16 Sep

DEKLARASI DAMAI PEMILU 2019

Junrejo,kpu-kotabatu.go.id(16/09/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menghadiri Deklarasi Damai dan Kesepakatan Bersama Dalam Rangka Pilpres dan Pileg 2019. Acara yang digelar oleh Polres Batu,Minggu(16/09) di Mapolres Batu ini dihadiri oleh Walikota Batu, Ketua DPRD Kota Batu,Dandim 0818 Kabupaten Malang,Ketua PC NU Kota Batu,KPU Kota Batu,KPU Kabupaten Malang.Ketua FKUB Kota Batu,Bawaslu,Kakesbangpol Kota Batu dan Perwakilan partai politik peserta Pemilu 2019.

Deklarasi Damai yang diadakan oleh Polres Batu ini diadakan menjelang Pemilu 2019 dengan harapan tercipta  kondisi Kota Batu yang  kondusif walaupun tengah digelar pesta demokrasi Pemilu 2019.

Kapolres Kota Batu (AKBP Budi Hermanto SIK,M.SI) dalam sambutannya mengajak stake holder yang hadir untuk meredam gesekan yang terjadi dalam pelaksanaan Pemilu 2019 dengan kesepakatan damai, politik damai dan demokrasi damai.

“Silahkan menjalankan masa kampanye yang damai. Karakter orang Batu tidak ingin ribut karena Batu adalah kota Wisata. Saya berharap semua pihak sama-sama mengawasi dan mengamankan jalannya Pemilu 2019, menciptakan kedamaian selama masa kampanye sehingga tercipta kampanye yang aman dan lancar,” terang Buher, panggilan akrab Budi Hermanto Kapolres Kota Batu.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum sekaligus wakil Divisi Teknis (Mardiono) dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas peran serta yang baik pihak keamanan sehingga kinerja penyelenggara Pemilu dapat berjalan dengan baik. Lebih lanjut Mardiono juga berharap bahwasanya dengan peran serta TNI-Polri dan pihak keamanan yang baik, maka Pemilu 2019 akan berjalan dengan baik, lancar dan damai.

Acara selanjutnya adalah pembacaan Deklarasi Damai yang dilakukan oleh perwakilan 16 partai politik peserta Pemilu 2019 yang dipimpin langsung oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum sekaligus wakil Divisi Teknis (Mardiono).

Setelah pembacaan Deklarasi Damai, dilakukan penandatanganan Deklarasi Damai.

Walikota Batu (Dewanti Rumpoko) yang datang terlambat dikarenakan menghadiri salah satu acara di Kota Batu, dalam sambutannya mengajak semua yang hadir untuk bersama-sama saling menjaga keamanan selama pelaksanaan Pemilu 2019.(eka/pdp)

14 Sep

KPU KOTA BATU HADIRI RAKOR PENYEMPURNAAN DPT PEMILU TAHUN 2019

Surabaya,kpu-kotabatu.go.id(13-14 September 2018)-Mewujudkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan untuk Pemilu 2019, KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019. KPU Kota Batu sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu, hadir dalam Rakor yang diadakan selama dua hari,Kamis-Jumat(13-14/09).

Rakor yang diadakan oleh KPU Provinsi Jatim ini dihadiri oleh 38 KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur. Masing-masing KPU Kabupaten/Kota diwakili oleh Ketua KPU Kabupaten/Kota,Divisi Perencanaan dan Data dan Operator SIDALIH.

Rakor yang dilakukan di Hotel Narita Surabaya ini mempunyai dua agenda, yaitu : Rakor Penyempurnaan DPT Pemilu Tahun 2019, setelah itu dilanjut dengan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPT hasil perbaikan dalam Pemilihan Umum Tahun 2019

Masing-masing peserta dari KPU Kabupaten/Kota,diwajibkan membawa:

  1. Hardcopy dan Softcopy Berita Acara (BA) hasil perncermatan verifikasi dan penghapusan data ganda,pemilih tidak memenuhi syarat serta penambahan pemilih batu data pemilih baru dan perbaikan elemen data pemilih DPT Pemilu tahun 2019.
  2. Hardcopy dan Softcopy Berita Acara (BA) rekapitulasi dan penetapan DPT hasil perbaikan Pemilu Tahun 2019.
  3. Hardcopy dan Softcopy surat keputusan rekapitulasi dan penetapan DPT hasil perbaikan Pemilu Tahun 2019.
  4. Softcopy (byname dalam format Excel untuk Byname penghapusan pemilih ganda, Byname penghapusan Pemilu TMS, Byname penambahan pemilih baru dan Byname ubah data pemilih.

KPU Kota Batu sendiri diwakili oleh: Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Azhar Chilmi)  dan Operator SIDALIH (Irfan Darmawan).(eka/pdp)

13 Sep

PARPOL PESERTA PEMILU 2019 TERIMA BIMTEK APLIKASI SIDAKAM DARI KPU KOTA BATU

Bumiaji,kpu-kotabatu.go.id(13/09/2018)Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 wajib hukumnya untuk menggunakan sebuah Aplikasi Dana Kampanye (SIDAKAM). SIDAKAM sendiri adalah sebuah aplikasi yang merupakan seperangkat Sistem Informasi dalam Teknologi Informasi berbasis web (web base) dengan sistem offline. Menyadari pentingnya SIDAKAM, KPU Kota Batu setelah acara sosialisasi pelaporan dana kampanye,Kamis(13/09) langsung memberikan pelatihan penggunaan aplikasi SIDAKAM pada partai politik peserta Pemilu 2019 yang hadir.

Adapun tujuan digunakannya SIDAKAM adalah : Melayani peserta Pemilu dalam menginput penerimaan dan pengeluaran dana kampanye kepada KPU,KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU Kabupaten/Kota, Mendukung pelaksanaan tugas KPU,KPU Provinsi/KIP Aceh,KPU Kabupaten/Kota dalam menerima laporan dana kampanye dari peserta Pemilu dan Pemeliharaan data dan informasi pelaporan dana kampanye untuk pelayanan publik.

Operator SIDAKAM KPU Kota Batu (Mahyuni) dalam penjelasannya kepada partai politik yang hadir dalam Bimtek tersebut, bahwasanya ada beberapa manfaat penggunaan aplikasi dana kampanye, yaitu, membantu peserta Pemilu dalam menyusun laporan dana kampanye, membantu partai politik mengkonsolidasi laporan dana kampanye calon anggota DPR/DPRD, membantu tim kampanye tingkat nasional untuk mengkonsolidasi laporan dana kampanye tim kampanye tingkat daerah dan sebagai kontrol bagi peserta Pemilu dalam penerimaan sumbangan dana kampanye dari pihak lain.

Sebelum memasuki sesi pelatihan penggunaan aplikasi SIDAKAM, Mahyuni terlebih dahulu menjelaskan bagaimana cara menggunakan Aplikasi Dana Kampanye (SIDAKAM).

Pelatihan SIDAKAM yang dilakukan oleh KPU Kota Batu dilakukan  secara langsung pada operator SIDAKAM masing-masing partai politik peserta Pemilu 2019. Pelatihan dilakukan oleh Operator SIDAKAM KPU Kota Batu (Mahyuni) dan Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas (Ariansyah Mustafa). (eka/pdp)

13 Sep

KPU KOTA BATU GELAR BIMTEK APLIKASI PELAPORAN DANA KAMPANYE PEMILU TAHUN 2019

Bumiaji,kpu-kotabatu.go.id(13/09/2018) Mewujudkan pelaporan dana kampanye Pemilu Tahun 2019 yang sistematis,akuntabel, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, KPU Kota Batu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Pelaporan Dana Kampanye Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019.

Bimtek digelar di Hotel Purnama Jalan Raya Selecta Punten Bumiaji,Kamis(13/09) dihadiri oleh 16 Partai Politik (Parpol) Ketua dan Liaison Officer (LO) serta Bawaslu Kota Batu.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Pelaporan Dana Kampanye Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 ini dibuka secara langsung oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum sekaligus Wakil Divisi Teknis (Mardiono).

Dalam pemaparannya dihadapan peserta Bimtek, Mardiono menjelaskan tentang beberapa materi terkait pelaporan dana kampanye, seperti : Kebijakan KPU terkait dana kampanye, Tahapan dan jadwal pelaporan dana kampanye, Bentuk, sumber dan batasan dana kampanye, Jenis laporan dana kampanye,Larangan dan sanksi.

Sebelum memasuki masa kampanye pada tanggal 23 September 2018, Mardiono menghimbau pada partai politik peserta Pemilu 2019 untuk segera membuka Rekening Khusus dana Kampanye (RKDK).

“Wajib membuka RKDK di Bank umum paling lambat satu hari sebelum dimulainya masa kampanye,” terang pria kelahiran Lumajang yang  pernah aktif sebagai wakil ketua bidang SDM Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Batu Tahun 2010-2014.

Mardiono juga menekankan bahwasanya ada sanksi pembatalan menjadi peserta Pemilu Tahun 2019 di wilayah yang bersangkutan jika Partai Politik peserta pemilu 2019 terlambat atau tidak menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK).

Bimtek yang digelar mulai Pukul 10:00 WIB ini ada dua agenda acara yaitu : Sosialisasi terkait pelaporan dana kampanye Pemilu 2019, setelah itu dilanjutkan dengan Bimtek penggunaan aplikasi berbasis web (web base) SIDAKAM (Aplikasi Dana Kampanye) yang diberikan secara langsung oleh Operator SIDAKAM KPU Kota Batu (Mahyuni).(eka/kpu)

11 Sep

DIVISI PRODAT KPU KOTA BATU MELAKUKAN PENCERMATAN DCT JELANG RAPAT PLENO TERBUKA TINGKAT KOTA BATU

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id, (11/09/2018), Menjelang Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Tingkat Kota Batu Dalam Pemilu Tahun 2019, KPU Kota Batu melakukan verifikasi dan pencermatan DPT Pemilu 2019 terkait kegandaan data pemilih di Kota Batu. Meskipun hari libur, demi mewujudkan data pemilih yang berkualitas,Divisi Prodat KPU Kota Batu berjibaku dengan waktu menyelesaikan pencermatan DPT,Selasa(11/09).

Sebelumnya telah dilakukan verifikasi dan pencermatan kegandaan data pemilih oleh PPK,PPL dan Panwascam Kecamatan se-Kota Batu. Mereka turun langsung dengan mendatangi rumah pemilih yang mengalami kegandaan data.

Kegandaan data yang perlu dilakukan verifikasi dan perncermatan dalam surat KPU RI Nomor :033/PL.01.2.SD/01/KPU/IX/2018 adalah :

  1. Kegandaan pemilih berdasarkan NKK,NIK,Nama,Jenis kelamin,Tempat Lahir,Tanggal Lahir,Status Kawin,Alamat dan Difabel.
  2. Ganda K2 adalah potrensi kegandaan pemilih berdasarkan NIK,Nama,Jenis Kelamin,Tempat Lahir,Tanggal Lahir dan Alamat.
  3. Ganda K3 adalah potensi kegandaan pemilih berdasarkan NIK,Nama,Jenis Kelamin,Tempat Lahir dan Tanggal Lahir.
  4. Ganda K4 adalah potensi kegandaan pemilih berdasarkan NIK,Nama dan tanggal lahir.

 

Sedangkan elemen data pemilih yang diperbaiki, yakni : NIK,NKK,Nama,Jenis Kelamin,Tempat Lahir, Tanggal Lahir dan Alamat.(eka/pdp)

09 Sep

APLIKASI PELAPORAN DANA KAMPANYE PEMILU 2019 SEBAGAI KONTROL BAGI PESERTA PEMILU

Tuban,kpu-kotabatu.go.id(08-09/09/2018) Sesuai dengan ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor: 24 Tahun 2018 tentang Dana Kampanye Pemilu dimana dalam Pasal 4 disebutkan bahwasanya penerimaan dan pengeluaran kampanye peserta Pemilu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 huruf a wajib dikelola dan dipertanggungjawabkan berdasarkan prinsip legal, akuntabel dan transparan. Untuk itu dibuatlah Aplikasi Dana Kampanye yang merupakan seperangkat Sistem Informasi dan Teknologi Informasi yang berbasis web (Web Base) dengan sistem Offline. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan bisa menjadi kontrol bagi peserta Pemilu dalam mengelola dana kampanyenya.

Manyadari pentingnya mewujudkan pemahaman yang sama tentang pelaporan dana kampanye bagi peserta Pemilu 2019, KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Pelaporan Dana Kampanye Peserta Pemilihan Umum Tahun 2019 di Fave Hotel Tuban,Sabtu-Minggu(08-09/09).

Adapun peserta Bimtek adalah 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Masing-masing KPU mengirimkan dua perwakilan dari Divisi Hukum dan Operator Aplikasi Pelaporan Dana Kampanye.

Menurut Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum yang hadir dalam acara Bimtek tersebut menjelaskan bahwasanya aplikasi ini wajib bagi partai politik peserta Pemilu 2019.

Lebih lanjut Mardiono menjelaskan bahwa telah dijelaskan dalam Pasal 3 PKPU Nomor 24 Tahun 2018, yaitu tujuan penggunaan aplikasi ini adalah untuk memberikan panduan bagi peserta Pemilu dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan penerimaan dan pengeluaran Dana Kampanye dan yang kedua adalah menjadi acuan bagi Akuntan Publik (AP) dalam melaksanakan audit atau laporan Dana Kampanye.

 

 

Dari KPU Kota Batu dalam Bimtek Aplikasi Pelaporan Dana Kampamnye peserta Pemilu Tahun 2019 diwakili oleh : Komisioner Divisi Hukum (Mardiono) dan Operator Aplikasi Dana Kampanya(Mahyuni). (eka/pdp)

08 Sep

PPK KECAMATAN JUNREJO LAKUKAN VERIFIKASI PEMILIH GANDA

Junrejo,kpu-kotabatu.go.id(08/09/2018) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Junrejo segera melakukan koordinasi dengan PPK, PPS dan Panwascam Kecamatan Junrejo  setelah menghadiri undangan Rapat Koordinasi(Rakor) Penyempurnaan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2019 di KPU Kota Batu,Sabtu(08/09) di ruang Audio Visual KPU Kota Batu.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah mendatangi rumah-rumah penduduk secara langsung untuk melakukan verifikasi adanya kegandaan data pemilih dalam DPT Pemilu 2019 di Kecamatan Junrejo.

Menurut PPK  Kecamatan Junrejo (Dwi) bahwasanya kegandaan yang terjadi karena adanya kesalahan NIK yaitu NIK milik orang lain tercopy  dan ada juga ganda antar desa dan antar kecamatan.

“Tapi kami telusuri semuanya supaya kegandaan data bisa diketahui dengan cepat dan dapat diatasi ,”pungkas Dwi. (eka/pdp)