07 Jun

KPU KOTA BATU LAKUKAN SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI SILON TERHADAP PARPOL KOTA BATU

Punten, kpu-kotabatu.go.id (06/06/2018) Sistem Informasi Pencalonan (SILON) adalah aplikasi berbasis Website yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memasukkan data calon anggota legislatif pada kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019. Bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota  telah diwajibkan oleh KPU untuk melakukan pendaftaran diri melalui  sistem yang telah dibangun oleh KPU, yaitu Sistem Informasi Pencalonan (SILON). Melansir dari  KPU RI, dalam keterangannya, Ketua KPU RI (Arief Budiman) menjelaskan bahwasanya dalam draft PKPU telah diatur SILON adalah wajib dilakukan sebelum masuk dalam tahap selanjutnya.Menyadari hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar sosialisasi dan sekaligus simulasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) terhadap Partai Politik (Parpol) di Kota Batu di Hotel Purnama Punten,Rabu (06/06).

Simulasi penggunaan aplikasi SILON ini langsung dipandu oleh operator SILON KPU Kota Batu  , yaitu : Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Kota Batu (Ariansyah Mustafa)  dan Staff Divisi Hukum KPU Kota Batu (Mahyuni).

Menurut Ariansyah Mustafa bahwasanya dengan menggunakan SILON ini akan mempermudah untuk melakukan pengecekan data ganda dimana bakal calon nantinya hanya bisa mendaftarkan diri dalam satu daerah dengan satu partai politik peserta Pemilu 2019. Disamping itu dengan adanya SILON, tercipta keterbukaan informasi dimana masyarakat umum bisa mengetahui semua data terkait dengan calon yang akan dipilihnya. Dalam arti rekam jejak calon legislator dalam Pemilu 2019 bisa langsung diketahui.

 

Pada  kesempatan yang sama, Staff Divisi Hukum KPU Kota Batu yang juga operator SILON (Mahyuni) menghimbau pada Partai Politik (Parpol) yang mendaftarkan bakal calon legislator Pemilu 2019 supaya secepatnya memasukkan data bakal calon dalam SILON dan tidak menunggu hari terakhir karena data di SILON nantinya akan dilakukan pengecekan dengan dokumen manual.

  

Waktu pengisian Silon dilakukan 30 hari sampai selesainya masa pendafatran caleg, yaitu pada tanggal 18 Juni hingga 17 Juli 2018. Sedangkan masa pendaftaran baru akan dimulai pada tanggal 4 – 17 Juli 2018.

Draf PKPU yang mengatur tentang  tahapan pencalonan ini diatur daalam PKPU Tahun 2018 Pasal 11 ayat 3 dan 4 Tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, yang berisi:

(Ayat 3) Sebelum mengajukan dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen administratif bakal calon Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Partai Politik Peserta Pemilu sesuai tingkatannya wajib memasukkan data pengajuan bakal calon dan data bakal calon serta mengunggah dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen administratif bakal calon ke dalam Silon.

 

(Ayat 4) Proses memasukkan data dan mengunggah dokumen sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat dilakukan mulai 30 (tiga puluh) Hari sebelum masa pengajuan bakal calon sampai dengan hari terakhir masa pengajuan bakal calon.

Sebagai informasi, selain pemaparan materi tentang SILON, Parpol yang hadir langsung dipandu menggunakan aplikasi SILON. (eka/pdp)

05 Jun

WUJUDKAN TERTIB ADMINISTRASI PEMILU 2019

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (05/06/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu di sela-sela persiapan logistik Pilgub Jatim 2018, memanfaatkan waktu di sela-sela kedatangan PPK dan PPS se-Kota Batu untuk melakukan pembukaan rekening, menggelar Rapat Koordinasi  pembekalan tertib administrasi dan SPJ terhadap PPK dan PPS Pemilu 2019 se-Kota Batu. Acara Rakor diadakan di ruang Komisioner  Lantai 2 KPU Kota Batu, Sabtu (05/06).

Komisioner  KPU Kota Batu Divisi Umum, Keuangan dan Logistik (Erfanudin) bertindak selaku narasumber memaparkan beberapa hal terkait dengan sistem pelaporan keuangan untuk kegiatan Pemilu 2019.

Dalam kesempatan yang sama, staff keuangan KPU Kota Batu (Sudari) menjelaskan pada PPK dan PPS Pemilu se-Kota Batu,  bagaimana membuat dan melaporkan beberapa kegiatan yang dilakukan pada Pemilu 2019 terkait dengan SPJ yang harus dibuat.(eka/pdp)

01 Jun

KPU KOTA BATU KUMPULKAN PPS TERKAIT VERIFIKASI FAKTUAL DPD

Junrejo, kpu-kotabatu.go.id(01/06/2018) Tahapan Pemilu 2019 saat ini salah satunya adalah verifikasi syarat dukungan terhadap calon perseorangan atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD).  Penyampaian syarat dukungan dari KPU Provinsi telah dimulai  25 Mei – 29 Mei 2018. Tahap selanjutnya adalah verifikasi faktual syarat dukungan yang dilakukan oleh masing-masing KPU Kabupaten/Kota. Untuk KPU Kota Batu sendiri melakukan verifikasi faktual syarat dukungan terhadap 417 orang yang tersebar di seluruh Desa/Kelurahan. Untuk melakukan verifikasi faktual syarat dukungan yang tersebar di seluruh Desa/Kelurahan Kota Batu, KPU Kota Batu bekerjasama dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Batu.

Kegiatan untuk menyamakan persepsi tentang verifikasi faktual syarat dukungan DPD di Kota Batu dilakukan di Pendopo Kecamatan Junrejo, Jumat (01/06). Hadir dalam pertemuan tersebut, Panwascam se-Kota Batu, PPK dan PPS, sedangkan dari KPU Kota Batu sendiri diwakili oleh : Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum (Mardiono), Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo), Kasubbag Hukum KPU Kota Batu (Badrut Tamam), Kasubbag Umum Keuangan dan Logistik (Fitrya Faradevi)  dan Pokja Verifikasi DPD KPU Kota Batu.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum (Mardiono) dalam pemaparannya menjelaskan tentang calon perseorangan atau yang disebut Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebanyak empat orang dari non partai dengan mengumpulkan syarat dukungan sebanyak 5 ribu KTP di DPT dengan sebaran di 50 persen Kabupaten/Kota. Lebih lanjut Mardiono menjelaskan bahwasanya verifikasi yang dilakukan adalah verifikasi secara administrasi dan verifikasi faktual.

Beberapa hal terkait proses pencalonan dan verifikasi faktual syarat dukungan dijelaskan oleh Mardiono dihadapan PPS yang hadir, seperti : Klarifikasi syarat dukungan, Perbaikan syarat dukungan, Penentuan sampel, Verifikasi faktual dan jadwal dan yang terakhir adalah bagaimana jika pendukung  tidak bisa ditemui.

Sebagai informasi, verifikasi faktual syarat dukungan terhadap DPD ini terkait dengan Undang-Undang Nomor 7/2017, PKPU Nomor 14/2018, Kep. 316/2018 dan PKPU Nomor 5/2018. (eka/pdp)

31 Mei

POKJA VERIFIKASI DPD PEMILU 2019 KPU KOTA BATU LAKUKAN RAPAT INTERNAL

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (31/05/2018) Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) syarat dukungan yang telah lolos penelitian administrasi dalam  Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 telah memasuki tahapan verifikasi faktual calon perseorangan. Dalam tahap verifikasi tersebut akan dicocokkan dengan fakta di lapangan. Dalam tahap  verifikasi di lapangan inilah, diperlukan ketelitian demi terwujudnya verifikasi syarat dukungan  yang aktual dan terjamin kebenarannya.

Divisi Hukum KPU Kota Batu yang membidangi  tahapan verifikasi DPD Kota Batu (Mardiono) menyadari akan pentingnya kesiapan KPU Kota Batu dalam menangani verifikasi faktual calon anggota DPD Kota Batu, mengadakan rapat internal Kelompok Kerja (Pokja) Verifikasi DPD Kota Batu di ruang audio visual KPU Kota Batu, Kamis (31/05).

Dalam rapat internal Pokja Verifikasi calon anggota DPD Kota Batu ini  membahas beberapa hal terkait  dengan kegiatan verifikasi syarat dukungan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Sebagai informasi dukungan tersebut dibuktikan dalam daftar yang dibubuhi nama lengkap,tanda tangan/cap jari, plus dilengkapi fotocopi setiap pendukung calon anggota DPD.

Syarat dukungan yang akan dilakukan verifikasi faktual di Kota Batu sejumlah 417 orang yang tersebar di seluruh Desa/Kelurahan. Verifikasi faktual sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 30 mei 2018 sampai dengan tanggal 19 Juni 2018.(eka/pdp)

30 Mei

KPU KOTA BATU IKUTI RAKOR PERSIAPAN PEMUKTAHIRAN DAFTAR PEMILIH PEMILU TAHUN 2019

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (29-30/05/2018) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur dalam rangka kegiatan Pemilu tahun 2019 menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pemuktahiran Daftar Pemilih Pemilihan Umum Tahun 2019 KPU Provinsi dengan KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur. Rapat Koordinasi yang diadakan selama dua hari di Hotel Premiere Place, Jalan Raya Bandara Juanda Sidoarjo Selama 2 (dua) hari yakni tanggal 29 s.d. 30 Mei 2018, Selasa-Rabu(29-30/05) diikuti oleh Divisi Perencanaan dan Data beserta operator Sidalih  KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur.

Melansir dari Hupmas KPU provinsi Jawa Timur, materi yang dipaparkan dalam Rapat Koordinasi terkait dengan Pelayanan DPPh dan DPTb serta disampaikan pula tahapan secara detail tentang Mutarlih Pemilu 2019 oleh Choirul Anam, anggota KPU Provinsi Jawa Timur yang membidangi Divisi Perencanaan dan Data.

Sebagai informasi, Rapar Koordinasi (Rakor) persiapan pemuktahiran daftar pemilih pemilihan umum Tahun 2019 ini diadakan dalam rangka melaksanakan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan,Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 dan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

KPU Kota Batu diwakili oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Azhar Chilmi) dan Kasubbag Program dan Data (Irfan Darmawan).(eka/pdp)

30 Mei

KPU KOTA BATU IKUTI RAKOR PERSIAPAN PEMUKTAHIRAN DAFTAR PEMILIH PEMILU TAHUN 2019

Surabaya,kpu-kotabatu.go.id (29-30/05/2018) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur dalam rangka kegiatan Pemilu tahun 2019 menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pemuktahiran Daftar Pemilih Pemilihan Umum Tahun 2019 KPU Provinsi dengan KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur. Rapat Koordinasi yang diadakan selama dua hari di Hotel Premiere Place, Jalan Raya Bandara Juanda Sidoarjo Selama 2 (dua) hari yakni tanggal 29 s.d. 30 Mei 2018, Selasa-Rabu(29-30/05) diikuti oleh Divisi Perencanaan dan Data beserta operator Sidalih  KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur.

Melansir dari Hupmas KPU provinsi Jawa Timur, materi yang dipaparkan dalam Rapat Koordinasi terkait dengan Pelayanan DPPh dan DPTb serta disampaikan pula tahapan secara detail tentang Mutarlih Pemilu 2019 oleh Choirul Anam, anggota KPU Provinsi Jawa Timur yang membidangi Divisi Perencanaan dan Data.

Sebagai informasi, Rapar Koordinasi (Rakor) persiapan pemuktahiran daftar pemilih pemilihan umum Tahun 2019 ini diadakan dalam rangka melaksanakan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan,Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 dan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

KPU Kota Batu diwakili oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Azhar Chilmi) dan Kasubbag Program dan Data (Irfan Darmawan).(eka/pdp)

29 Mei

PENETAPAN SEKRETARIS DAN STAF SEKRETARIAT PPK SE-KOTA BATU DALAM PEMILU 2019

Batu, kpu-kotabatu.go.id (29/05/2018) Sesuai dengan Keputusan Walikota Batu Nomor 188.45/199/KEP/422.012/2018 tentang penetapan sekretaris dan staf sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Batu dalam Pemilihan Umum 2019, Selasa (29/05) dibentuklah sekretariat yang dipimpin oleh sekretaris dari Pegawai Negeri Sipil dan dibantu oleh dua orang staf untuk urusan teknis penyelenggaraan dan staf untuk urusan tata usaha, keuangan dan logistik Pemilu.

Pembentukan sekretariat yang ditanda tangani oleh  Walikota Batu (Dewanti Rumpoko) ini untuk membantu kelancaran tugas, wewenang dan kewajiban dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Pembentukan sekretariat PPK se-Kota Batu ini dilakukan KPU Kota Batu dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Batu terkait dengan dibentuknya sekretaris PPS serta ruangan untuk sekretariat PPK dan sekretaris PPS dengan sarana yang mendukungnya.

Sekretariat PPK se – Kota Batu ini dibentuk untuk melaksanakan ketentuan Pasal 66 ayat (9) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2018 tentang pembentukan dan tata kerja  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam penyelenggaraan pemilihan umum, perlu menetapkan keputusan Walikota Batu tentang penetapan, sekretaris dan staff sekretariat PPK, Se-Kota Batu dalam Pemilu 2019.

 Adapun Sekretariat PPK Kecamatan Batu : Sekretaris Kecamatan Batu Arief Rachman Ardyasana,S.STP, Staff Urusan Teknis Penyelenggaraan Roy Hermawan, S.E dan Staff Urusan Tata Usaha, Keuangan dan Logistik Pemilu Dhani Darmawan,S.E.

Untuk Sekretariat PPK Bumiaji : Sekretaris Kecamatan Bumiaji Supriyanto,S.E, Staff urusan teknis penyelenggaraan  Mawan Sofian dan Staff Urusan Tata Usaha Keuangan dan Logistik Pemilu adalah Budi Santoso

Dan, Sekretariat PPK Junrejo :Sekretaris Kecamatan Junrejo Parman,S.P, Staff Urusan Teknis Penyelenggaraan  Arfan Fatahillah,S.Sos dan Staff Urusan Tata Usaha Keuangan dan Logistik Pemilu adalah Tuti’ani. (eka/pdp)