04 Nov

PENDAFTARAN SELEKSI CALON ANGGOTA KPU PROVINSI JAWA TIMUR, PERIODE TAHUN 2018-2023

Surabaya, kpu-kotabatu.go.id (04/11) – Tim Seleksi Calon Anggota KPU Jawa Timur, membuka pendaftaran seleksi calon anggota KPU Jawa Timur periode 2018-2023.

Penerimaan berkas pendaftaran dimulai tanggal 05 November 2018 sampai dengan 11 November 2018, mulai jam 08.00-16.00 WIB, adapun berkas pendaftaran dapat diantar langsung ke Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi Jawa Timur, di Hotel Yello Surabaya, Jl. Raya Jemursari 176, Kendangsari, Tenggilis Mejoyo Kota Surabaya. (eka/pdp)

Untuk Pengumuman dan Lampiran Pengumuman bisa di klik disini

26 Sep

MENINGKATKAN PARMAS PEMILU 2019, KPU KOTA BATU HADIRI RAKOR PENYUSUNAN MODUL KURSUS KEPEMILUAN DAN KAMPANYE

Magetan, kpu-kotabatu.go.id(26-27/09/2018) Penyelenggaraan kegiatan Pemilu yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu bisa dikatakan berhasil jika Partisipasi masyarakat (Parmas) meningkat dan kegiatan Pemilu berjalan lancar, aman dan kondusif. Mewujudkan Parmas meningkat dalam Pemilu 2019, KPU Kota Batu menghadiri Rakor Penyusunan Modul Kursus Kepemiluan dalam Rangka Peningkatan Parmas Pemilu Tahun 2019,Kamis-Jumat(26-27/09).

Rakor yang diadakan di Rumah Makan Harmadha Joglo Kabupaten Magetan ini berlangsung selama dua hari dan dihadiri oleh 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Adapun masing-masing KPU diwakili oleh Divisi SDM dan Parmas dan Operator SIPARMAS.

Rakor yang membahas kampanye dan Bimbingan teknis (Bimtek) kursus kepemiluan tingkat KPU Kabupaten/Kota se- Jawa Timur dalam pemilu 2019 ini  dikemas dalam dua kegiatan.

Menurut Operator SIPARMAS KPU Kota Batu (Prasetya Dwi Palupi) yang hadir dalam Rakor bersama Ketua KPU Kota Batu sekaligus Komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas(Saifudin Zuhri) menjelaskan bahwasanya di hari pertama diisi  dengan diskusi tentang penyusunan modul kepemiluan terkait peningkatan Parmas Pemilu 2019. Hari kedua, peserta diberikan pemantapan masalah aplikasi SIPARMAS oleh operator  SIPARMAS KPU Provinsi Jawa Timur (Choirunisa).(eka/pdp)

23 Sep

HEBAT !! KPU KOTA HADIRI DEKLARASI DAMAI PEMILU 2019 DENGAN BERPAKAIAN ADAT

Surabaya,kpu-kotabatu.go.id(23/09/2018) Jadwal Kampanye Damai Pemilu 2019 telah ditetapkan tanggal 23 September 2019. Demi mewujudkan Kampanye Pemilu 2019 yang damai, KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019. Tidak ketinggalan KPU Kota Batu dengan dipimpin langsung oleh Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) mengikuti Kirab Budaya dan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019,Minggu(23/09).

Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 dengan tema “Kampanye Anti SARA dan Hoax untuk menjadikan Pemilih Yang Berdaulat Agar Negara Kuat” ini diikuti oleh : Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019, pendukung capres dan cawapres, DPD, KPU Provinsi Jawa Timur, 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Bawaslu Jawa Timur dan Forkopimda Jawa Timur.

Dilansir dari Humas KPU Jawa Timur, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi SDM dan Parmas (Gogot Cahyo Baskoro) sebelum dilaksanakan Kirab Budaya ,  seluruh peserta berjalan kaki dengan rute yang telah ditentukan, terlebih dahulu seluruh peserta yang hadir membacakan Deklarasi Damai Kampanye Pemilu 2019.

Menurut Gogot Cahyo Baskoro, dengan diadakannya Kirab Budaya dan deklarasi Damai Pemilu 2019 ini sebagai pertanda bahwa tahapan dari kegiatan kampanye Pemilu 2019 sudah berjalan dan harapannya adalah kampanye Pemilu 2019 menghasilkan kampanye yang damai.

KPU Kota Batu dengan semangat mensukseskan pelaksanaan Kirab Budaya dan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jatim, dengan sembilan pasukan yang dikoordinir Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo) turun langsung dengan mengenakan baju adat.

Sukses untuk KPU Kota Batu.(eka/pdp)

21 Sep

KPU KOTA BATU HADIRI RAKOR PENYUSUNAN RENCANA KERJA TAHUN ANGGARAN 2019

Surabaya,kpu-kotabatu.go.id(21/09/2018) Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja Tahun Anggaran 2019 digelar oleh KPU Provinsi Jawa Timur,Jumat(21/09) di Ruang Pertemuan KPU Provinsi Jawa Timur. Menyadari akan pentingnya penyusunan rencana kerja tahun anggaran 2019 demi kelancaran tahapan kegiatan Pemilu 2019, KPU Kota Batu hadir untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Rapat Koordinasi dihadiri oleh 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Masing-masing KPU Kabupaten/Kota di wakili oleh Kasubag Program dan Data dan Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik. KPU Kota Batu sendiri diwakili oleh Kasubbag Program dan Data (Irfan Darmawan) dan Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik (Fitrya Faradevi).

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur (Eko Sasmito) dalam sambutannya menerangkan bahwasanya untuk anggaran yang akan diajukan, diharapkan tidak ada yang terlewatkan dan kalau bisa disesuaikan dengan tahapan dalam Pemilu 2019.(eka/pdp)

21 Sep

KPU KOTA BATU HADIRI PAW KOMISIONER KPU KABUPATEN/KOTA

Surabaya,kpu-kotabatu.go.id(21/09/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menghadiri Pelantikan Penggantian Antar Waktu (PAW) 7 orang Komisioner Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur,Jumat(21/09) yang dilakukan oleh KPU Provinsi Jawa Timur. Pelantikan dilakukan di Aula Lantai II Kantor KPU Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Tenggilis Surabaya. Hadir dalam acara pelantikan,  Ketua dan Anggota KPU Jawa Timur dan Anggota KPU Kabupaten/Kota dimana 7 orang Komisioner terlantik berada.

Adapun Tujuh orang terlantik yakni, Mahfud dari KPU Kabupaten Pacitan, Agus Dwi Hanggono dari KPU Kabupaten Magetan, Indra Wahyu serta M. Chusaini dari KPU Kabupaten Pasuruan, Supen Effendi dari KPU Kabupaten Mojokerto, Bambang Supriyanto dari KPU Kabupaten Madiun, dan Heru Joko Purwanto dari KPU Kota Batu.

Penggantian Antar Waktu (PAW) di KPU Kota Batu terkait Ketua KPU Kota Batu (Rochani) periode 2014 – 2019 mengemban tugas baru sebagai Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur. Otomatis di KPU Kota Batu terdapat kekosongan Komisioner sejak Rochani dilantik pada tanggal 16 Agustus 2018 sebagai Anggota periode 2014 – 2019 khusus penambahan.

Setelah menunggu hampir satu bulan, akhirnya Heru Joko Purwanto dilantik menjadi Komisioner KPU Kota Batu bersama lima Kabupaten lainnya, yakni : Kabupaten Pacitan, Kabupaten Magetan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Madiun. Setelah pelantikan PAW Heru Joko Purwanto, maka lengkaplah formasi 5 Komisioner di KPU Kota Batu.

Heru Joko Purwanto bukanlah wajah baru dalam penyelenggaraan Pesta Demokrasi di Kota Batu. Terakhir Heru menjabat sebagai Ketua Panwascam Junrejo. Sebelumnya Heru juga dua kali menjabat sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan pada tahun 2004 sebagai Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Pendem.

“Yang jelas saya akan melaksanakan tugas yang diamanahkan dengan baik dan ingin menciptakan kondisi Pemilu di Batu menyenangkan sekaligus menggagas wisata demokrasi di Batu,” terang Heru di sela-sela waktu istirahat setelah pelantikan.

Lebih lanjut, Heru juga berpesan pada lingkungan kerja di Panwascam Junrejo, tempat dimana sebelumnya Heru berkarya. “Mari bekerjasama sesuai Tupoksi masing-masing dan kita kedepankan koordinasi secara intens dalam koridor menciptakan kondusifitas wilayah,” pungkas Heru Joko Purwanto. (eka/pdp)

17 Sep

KPU KOTA BATU LAKUKAN APPROVAL DCT DPRD KOTA BATU DALAM PEMILU 2019

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id(17/09/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu setelah acara Sosialisasi Kampanye Pemilu 2019 terhadap Partai Politik Peserta Pemilu 2019, langsung melakukan approval DCT DPRD  Kota Batu. Approval  dihadiri oleh partai politik peserta Pemilu 2019 dan dilakukan di Aula lantai 2 KPU Kota Batu Jalan Raya Tlekung,Senin (17/09).

Menurut Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum sekaligus Wakil Divisi Teknis (Mardiono) menyatakan bahwasanya approval ini sangat penting karena hasil approval dijadikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk ditetapkan  pada tanggal 20 September 2018 dan diumumkam di media massa cetak, radio, televisi dan laman Web KPU Kota Batu pada tanggal 21 September sampai dengan 23 September 2018.

Lebih lanjut Mardiono menjelaskan bahwasanya acara Approval yang dilakukan di KPU Kota Batu tidak ada masalah yang signifikan dan semuanya berjalan lancar dimana Liaision Officer (LO) membubuhkan tanda tangan pada lembar persetujuan Liaision Officer (LO) yang telah disediakan.(eka/pdp)

14 Sep

KPU KOTA BATU HADIRI RAKOR PENYEMPURNAAN DPT PEMILU TAHUN 2019

Surabaya,kpu-kotabatu.go.id(13-14 September 2018)-Mewujudkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan untuk Pemilu 2019, KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019. KPU Kota Batu sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu, hadir dalam Rakor yang diadakan selama dua hari,Kamis-Jumat(13-14/09).

Rakor yang diadakan oleh KPU Provinsi Jatim ini dihadiri oleh 38 KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur. Masing-masing KPU Kabupaten/Kota diwakili oleh Ketua KPU Kabupaten/Kota,Divisi Perencanaan dan Data dan Operator SIDALIH.

Rakor yang dilakukan di Hotel Narita Surabaya ini mempunyai dua agenda, yaitu : Rakor Penyempurnaan DPT Pemilu Tahun 2019, setelah itu dilanjut dengan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPT hasil perbaikan dalam Pemilihan Umum Tahun 2019

Masing-masing peserta dari KPU Kabupaten/Kota,diwajibkan membawa:

  1. Hardcopy dan Softcopy Berita Acara (BA) hasil perncermatan verifikasi dan penghapusan data ganda,pemilih tidak memenuhi syarat serta penambahan pemilih batu data pemilih baru dan perbaikan elemen data pemilih DPT Pemilu tahun 2019.
  2. Hardcopy dan Softcopy Berita Acara (BA) rekapitulasi dan penetapan DPT hasil perbaikan Pemilu Tahun 2019.
  3. Hardcopy dan Softcopy surat keputusan rekapitulasi dan penetapan DPT hasil perbaikan Pemilu Tahun 2019.
  4. Softcopy (byname dalam format Excel untuk Byname penghapusan pemilih ganda, Byname penghapusan Pemilu TMS, Byname penambahan pemilih baru dan Byname ubah data pemilih.

KPU Kota Batu sendiri diwakili oleh: Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Azhar Chilmi)  dan Operator SIDALIH (Irfan Darmawan).(eka/pdp)