30 Mei

KPU KOTA BATU IKUTI RAKOR PERSIAPAN PEMUKTAHIRAN DAFTAR PEMILIH PEMILU TAHUN 2019

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (29-30/05/2018) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur dalam rangka kegiatan Pemilu tahun 2019 menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pemuktahiran Daftar Pemilih Pemilihan Umum Tahun 2019 KPU Provinsi dengan KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur. Rapat Koordinasi yang diadakan selama dua hari di Hotel Premiere Place, Jalan Raya Bandara Juanda Sidoarjo Selama 2 (dua) hari yakni tanggal 29 s.d. 30 Mei 2018, Selasa-Rabu(29-30/05) diikuti oleh Divisi Perencanaan dan Data beserta operator Sidalih  KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur.

Melansir dari Hupmas KPU provinsi Jawa Timur, materi yang dipaparkan dalam Rapat Koordinasi terkait dengan Pelayanan DPPh dan DPTb serta disampaikan pula tahapan secara detail tentang Mutarlih Pemilu 2019 oleh Choirul Anam, anggota KPU Provinsi Jawa Timur yang membidangi Divisi Perencanaan dan Data.

Sebagai informasi, Rapar Koordinasi (Rakor) persiapan pemuktahiran daftar pemilih pemilihan umum Tahun 2019 ini diadakan dalam rangka melaksanakan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan,Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 dan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

KPU Kota Batu diwakili oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Azhar Chilmi) dan Kasubbag Program dan Data (Irfan Darmawan).(eka/pdp)

30 Mei

KPU KOTA BATU IKUTI RAKOR PERSIAPAN PEMUKTAHIRAN DAFTAR PEMILIH PEMILU TAHUN 2019

Surabaya,kpu-kotabatu.go.id (29-30/05/2018) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur dalam rangka kegiatan Pemilu tahun 2019 menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pemuktahiran Daftar Pemilih Pemilihan Umum Tahun 2019 KPU Provinsi dengan KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur. Rapat Koordinasi yang diadakan selama dua hari di Hotel Premiere Place, Jalan Raya Bandara Juanda Sidoarjo Selama 2 (dua) hari yakni tanggal 29 s.d. 30 Mei 2018, Selasa-Rabu(29-30/05) diikuti oleh Divisi Perencanaan dan Data beserta operator Sidalih  KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur.

Melansir dari Hupmas KPU provinsi Jawa Timur, materi yang dipaparkan dalam Rapat Koordinasi terkait dengan Pelayanan DPPh dan DPTb serta disampaikan pula tahapan secara detail tentang Mutarlih Pemilu 2019 oleh Choirul Anam, anggota KPU Provinsi Jawa Timur yang membidangi Divisi Perencanaan dan Data.

Sebagai informasi, Rapar Koordinasi (Rakor) persiapan pemuktahiran daftar pemilih pemilihan umum Tahun 2019 ini diadakan dalam rangka melaksanakan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan,Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 dan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

KPU Kota Batu diwakili oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Azhar Chilmi) dan Kasubbag Program dan Data (Irfan Darmawan).(eka/pdp)

29 Mei

PENETAPAN SEKRETARIS DAN STAF SEKRETARIAT PPK SE-KOTA BATU DALAM PEMILU 2019

Batu, kpu-kotabatu.go.id (29/05/2018) Sesuai dengan Keputusan Walikota Batu Nomor 188.45/199/KEP/422.012/2018 tentang penetapan sekretaris dan staf sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Batu dalam Pemilihan Umum 2019, Selasa (29/05) dibentuklah sekretariat yang dipimpin oleh sekretaris dari Pegawai Negeri Sipil dan dibantu oleh dua orang staf untuk urusan teknis penyelenggaraan dan staf untuk urusan tata usaha, keuangan dan logistik Pemilu.

Pembentukan sekretariat yang ditanda tangani oleh  Walikota Batu (Dewanti Rumpoko) ini untuk membantu kelancaran tugas, wewenang dan kewajiban dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Pembentukan sekretariat PPK se-Kota Batu ini dilakukan KPU Kota Batu dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Batu terkait dengan dibentuknya sekretaris PPS serta ruangan untuk sekretariat PPK dan sekretaris PPS dengan sarana yang mendukungnya.

Sekretariat PPK se – Kota Batu ini dibentuk untuk melaksanakan ketentuan Pasal 66 ayat (9) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2018 tentang pembentukan dan tata kerja  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam penyelenggaraan pemilihan umum, perlu menetapkan keputusan Walikota Batu tentang penetapan, sekretaris dan staff sekretariat PPK, Se-Kota Batu dalam Pemilu 2019.

 Adapun Sekretariat PPK Kecamatan Batu : Sekretaris Kecamatan Batu Arief Rachman Ardyasana,S.STP, Staff Urusan Teknis Penyelenggaraan Roy Hermawan, S.E dan Staff Urusan Tata Usaha, Keuangan dan Logistik Pemilu Dhani Darmawan,S.E.

Untuk Sekretariat PPK Bumiaji : Sekretaris Kecamatan Bumiaji Supriyanto,S.E, Staff urusan teknis penyelenggaraan  Mawan Sofian dan Staff Urusan Tata Usaha Keuangan dan Logistik Pemilu adalah Budi Santoso

Dan, Sekretariat PPK Junrejo :Sekretaris Kecamatan Junrejo Parman,S.P, Staff Urusan Teknis Penyelenggaraan  Arfan Fatahillah,S.Sos dan Staff Urusan Tata Usaha Keuangan dan Logistik Pemilu adalah Tuti’ani. (eka/pdp)

28 Mei

KPU KOTA BATU ADAKAN RAKOR PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH PEMILU 2019

Songgokerto, kpu-kotabatu.go.id (28/05/2018) Tahapan Pemilihan Umum 2019 di Indonesia sudah memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih yang merupakan salah satu tahapan krusial. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu guna menyamakan persepsi terkait pemutakhiran data pemilih  dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di The Onsen Hot Spring Resort Jalan Arumdalu Songgokerto Batu, Senin (28/05). Rakor dihadiri oleh PPK dan PPS Pemilu 2019 se-Kota Batu dimulai Pukul : 16:00 WIB.

Rapat Koordinasi yang digelar oleh KPU Kota Batu Divisi Program dan Data dibagi dalam dua sesi yaitu, sesi pertama adalah pemaparan materi terkait pemuktahiran data pemilih dalam Pemilu 2019 yang disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Azhar Chilmi) dan sesi kedua, dimana peserta rakor dibagi dalam empat group dan dibuat simulasi untuk memetakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah penduduk di masing-masing wilayah untuk keperluan pemuktahiran data pemilih dalam Pemilu 2019.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Azhar Chilmi) dalam pemaparannya menerangkan  bahwasanya DPT Pemilu atau Pemilihan terakhir disampaikan dengan Daftar Pemilih Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang telah dimuktahirkan, KPU Kabupaten/Kota dibantu Pantarlih, PPS dan PPK dan Pantarlih di setiap TPS berasal dari perangkat Kelurahan/Desa, RW,RT dan atau warga masyarakat serta diangkat oleh PPS. Kemudian, PPS berkoordinasi dengan petugas registrasi kependudukan Kelurahan/Desa sebelum dan setelah coklit oleh Panitia Pendafaran Pemilih (Pantarlih).

Lebih lanjut pria yang pernah menjadi news editor RRI di tahun 1997 ini juga menerangkan tentang beberapa ketentuan untuk pemetaanTPS, seperti : Tidak menggabunggkan Desa/Kelurahan, Kemudahan pemilih ke TPS, Jarak waktu tempuh ke TPS, Aspek geografis, Tidak pisahkan pemilih dalam satu keluarga pada TPS yang beda dan paling banyak 300 pemilih.

” PPS harus mengetahui batas daerah  RW atau RT untuk TPS. Jangan sampai tidak tahu untuk pemetaan TPS karena bisa kacau. Kalau diawal kacau maka sampai kebelakangpun akan kacau,” terang Azhar Chilmi

Sebagai informasi penyusunan daftar pemilih pemilihan umum tahun 2019 ini termaktub dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, PKPU No. 5 tahun 2018 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019 dan PKPU No. 11 tahun 2018 tentang penyusunan daftar pemilih di dalam negeri dalam penyelenggaraan pemilihan umum. (eka/pdp)

 

 

25 Mei

DEMI MEWUJUDKAN PEMILU 2019 BERINTEGRITAS DAN BERKUALITAS, KPU KOTA BATU IKUTI BIMTEK

Sentul, kpu-kotabatu.go.id kpu.go.id(24-25/05/2018) –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Batu mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencalonan Anggota DPR,DPD dan DPRD Pemilu Tahun 2019 di Aston Hotel Sentul Bogor,(24-25/05).  Bimtek yang diadakan selama dua hari ini merupakan Bimtek gelombang III yang diikuti oleh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota. KPU Kota Batu sendiri demi mewujudkan  Pemilu 2019 yang berintegritas dan berkualitas diwakili oleh Ketua KPU Kota Batu sekaligus Divisi Teknis (Rochani) dan Kasubbag Teknis dan Hupmas (Ariansyah Mustafa).

Melansir dari Biro Humas KPU RI, bahwasanya Bimbingan Teknis (Bimtek) pencalonan anggota DPR,DPD dan DPRD Pemilu Tahun 2019 ini menghadirkan narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan materi Laporan Harta Kekayaan (LHK). Lebih lanjut dijelaskan oleh Komisioner KPU RI Ilham Saputra  bahwasanya rakyat mempunyai pandangan skeptis terhadap Pemilu dikarenakan terjadinya korupsi. Menurut Ilhan Saputra KPU saat ini sedang meningkatkan partisipasi masyarakat.

Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diadakan selama dua hari ini dilaksanakan dalam bentuk  pembagian kelas dengan materi berupa : Peraturan pencalonan, Materi dari KPK terkait Laporan Harta Kekayaan (LHK) dan Pendalaman Kebijakan Pencalonan.

Salah satu hasil dari Bimtek gelombang III yang diadakan oleh KPU RI ini adalah formulasi hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait pelarangan narapidana korupsi tentang pencalonan anggota DPR, DPD dan DPRD pada Pemilu 2019 serta Laporan Harta Kekayaan (LHK) untuk segera diterbitkan dan ditindaklanjuti sosialisasi di tingkat Kabupaten/Kota.

Adapun acara Bimtek tersebut dilaksanakan berkenaan dengan persiapan pelaksanaan tahapan pencalonan. (eka/pdp)

22 Mei

KPU KOTA BATU HADIRI RAKOR PERTANGGUNGJAWABAN PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN ADHOC

Batu, kpu-kotabatu.go.id(22-23/05/2018) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur dalam rangka memberikan pemahaman yang sama kepada KPU Kabupaten/Kota mengenai pertangungjawaban pengelolaan keuangan khususnya badan Ad Hoc, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Sosialisasi Keputusan KPU Tentang Petunjuk Pelaksanaan dan Pertanggung Jawaban Anggaran BPP Ad Hoc dalam Bentuk Talk Show di Golden Tulip Holland Resort Kota Batu, Selasa-Rabu/22-23/05).

Badan Ad Hoc dalam proses kegiatan Pemilhan Umum (Pemilu) adalah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dimana mereka memang harus memahami pelaksanaan dan pertanggung jawaban anggaran pada kegiatan Pilgub 2018 dan Pemilu 2019. Karena selain data yang berkualitas, pelaporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan,  menjamin terwujudnya kegiatan pemilihan berjalan dengan baik dan lancar.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur (Eko Sasmito) menjelaskan bahwasanya Rakor yang diadakan kali ini masih bersifat umum, dalam arti Rakor yang digelar dalam bentuk talk show ini menjadi sumber pengetahuan bagi peserta tentang berbagai hal yang harus dilakukan terkait pembuatan laporan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam kesempatan yang sama, Eko Sasmito juga mengingatkan, terjadinya kesalahan dalam pengelolaan pertanggungjawaban keuangan dalam pelaporan karena unsur ketidaktahuan pembuat laporan. ” Hasil dari Rakor yang dilakukan KPU Provinsi Jatim kali ini bisa dijadikan bimbingan mengenai tata caranya, termasuk apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam pertanggung jawaban pengelolaan keuangan,” pungkas Eko.

KPU Kota Batu diwakili oleh 5 Komisioner dan Sekretaris KPU Kota Batu hadir dalam Rakor yang dihadiri sekitar 150 peserta dari 38 KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur. (eka/pdp)

21 Mei

KPU KOTA BATU LAKUKAN PAW PPS 3 KECAMATAN SE-KOTA BATU UNTUK PEMILU 2019

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (21/05/2018) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melakukan penetapan dan pengangkatan Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk tiga Kecamatan di Kota Batu yaitu : PPS  Desa Junrejo Kecamatan Junrejo, PPS Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji dan PPS Kelurahan Temas Kecamatan Batu. Penggantian Antar Waktu (PAW) dihadiri oleh : Komisioner KPU Kota Batu, PPK Kecamatan Batu, PPK Kecamatan Junrejo, PPK Kecamatan Bumiaji, Panwaslu Kota Batu dan Kemenag Kota Batu (Candra Nurkhalis) ini diadakan di Aula KPU Kota Batu, Senin (21/05).

Adapun PAW ini adalah pergantian PPS lama dikarenakan kesibukannya dan tidak dapat berkontribusi lagi dalam pelaksanaan Pemilu 2019, maka digantikan oleh PPS yang baru.

Pertama, Keputusan  Komisi Pemilihan Umum Kota Batu Nomor : 09/HK.03.1-Kpt/3579/KPU-Kot/V/2018 tentang penetapan dan pengangkatan PAW  PPS Desa Junrejo Kecamatan Junrejo. PPS Lama (Datim Ima Sa’idah) digantikan oleh PPS baru (Cipto Hartono).

Kedua, Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Batu Nomor : 10/HK.03.1-Kpt/3579/KPU-Kot/V/2018 tentang penetapan dan pengangkatan PAW PPS Desa Girupurno Kecamatan Bumiaji. Pemberhentian anggota PPS Desa Giripurno ( Kasiari) dan menetapkan PAW, Doni Sunanda.

Dan yang terakhir adalah Keputusan Pemilihan Kota Batu Nomor : 11/HK.03.1-Kpt/3579/KPU-Kot/V/2018 tntang penetapan dan pengangkatan PAW  PPS Kelurahan Temas Kecamatan Batu. Adapun Keputusan KPU tersebut menetapkan pemberhentian  Agung Fauzi Hidayah dan menetapkan PAW, Kadi sebagai PPS Kelurahan Temas Kecamatan Batu.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Saifudin Zuhri) dalam sambutannya menyampaikan terima kasih pada PPS yang telah purna tugas dan mengucapkan selamat datang untuk PPS baru yang telah dilantik. (eka/pdp)