11 Okt

MENYAMBUT LOGISTIK PEMILU 2019, KPU KOTA BATU LAKUKAN PEMBERSIHAN GUDANG

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id (11/10/2018) Tahapan Pemilu 2019 untuk Divisi Logistik sudah sampai pada persiapan kedatangan logistik keperluan Pemilu 2019 yang berupa : kotak suara, bilik suara, sampul, tinta, segel dan alat kelengkapan TPS. Perlengkapan tersebut akan segera diditribusikan oleh KPU RI ke KPU Kabupaten/Kota.. Menyambut kedatangan logistik Pemilu 2019, KPU Kota Batu melakukan pembersihan, penataan dan pemindahan logistik Pilgub Jatim 2018 ke gudang yang baru,Kamis (11/10).

Gudang KPU Kota Batu yang terletak di belakang kantor KPU Kota Batu akan digunakan untuk tempat penyimpanan logistik Pemilu 2019.

Tampak beberapa karyawan KPU Kota Batu membereskan kotak suara, bantalan dan perlengkapan lainnya untuk dipindahkan ke gudang baru yang berupa ruko di Kecamatan Junrejo.

“Sebanyak dua ribu bilik suara dan 1.896 (Seribu Delapan Ratus Sembilan Puluh Enam) kotak suara yang terbuat dari aluminium kami pindahkan dan sampai hari ini masih dilakukan kegiatan pengangkutan,” terang Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Kota Batu di sela-sela waktu istirahatnya.(eka/pdp)

11 Okt

MELINDUNGI HAK PILIH PEMILU 2019, KPU KOTA BATU GELAR RAKOR #GMHP PEMILU 2019

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id (11/10/2018) Keberhasilan kegiatan pemilihan umum tidak terlepas dari data pemilih yang baik dan benar, artinya data pemilih yang sesuai dengan kondisi sebenarnya. Begitu juga dengan KPU sebagai penyelenggara Pemilu 2019, demi mewujudkan data yang bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan tagline “PEMILIH BERDAULAT NEGARA KUAT”, meluncurkan #GMHP atau Gerakan Melindungi Hak Pilih. Begitu juga dengan KPU Kota Batu,Kamis(11/10) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Gerakan Melindungi Hak Pilih (#GMHP).

#GMHP digelar di Aula Lantai 2 KPU Kota Batu dan dihadiri oleh PPK dan PPS se-Kota Batu. Acara yang digelar setelah PAW PPS Desa Torongrejo ini merupakan bentuk koordinasi antara KPU Kota Batu dengan PPK dan PPS se-Kota Batu dalam #GMHP.

Menurut Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Azhar Chilmi) bahwasanya KPU Kota Batu akan melakukan sosiliasi #GMHP di tempat keramaian seperti pasar,Batos,Jatim Park 3, Dispendukcapil, sosialisasi berbasis keluarga dan di lingkungan Desa/Kelurahan.

Lebih lanjut, Azhar Chilmi juga mengajak PPK dan PPS se-Kota Batu yang hadir dalam acara Rakor #GMHP untuk bersama-sama mensukseskan #GMHP dengan cara melakukan pendataan kegiatan yang akan berjalan di masing-masing wilayah kerjanya untuk kegiatan sosialisasi #GMHP.(eka/pdp)

11 Okt

KPU KOTA BATU LAKUKAN PAW PPS TORONGREJO DALAM PEMILU 2019

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id (11/10/2018) KPU Kota Batu lakukan Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pergantian Antar Waktu (PAW) Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Torongrejo dalam Pemilu Tahun 2019,Kamis(11/10).

PAW dilakukan di Aula Lantai 2 KPU Kota Batu ini dihadiri : PPK dan PPS se-Kota Batu dan Bawaslu Kota Batu.

Karena kesibukan, PPS Desa Torongrejo Rahma Wahyu, M.PD mengundurkan diri dan digantikan oleh Roni Bagus sebagai PPS Desa Torongrejo dalam Pemilu 2019.

Ketua KPU Kota Batu (Saifudin Zuhri) dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik dari PPS Desa Torongrejo Rahma Wahyu yang telah mengundurkan diri dan berharap pada Roni Bagus PPS yang baru untuk segera menyesuaikan diri.

Dalam kesempatan yang sama, Saifudin Zuhri juga menekankan perlunya koordinasi antara semua pihak di lingkungan PPS dan menyelesaikan segala permasalahan  dengan musyawarah bersama.

“Setelah ini, saya berharap tidak ada lagi PAW. Untuk itu diperlukan koordinasi dan segala permasalahan yang timbul diselesaikan dengan cara musyawarah bersama,”pungkas Ketua KPU Kota Batu, Saifudin Zuhri.

Berita Acara Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pergantian Antar Waktu  PPS Desa Torongrejo dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 dengan Nomor : 46/HK.03.1-Kpt/KPU-Kot/X/2018 ini secara resmi mengangkat Roni Bagus yang beralamat di Desa Klerek RT. 01 RW. 03 Desa Torongrejo sebagai PPS Desa Torongrejo.(eka/pdp)

10 Okt

LHO !! SLB EKA MANDIRI KOTA BATU LAKUKAN PENCOBLOSAN PEMILU 2019 ?

Ngaglik, kpu-kotabatu.go.id (10/10/2018) Tampak bilik suara dan kotak suara juga pemilih yang terdiri dari siswa – siswi SLB Eka Mandiri  yang beralamat di Jalan Terusan Kasiman Nomor 28 Ngaglik Kota Batu. Tampak  juga  petugas dengan baju warna biru berlogo KPU Kota Batu. Kegiatan pencoblosan untuk Pemilu 2019, baru akan dimulai hari Rabu tanggal 17 April 2019. Hilir mudik siswa-siswi yang telah berusia 17 tahun  memasuki bilik suara, memasukkan surat suara dalam kotak suara dan terakhir mencelupkan jari kelingking dalam tinta sidik jari.

Oh…rupanya kegiatan yang dilakukan di SLB Eka Mandiri adalah simulasi pencoblosan yang dikemas dalam satu acara Sosialisasi Pendidikan Pemilih pada Pemilu Serentak 2019 yang dilakukan KPU Kota Batu,Rabu(10/10/2018) di halaman SLB Eka Mandiri.

KPU Kota Batu sebagai penyelenggara kegiatan pemilihan umum di tingkat Kabupaten/Kota sedang melaksanakan tahapan Pemilu 2019 untuk sosialisasi Pemilu 2019. Sosialisasi yang dilakukan KPU Kota Batu untuk Pemilu 2019 menyasar pada : Pendidikan pemilih Disabilitas, Pendidikan pemilih Pemula, Pendidikan pemilih Pemula dan KPU Goes To Campus. Kegiatan sosialisasi tersebut diadakan mulai bulan Oktober sampi dengan November 2018.(eka/pdp)

10 Okt

SERUNYA SOSIALISASI PENDIDIKAN PEMILIH PADA PEMILU SERENTAK 2019 DI SLB EKA MANDIRI

Ngaglik, kpu-kotabatu.go.id (10/10/2018) Tahapan Pemilu 2019 untuk Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) sudah memasuki masa sosialisasi pada masyarakat di semua lini. Begitu juga yang dilakukan oleh KPU Kota Batu,Rabu(10/10/2018) mengunjungi SLB Eka Mandiri yang beralamat di Terusan Kasiman Nomor 28 Ngaglik Batu untuk melakukan sosialisasi pendidikan pemilih pada Pemilu serentak tahun 2019. Puluhan siswa antusias menyambut kedatangan KPU Kota Batu bahkan mereka berebut untuk membantu memasang banner sosialisasi.

Tak kalah serunya ketika Komisioner KPU Kota Batu (Heru Joko Purwanto) mengajak siswa-siswi SLB Eka Mandiri untuk melakukan senam step up. Senam yang dimulai dengan menggerakkan tangan dan kaki kemudian membentuk posisi jongkok dan diakhiri dengan menjulurkan lidah, rupanya mampu menciptakan suasana keakraban. Siswa-siswi SLB Eka Mandiripun  ikut larut dalam kegembiraan senam yang diciptakan langsung oleh Bapak dua putra putri ini.

Acara selanjutnya adalah sosialisasi pendidikan pemilih pada Pemilu serentak tahun 2019 yang langsung disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Batu (Heru Joko Purwanto). Dalam pemaparannya, Heru menerangkan tentang Pemilu 2019 yang dimulai dari tanggal pelaksanaan Pemilu sampai dengan siapa saja yang nantinya akan dipilih dalam kegiatan Pemilu 2019, Rabu 17 April 2019.

Tak kalah menariknya adalah acara simulasi secara langsung kegiatan pencoblosan yang dilakukan di dalam bilik suara. Layaknya acara pencoblosan sebenarnya, KPU Kota Batu menyediakan bilik suara dengan perlengkapannya berupa bantal, surat suara dan alat tusuknya serta kotak suara tempat memasukkan surat suara dan tinta sidik jari. Satu persatu siswa – siswi SLB Eka Mandiri maju ke depan untuk melakukan simulasi secara langsung.

Keseruan acara masih berlanjut, beberapa siswa – siswi SLB Eka Mandiri unjuk kebolehan dengan suara emasnya. Acara Sosialisasi Pendidikan Pemilih pada Pemilu Serentak Tahun 2019 ditutup dengan foto bersama sambil menyanyikan lagu “Kemesraan“.

Kemesraan yang tak pernah punah demi lancarnya kegiatan Pemilu 2019. PEMILIH BERDAULAT NEGARA KUAT. (eka/pdp)

08 Okt

KPU KOTA BATU MENGHADIRI RAPAT REKONSILIASI WILAYAH UNTUK UAPPA-W

Surabaya,kpu-kotabatu.go.id(08/10/2018) Dalam rangka mempersiapkan acara Rekon Nasional oleh Sekjen KPU RI tanggal 16 – 18 Oktober 2018, KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Rekonsiliasi Wilayah untuk UAPPA-W (Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran-Wilayah), Senin(08/10). KPU Kota Batu diwakili oleh Bendahara Pengeluaran (Adityarini Nugrahayu) dan Operator SAIBA (Samsul Arifin).

Rapat Rekonsiliasi diikuti oleh 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur ini diadakan di Hotel Zoom Jalan Raya Jemursari Surabaya. Masing-masing KPU Kabupaten/Kota mengirimkan dua orang perwakilannya yaitu : bendahara pengeluaran dan operator SAIBA.

Melansir dari Humas KPU Provinsi Jawa Timur bahwasanya tujuan diadakannya kegiatan Rapat Rekonsiliasi ini karena KPU sebagai lembaga pengguna anggaran dan barang dimana seluruh rangkaian kegiatan dan belanja dibiayai oleh APBN dan APBD.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur (Muhammad Eberta Kawima) dalam sambutannya menambahkan tentang cara kerja dalam UAPPA-W adalah melaksanakan musyawarah bersama dan tugas bersama dalam rangka melaksanakan rekonsiliasi bersama sehingga dapat tersusun laporan keuangan sesuai standar akuntansi pemerintahan.(eka/pdp)

08 Okt

KPU KOTA BATU LAKUKAN PEMASANGAN ALAT PROMOSI #GMHP

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id (08/10/2018) Gerakan Melindungi Hak Pilih (#GMHP) yang dilakukan KPU Kota Batu sudah dimulai dengan pemasangan Baliho di kantor KPU Kota Batu dan X – Banner di kantor PPK dan PPS se-Kota Batu, Senin (08/10).

Untuk Baliho terpampang tulisan Gerakan Melindungi Hak Pilih dengan anjuran melakukan pengecekan data diri apakah sudah terdaftar dalam DPT Pemilu 2019. Pengecekan bisa dilakukan dengan mengunjungi laman web : lindungihakpilihmu.kpu.go.id, data.kpu-kpu.go.id dan infopemilu.go.id.

Selain #GMHP, informasi tentang warna masing-masing surat suara untuk lima surat suara, pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pemilu 2019,  DPD Pemilu 2019 dan Partai Politik (Prpol) peserta Pemilu 2019 bisa diketahui dalam Baliho berukuran 3,6 meter x 3 meter.

Begitu juga untuk X-Banner yang bertuliskan Gerakan Melindungi Hak Pilih (#GMHP) 1 – 28 Oktober 2018 Lindungi Hak Pilihmu.

Sukseskan @GMHP demi suksesnya Pemilu 2019, Rabu tanggal 17 April 2019. PMILIH BERDAULAT NEGARA KUAT. (eka/pdp)