan dua kali dikarenakan pada saat dilakukan di Hotel Purnama tanggal 7 Maret 2018, 7 orang PPS berhalangan hadir. Pelantikan PPS untuk 7 orang tersebut  dilakukan pada tanggal 9 Maret 2018 di Aula KPU Kota Batu. (eka/pdp)

08 Mar

KONDISI LOGISTIK KOTAK SUARA DAN BILIK SUARA KPU KOTA BATU

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id (07/03/2018) Tahapan, jadwal dan program pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018, KPU Kota Batu menginventarisir ketersediaan alat keperluan pemungutan suara seperti Kotak Suara dan Bilik Suara. Ketersediaan Kotak Suara dan Bilik Suara di gudang KPU Kota Batu yang terletak di Jalan Tlekung Junrejo adalah bekas pemakaian pelaksanaan Pilkada Tahun 2017.

Mengutip keterangan dari Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum, Logistik, SDM dan Organisasi (Erfanudin), bahwasanya di gudang KPU Kota Batu masih tersimpan kotak suara dan bilik suara dari pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) tahun 2017.

“Untuk kotak suara masih tersisa di gudang KPU Kota Batu sebanyak 1.448 dan bilik suara yang masih tersisa sebanyak 2.000 ,” jelas Erfanudin di ruang kerjanya kantor KPU Kota Batu.

Adapun rincian untuk kotak suara berjumlah 1.956. Dari jumlah tersebut, kotak suara dengan kondisi baik sebanyak 1.889 dan rusak sebanyak 67, sedangkan terpakai untuk kegiatan Pilkada 2017 sebanyak 441. Kotak suara yang masih bisa terpakai adalah 1.448.

Untuk bilik suara berjumlah 2012. Dari jumlah tersebut bilik suara dengan kondisi baik adalah 2.000 dan 12 dalam kondisi rusak. Bilik suara yang masih bisa terpakai adalah 2.000.

Untuk PILKADA 2018 di Kota Batu dengan jumlah TPS sebanyak 411 diperkirakan ketersediaan kotak suara dan bilik suara mencukupi untuk kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timut (Pilgub) Jatim tahun 2018.

Sebagai informasi, kondisi logistik kotak suara dan bilik suara KPU Kota Batu adalah per 31 Desember 2017. (eka/pdp)

07 Mar

H.M. MIFTAHUL ULUM, WAKIL KETUA KOMISI A DPRD JAWA TIMUR “KPU KOTA BATU BERANI MEMATOK PROSENTASE 80 %”

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id, (06/03/2018) Komisi A DPRD Jawa Timur yang membidangi pemerintahan dalam kunjungannya ke KPU Kota Batu memberikan apresiasi terhadap KPU Kota Batu terkait keberanian KPU Kota Batu mematok prosentase 80 % untuk target pencapaian daftar pemilih. Prosentase 80 %  yang ditetapkan KPU Kota Batu ini lebih besar dari yang ditetapkan KPU RI untuk nasional sebesar 75 %.

Hal ini disampaikan oleh wakil ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur dari FKB (H.M. Miftahul Ulum) dalam kunjungannya ke KPU Kota Batu beserta rombongan, Selasa (06/03). Dalam keterangannya, Miftaahul Ulum menjeelaskan bahwasanya KPU Kota Batu Bisa dijadikan percontohan bagi KPU Kabupaten/Kota lainnya jika bisa melebihi target untuk prosentase yang telah ditetapkan secara nasional oleh KPU RI.

Selain itu, menurut Miftahul Ulum, Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur juga menyoroti tentang berkurangnya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari jumlah 5 orang untuk Pilkada 2018 menjadi 3 orang di pelaksanaan Pileg dan Pilpres untuk Pemilu 2019.

“Beban kerja lebih berat di Pileg, Pilpres untuk Pemilu 2019 dimana untuk Pilkada 1 suara dikerjakan 5 orang dan untuk Pemilu 2019, 5 suara dikerjakan 3 orang,” jelas wakil ketua Komisi A DPRD dari FKB.

Menghadapi hal ini, Komisi A DPRD Provinsi Jatim akan menyampaikan ke KPU RI terkait pengurangan PPK dari 5 menjadi 3 orang.

“Untuk merubah UU tentang evaluasi kinerja  PPK, prosesnya bisa  panjang dan mungkin bisa lewat PKPU. Mensiasatinya adalah 3 orang sesuai dengan UU dan 2 orang tetap membantu sebagai tenaga pendukung. Namun harus sinergi dengan penyiapan anggaran,” jelas wakil ketua Komisi A DPRD Jawa Timur dari Dapil IV ini.

“Komisi A DPRD Provinsi Jatim setelah kunjungan keliling ke KPU Kabupaten/Kota Jawa Timur, akan membawa semua permasalahan  ini ke KPU RI,” pungkas Miftahul Ulum.

Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur menargetkan tuntas mengunjungi 38 KPU Kabupaten/Kota di wilayah kerja DPRD Jawa Timur. (eka/pdp)

06 Mar

PPS GUNUNGSARI ADAKAN RAPAT PLENO TERBUKA REKAPITULASI DAFTAR PEMILIH HASIL PEMUKTAHIRAN DALAM PILGUB 2018

Gunungsari, kpu-kotabatu.go.id (06/03/2018) Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Gunungsari yang masuk wilayah Kecamatan Bumiaji menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018. Rapat Pleno dihadiri oleh : Panwascam, PPL, PPK dan PPDP

Sebagai informasi, hasil dari Rapat Pleno PPS Gunungsari yang diadakan pada tanggal 6 Maret 2018 ini, hard copynya akan dikembalikan ke PPK Kecamatan Bumiaji berserta Berita Acara (BA) Rapat Pleno untuk selanjutnya dibuat bahan Rapat Pleno PPK Kecamatan Bumiaji. Hasil dari Rapat Pleno PPK, hardcopy beserta berita Acara (BA) Rapat Pleno PP beserta lampirannya diserahkan ke KPU Kota Batu.

Rapat Pleno Panitia Pemungutan Suara (PPS) terhadap rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP) dalam Pilgub 2018 ini dilakukan pada tanggal 6 dan 7 Maret 2018 di 3 wilayah PPK, yaitu : PPK Kecamatan Batu, PPK Kecamatan Junrejo dan PPK Kecamatan Bumiaji. (eka/pdp)

04 Mar

PPK KECAMATAN BUMIAJI BAHAS TERTIB ADMINISTRASI DAN REKAPITULASI DPS DI RAKOR

Bumiaji,kpu-kotabatu.go.id (04/03/2018) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Bumiaji menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) di tingkat PPS dan PPK Kecamatan Bumiaji serta Pembahasan Masalah Pelaporan SPJ di Gedung Serbaguna PKK Kecamatan Bumiaji, Minggu (04/03). Rakor dihadiri oleh ketua PPK dan anggota, Ketua PPS dan anggota serta Sekretariat PPK.

Divisi SDM dan Parmas PPK Bumiaji (Enok Sri Kustiya) menerangkan bahwasanya Rakor yang diadakan ini adalah untuk persiapan akan diadakannya rapat pleno ditingkat PPS untuk rekapitulasi data.

“Disamping membahas persiapan rapat pleno di tingkat PPS, rapat koordinasi ini juga dibahas tertib administrasi dalam pelaporan SPJ,” terang Enok Sri Kustiya selaku divisi SDM dan Parmas PPK Bumiaji.

Adapun jadwal rapat pleno untuk PPS di wilayah kecamatan Bumiaji
adalah :
Tanggal 6 Maret 2018
1. Gunungsari Pukul : 15:30
2. Punten Pukul : 19:00
3. Sumberbrantas Pukul : 19:00
4. Bumiaji Pukul : 19:00
5. Giripurno Pukul : 19:00
Tanggal 7 Maret 2018
1. Pandanrejo Pukul : 18:30
2. Sumbergondo Pukul : 15:00
3. Bulukerto Pukul : 16:00
4. Tulungrejo Pukul : 18:00

Sebagai informasi, rapat pleno yang diadakan PPS untuk masing-masing Desa ini terkait dengan rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS). (eka/pdp)

04 Mar

MANTAPKAN KONSOLIDASI, PPK JUNREJO KUMPULKAN PPS DALAM RAPAT PLENO

Dadaprejo, kpu-kotabatu.go.id (03/03/2018) – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pendem, Beji, Torongrejo, Dadaprejo, Mojorejo, Junrejo dan Tlekung yang masuk di wilayah Kecamatan Junrejo mengadakan Rapat Pleno di Cafe Pojok Desa Dadarejo, Sabtu(03/03). Rapat Pleno diadakan dalam rangka untuk konsolidasi PPS, terkait akan diadakannya rapat pleno untuk PPS di tiap desa wilayah Kecamatan Junrejo.

Ketua PPK Junrejo (Imam Asvali) menerangkan bahwasanya rapat pleno kali ini adalah untuk memantapkan konsolidasi antara PPK dan PPS supaya terwujud kesamaan visi dan misi.

“ Intinya kita ingin ada kesamaan visi dan misi antara PPK dan PPS supaya konsolidasi lebih mudah. Ada beberapa kegiatan yang perlu kita sampaikan ke rekan-rekan PPS seperti penyampaian SPJ yang harus tepat waktu dan jadwal repat pleno PPS untuk membahas Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dilakukan pada tanggal 7 Maret 2018.

Adapun jadwal rapat pleno untuk PPS di wilayah kecamatan Junrejo
adalah :
1. PPS Tlekung Pukul: 18:30 di Balai Desa
2. PPS Junrejo Pukul: 18:30 di Balai Desa
3. PPS Torongrejo Pukul: 16:00 di Balai Desa
4. PPS Mojorejo Pukul: 18:30 di Balai Desa
5. PPS Pendem Pukul: 18:30 di Balai Desa
6. PPS Beji Pukul: 18:30 di Balai Desa
7. PPS Dadaprejo Pukul: 19:00 di Cafe Pojok Desa Dadaprejo

Rapat Pleno yang berlangsung gayeng ini, menghasilkan beberapa kesepakatan untuk lebih memantapkan kinerja dan kebersamaan dalam menghadapi pesta Demokrasi di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. (eka/pdp)

01 Mar

PPK KECAMATAN JUNREJO : DALAM JIWA KAMI, PPK TETAP BERLIMA

Junrejo, kpu-kotabatu.go.id (01/03/2018) – Evaluasi kinerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) dan PKPU Nomor 3 Tahun 2018 tentang pembentukan dan tata kerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum telah berlangsung dan saat ini dalam tahap penilaian untuk selanjutnya akan diadakan pengangkatan kembali anggota PPK dan PPS yang terpilih dari hasil evaluasi kinerja PPK dan PPS.

Imam Asvali (Ketua PPK Junrejo) menanggapi perampingan jumlah PPK yang sebelumnya berjumlah 5 menjadi 3 orang sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 ini, menurut Imam PPK Kecamatan Junrejo tetap ada lima orang walaupun dalam pelaksanaannya 3 orang.

“Dalam jiwa kami, PPK Kecamatan Junrejo tetap ada 5 orang walaupun dalam pelaksanaannya nanti hanya ada 3 PPK di Kecamatan Junrejo,” jelas Imam Asvali di sela-sela acara Bimtek yang diadakan PPK Junrejo.

“Dengan adanya evaluasi kinerja ini, kedepannya kami berharap menjadi lebih baik walaupun tantangan yang dihadapi makin berat tapi kami tetap akan bersma-sama mengawal demokrasi di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 ini,” terang Imam

Menutup perbincangan dengan KPU Kota Batu, Imam yakin bahwasanya penilaian terhadap evaluasi kinerja PPK dan PPS telah dilakukan secara pofesional dan objektif. (eka/pdp)