21 Mei

KPU KOTA BATU LAKUKAN PAW PPS 3 KECAMATAN SE-KOTA BATU UNTUK PEMILU 2019

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (21/05/2018) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melakukan penetapan dan pengangkatan Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk tiga Kecamatan di Kota Batu yaitu : PPS  Desa Junrejo Kecamatan Junrejo, PPS Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji dan PPS Kelurahan Temas Kecamatan Batu. Penggantian Antar Waktu (PAW) dihadiri oleh : Komisioner KPU Kota Batu, PPK Kecamatan Batu, PPK Kecamatan Junrejo, PPK Kecamatan Bumiaji, Panwaslu Kota Batu dan Kemenag Kota Batu (Candra Nurkhalis) ini diadakan di Aula KPU Kota Batu, Senin (21/05).

Adapun PAW ini adalah pergantian PPS lama dikarenakan kesibukannya dan tidak dapat berkontribusi lagi dalam pelaksanaan Pemilu 2019, maka digantikan oleh PPS yang baru.

Pertama, Keputusan  Komisi Pemilihan Umum Kota Batu Nomor : 09/HK.03.1-Kpt/3579/KPU-Kot/V/2018 tentang penetapan dan pengangkatan PAW  PPS Desa Junrejo Kecamatan Junrejo. PPS Lama (Datim Ima Sa’idah) digantikan oleh PPS baru (Cipto Hartono).

Kedua, Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Batu Nomor : 10/HK.03.1-Kpt/3579/KPU-Kot/V/2018 tentang penetapan dan pengangkatan PAW PPS Desa Girupurno Kecamatan Bumiaji. Pemberhentian anggota PPS Desa Giripurno ( Kasiari) dan menetapkan PAW, Doni Sunanda.

Dan yang terakhir adalah Keputusan Pemilihan Kota Batu Nomor : 11/HK.03.1-Kpt/3579/KPU-Kot/V/2018 tntang penetapan dan pengangkatan PAW  PPS Kelurahan Temas Kecamatan Batu. Adapun Keputusan KPU tersebut menetapkan pemberhentian  Agung Fauzi Hidayah dan menetapkan PAW, Kadi sebagai PPS Kelurahan Temas Kecamatan Batu.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Saifudin Zuhri) dalam sambutannya menyampaikan terima kasih pada PPS yang telah purna tugas dan mengucapkan selamat datang untuk PPS baru yang telah dilantik. (eka/pdp)

17 Mei

KPU KOTA BATU MENJADI NARASUMBER DALAM RDK YANG DIADAKAN PANWASLU KOTA BATU

Sidomulyo, kpu-kotabatu.go.id (17/05/2018) Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner Divisi Teknis (Rochani) dan Komisioner KPU Kota Batu Divisi Umum, Keuangan dan Logistik (Erfanudin) menjadi narasumber dalam acara Rapat Dalam Kantor (RDK) “Persiapan Pengawasan Penyediaan Perlengkapan Pemilihan, Pembersihan APK, Pemungutan dan Penghitungan serta Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara pada Pilgub Jatim 2018” yang diadakan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Batu, Kamis (17/05).

Rapat Dalam Kantor yang diadakan di kantor Panwslu Kota Batu Jalan Bukit Berbunga 13 A Sidomulyo Batu ini dihadiri oleh : Staf dan Pimpinan Panwaslu Kota Batu, Panwascam se-Kota Batu, Kasie Trantib se-Kota Batu, Kesbangpol, Camat se-Kota Batu dan Kabid Pol PP Kota Batu.

Ketua Panwaslu Kota Batu (Abdur Rohman) menjelaskan tujuan diadakannya acara RDK terkait kegiatan Pilgub Jatim 2018 ini adalah untuk sinkronisasi tugas pokok kerja masing-masing penyelenggara Pemilu supaya tidak terjadi kesalahan komunikasi terhadap dua penyelenggara Pemilu yaitu KPU Kota Batu sebagai penyelenggara dan Panwaslu sebagai pengawas.

Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner Divisi Teknis (Rochani) sebagai narasumber pertama memaparkan materi terkait “Tahapan, pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur  Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018”. Di samping itu, Rochani juga menjelaskan tentang regulasi yang menyertai proses tahapan, pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Jatim 2018.

Sedangkan narasumber kedua, Komisioner KPU Kota Batu Divisi Umum, Keuangan dan Logistik (Erfanudin) dalam pemaparannya dihadapan peserta RDK, menyampaikan materi tentang “Pemilihan 2018, jenis, indeks kebutuhan dan pengepakan logistik keperluan pemungutan dan penghitungan suara pemilihan yang akan diditribusikan  ke PPK, PPS dan KPPS serta penyampaian logistik setelah pelaksanaan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi”.

Lebih lanjut dalam pemaparannya, Erfanudin juga menyampaikan tentang kebutuhan logistik  pemilu pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2018 secara rinci. (eka/pdp)

  

13 Mei

KPU KOTA BATU GELAR SOSIALISASI OUTDOOR PILGUB JATIM 2018 PADA KOMUNITAS FLOBAMORA FAMILY ASSOCIATION KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (13/05/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dalam kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 dan menciptakan pemilih yang berintegritas, menggelar beberapa sosialisasi Pilgub Jatim 2018 dengan menyasar pada beberapa komunitas yang ada di Kota Batu. Sosialisasi outdoor berbasis komunitas Flobamora (Flores, Sumba, Timor, Alor), Minggu (13/05).

Sosialisasi outdoor yang digelar di Aula Camping Ground Gereja Gembala Baik Batu ini selain ajang silaturahmi anggota Flobamora Family Association Kota Batu juga sebagai sosialisasi tentang pelaksanaan  pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 oleh KPU Kota Batu.

Ketua Flobamora Family Association Kota Batu (Amandus) dalam sambutannya menyambut gembira atas sosialisasi yang diberikan KPU Kota Batu. Menurut Amandus yang juga wakil ketua Forum Pembauran Kota Batu, bahwasanya dengan diberikannya sosialisasi terhadap kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 ini, anggota Flobamora bisa menyampaikan pada lingkungan tempat tinggalnya untuk berperan aktif  dalam kegiatan Pilgub Jatim 2018.

Komisioner  KPU Kota Batu divisi SDM dan Parmas dalam pemaparannya menjelaskan tentang sejarah Pemilu di Indonesia, dari masa Pemilu pertama tahun 1955 sampai pemilu pada masa reformasi.

Lebih lanjut Saifudin Zuhri juga menjelaskan tentang kriteria pemilih, tata cara pemberian suara dan penggunaan formulir A.5-KWK atau  surat pemberitahuan daftar pemilih pindahan.

Disamping itu, Saifudin Zuhri juga memaparkan tentang Pemilu 2019. Pemaparan yang diberikan oleh Saifudin adalah tentang siapa saja yang akan dipilih dalam kegiatan Pemilu 2019 dan partai politik peserta Pemilu 2019.

“Jangan lupa, Rabu 27 Juni 2018 datang ke TPS dan salurkan hak pilih Anda,” himbau pak Sae, panggilan akrab Saifudin Zuhri.(eka/pdp)

  

12 Mei

KPU PROVINSI JAWA TIMUR GELAR GEBYAR BUDAYA DALAM RANGKA SOSIALISASI PILGUB 2018 DAN PEMILU 2019 di KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id, (12/05/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dan mewujudkan pemilih yang berintegritas di wilayah kerja KPU Provinsi Jatim, Sabtu(12/05) menggelar “Gebyar Budaya  Dalam Rangka Sosialisasi Pilgub 2018 dan Pemilu 2019”. Kota Batu, dipilih oleh KPU Provinsi Jatim dalam sosialisasi outdoor berbasis budaya lokal. Pagelaran yang mengusung tari topeng Malangan dan Bantengan ini digelar di Halaman Parkir Timur  Balai Kota Among Tani.

Gogot Cahyo Baskoro, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi SDM dan Parmas dalam sambutannya menjelaskan bahwasanya  layaknya sebuah pesta demokrasi , kegiatan Pilkada harus disambut dengan riang gembira. Lebih lanjut Gogot juga menjelaskan bahwa kegiatan Pemilu sudah bukan jamannya saling ‘gontok-gontokkan (berkelahi. red)’.

 ” Gebyar Budaya kami adakan di Kota Batu sebagai wujud apresiasi terhadap Kota Batu dimana dalam kegiatan Pilkada dua kali, tahun 2015 dan 2017 tingkat partisipasi pemilih di Kota Batu tertinggi di Jawa Timur,” terang pria yang pernah menjadi announcer PT. Radio Soka Adiswara Jember.

Walikota Batu (Dewanti Rumpoko) dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah Kota Batu menyambut baik acara Gebyar Budaya yang digagas KPU Provinsi Jawa Timur karena disamping untuk melestarikan kebudayaan daerah juga sebagai wujud kepedulian pemerintah Kota Batu akan suksesnya kegiatan Pilgub Jatim 2018. Dewanti juga menghimbau pada masyarakat Kota Batu untuk turut menyukseskan pelaksanaan kegiatan Pilgub Jatim 2018 supaya tingkat partisipasi pemilih di Kota Batu lebih meningkat lagi.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan seremoni pemukulan gendang dan jimbe oleh Walikota dan Wakil Walikota Batu, Ketua KPU Kota Batu dan KPU Provinsi Jawa Timur.

Gebyar Budaya dalam rangka sosialisasi Pilgub Jatim 2018 dan Pemilu 2019 ini menampilkan kesenian Bantengan Karya Jaya Pandansari Poncokusumo, Campursari Kurnia Budaya, Musik akustik dan theater LSM Malang juga diselingi dengan sosialisasi tata cara pemilihan serta door prise yang dibagikan secara langsung bagi penonton yang beruntung.

KPU Kota Batu sendiri membuka RPP (Rumah Pintar Pemilu) di lokasi acara Gebyar Budaya. RPP KPU Kota Batu memberikan layanan pada pengunjung terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) yaitu layanan untuk melakukan pengecekan apakah nama diri atau keluarganya sudah terdaftar sebagai pemilih.

  

Hadir dalam acara Gebyar Budaya dalam rangka Sosialisasi Pilgub 2018 dan Pemilu 2019 adalah : Walikota dan Wakil Walikota Batu, Sekda Provinsi Jawa Timur, Forkompinda Kota Batu, Komisioner KPU Jawa Timur, KPU Kota Batu, KPU Kota Malang, KPU Kabupaten Malang, KPU Kota Surabaya, KPU Kota Sidoarjo dan KPU Kabupaten Blitar. (eka/pdp)

12 Mei

MANTAPKAN PENGUASAAN MATERI TUNGSURA PILGUB JATIM 2018, PPK KECAMATAN JUNREJO ADAKAN BIMTEK KEPADA PPS

Junrejo, kpu-kotabatu.go.id, (12/05/2018))- Pelaksanaan pemungutan suara terhadap Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 tinggal 5 minggu lagi, guna memantapkan penguasaan materi terhadap proses pemungutan dan pengitungan suara serta rekapitulasi hasil perolehan suara, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  Kecamatan Junrejo mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap Petugas Pemungutan Suara (PPS) di wilayah kerjanya, Sabtu (12/05).

Bimbingan Teknis (Bimtek) pemungutan, penghitungan suara  dan rekapitulasi  hasil perolehan suara dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 diadakan di Aula Kecamatan Junrejo,  Jalan Raya Junrejo Nomor 1 Junrejo ini diikuti oleh 21 Petugas Pemungutan Suara (PPS) dan dihadiri oleh Panwascam Kecamatan Junrejo.

Dalam sambutannya, Ketua PPK Kecamatan Junrejo (Imam Asvali) menekankan perlunya ketelitian ekstra bagi KPPS dalam pengisian form-form pada hari pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Lebih lanjut, Imam menyampaikan pada PPS Kecamatan Junrejo bahwasanya KPPS harus teliti dan cermat  dalam mengisi form apalagi form di TPS sangat banyak dan alokasi pengisian hanya satu hari. Form-form tersebut akan diunggah ke website dengan aplikasi Sistem Informasi Penghitungan (Situng).

Hal senada juga disampaikan oleh Evi, PPS Kecamatan Junrejo. Evi menyatakan dengan adanya Bimbingan Teknis (Bimtek) pemungutan, penghitungan suara dan rekapitulasi hasil perolehan suara dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 ini menambah wawasannya tentang proses pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi hasil perolehan suara.

Selain penyampaian materi tentang pentingnya kegiatan pemungutan dan penghitungan suara dalam Pilgub Jatim 2018, peserta Bimtek juga diberikan simulasi dengan metode Bridge, dimana Petugas Pemungutan Suara (PPS) bertugas layaknya Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).(eka/pdp)

11 Mei

KPU KOTA BATU GELAR SOSIALISASI GOES TO CAMPUS PEMILU SERENTAK 2019 PADA MAHASISWA YPPII KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (11/05/2018) Mewujudkan pemilih yang berintegritas untuk Pemilihan Umum serentak tahun 2019, KPU Kota Batu menggelar sosialisasi Goes To Campus terhadap mahasiswa Yayasan Pekabaran Injil Indonesia (YPII) Jalan Indragiri No. 5 Kelurahan Songgokerto Batu, Jumat (11/05).

  

Sosialisasi Goes To Campus dengan narasumber dari Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas (Saifudin Zuhri) ini dihadiri sekitar 300 mahasiswa YPPI dan pengurus yayasan YPPII Kota Batu.

Pendeta Jansen, Wakil Ketua Yayasan YPPII dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih pada KPU Kota Batu yang telah memberikan sosialisasi pemilihan umum serentak tahun 2019 pada mahasiswa YPPII Kota Batu. Dengan adanya sosialisasi tersebut menambah wawasan baru pada mahasiswa terhadap jadwal dan tahapan  Pemilu 2019 yang akan dilakukan serentak.

“Dengan sosialisasi Pemilu 2019, mahasiswa YPPII yang tersebar dari berbagi daerah di wilayah Indonesia ini , diharapkan dapat memberikan informasi di daerahnya masing-masing tentang plaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019,” jelas Pendeta Jansen.

Saifudin Zuhri, Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas dalam pemaparannya menjelaskan  tentang sejarah Pemilihan Umum di Indonesia yang dimulai pada tahun 1955. Di samping itu, Saifudin juga menjelaskan pelaksanaan Pemilu 2019, dimana nantinya akan ada 5 surat  suara  untuk memilih legislatif dan presiden secara serentak, yaitu : DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, Presiden dan Wakil Presiden.

  

Dalam kesempatan yang sama, Saifudin menitipkan pesan pada mahasiswa YPPII untuk pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 pada tanggal 27 Juni 2018, untuk tidak lupa membawa surat undangan atau C-6 dan KTP Elektronik ketika mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah masing-masing.(eka/pdp)

11 Mei

LIVE DIALOG GEBYAR BUDAYA DALAM RANGKA SOSIALISASI PILGUB 2018 DAN PEMILU 2019 KPU PROVINSI JATIM DI JTV MALANG

Tlogomas, kpu-kotabatu.go.id (11/05/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur dalam rangka sosialisasi Pilgub Jatim 2018 dan Pemilu 2019 mengadakan Gebyar Budaya Malangan di Halaman Parkir Timur Balaikota Among Tani Kota Batu, Sabtu(12/05). Guna mensosialisasikan acara tersebut, Komisioner KPU Provinsi Jatim Divisi Umum, Keuangan dan Logistik (Dewita Hayu Shinta), Ketua KPU Kota Batu (Rochani) dan Toha Nuryance sebagai pelaksana acara gebyar Budaya mengadakan live dialog di stasiun televisi lokal JTV Malang, Komplek Ruko Tlogomas Square Kav. No. 23 Jalan Tlogomas 30 Malang, Jumat (11/05).

Dewita Hayu Shinta yang akrab dipanggil dengan Bu Sisien ini, dalam live dialog ini menginformasikan  kepada masyarakat bahwa ada kegiatan Gebyar Budaya dalam rangka sosialisasi Pilgub Jatim 2018 dan Pemilu 2019 di Kota Batu. Lebih lanjut, disampaikan juga oleh Dewita, proses Pilkada adalah proses berbudaya dan kegiatan seni dan budaya adalah kegiatan yang paling dekat dengan masyarakat.

“Sosialisasi berbasis budaya masyarakat  sekitar ini, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih. Ini yang kami lakukan di KPU Jatim dengan melakukan pagelaran seni budaya di wilayah Jawa Timur,” jelas Dewita Hayu Shinta.

Gebyar Budaya dalam rangka sosialisasi Pilgub Jatim 2018 dan Pemilu 2019 ini menampilkan kesenian Bantengan Karya Jaya Pandansari Poncokusumo, Campursari Kurnia Budaya, Musik akustik dan theater LSM Malang. (eka/pdp)