24 Jan

TINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH, KPU KOTA BATU BEKALI “RELASI” DENGAN BIMBINGAN TEKNIS

Batu, kpu-kotabatu.go.id (22-Januari-2019) – Mendung  di Selasa (22/1) dan Rabu (23/1) pagi tidak menyurutkan langkah puluhan Relawan Demokrasi (Relasi) Pemilu Kota Batu 2019 untuk mendatangi Kartika Hall di Hotel El Royale Kartika Wijaya dalam acara Pembekalan Relawan Demokrasi Pada Pemilu 2019. Relasi yang berjumlah lima puluh lima orang ini dibekali bimbingan teknis (Bimtek) oleh para pejabat dan komisioner KPU Kota Batu sebagai modal mereka untuk menyosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2019 di lapangan nantinya.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara Bimtek ini, Ketua KPU Kota Batu (Saifudin Zuhri) yang sekaligus Divisi Keuangan, Umum, dan Logistik KPU Kota Batu, Relawan Demokrasi ini dibentuk karena tren partisipasi pemilih yang makin menurun tiap tahunnya.  Pada Pemilu 2004 partisipasi politik masyarakat berada di angka 88,78 (Pileg), sekitar 86 persen (Pilpres putaran I), dan 84,24 persen (Pilpres purtaran II).  Di Pemilu periode selanjutnya, tahun 2009,  77,45  persen pemilih terdaftar menyuarakan aspirasinya untuk memilih anggota legislatif dan hanya  79,45 persen menggunakan hak pilih dalam Pilpres. Pada tahun 2014 terdapat sedikit peningkatan. Persentase partisipasi pemilih dalam Pileg sebanyak 82,50 persen dan 81,72 persen

Materi selanjutnya dengan narasumber Komisioner KPU Kota Batu Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas (Heru Joko Purwanto) menyampaikan Selain perekrutan dari masyarakat yang mendaftarkan diri, para Relawan Demokrasi ini juga berasal dari  hasil kerjasama KPU dan beberapa instansi lain seperti Kementrian Agama Kota Batu  dan SLBN. “KPU sengaja merangkul  kalangan agar bisa merangkul masyarakat dengan lintas latar belakang.” terang Heru. Demi tujuan ini pula para anggota Relasi ini dibagi menjadi 10 (sepuluh) basis kelompok yang  terdiri dari kelompok disabilitas, kelompok berkebutuhan khusus, kelompok agama dan kepercayaan, kelompok komunitas, kelompok keluarga, kelompok Netizen (warganet), kelompok  marjinal, kelompok muda, kelompok pemula, dan kelompok perempuan. Jumlah basis relawan ini bertambah  dibanding Relasi tahun lalu yang  hanya terdiri dari 5 (lima) basis saja.  “Diharapkan para relawan tahun ini mendapatkan kesuksesan dari Relasi  tahun-tahun sebelumnya dalam meningkatkan tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019, khususnya Kota Batu.” ujar Heru Joko didalam paparannya.

Kegiatan yang dikemas dalam dua hari ini berusaha menyajikan informasi mengenai penyelenggaraan Pemilu 2019, dari hal yang berisifat umum hingga yang sangat spesifik. Salah satu contohnya adalah Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum (Mardiono)  memaparkan bagaimana potensi pelanggaran pemilih, peserta, dan penyelenggara Pemilu dapat terjadi. Beliau juga menuturkan beberapa poin penting mengenai kode etik yang wajib diikuti oleh Relawan Demokrasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Teknis (Erfanudin) menjelaskan kepada Relasi tentang surat suara yang terdiri dari 5 (lima) jenis surat suara dan penggunaan surat suara Pemilu 2019 serta mengenalkan kelengkapan TPS seperti Kotak Suara, Bilik Suara Dll. “Dengan adanya pembekalan Bimtek ini, para Relasi dapat menjadi salah satu ujung tombak KPU Batu dalam menyosialisasikan Pemilu, mengedukasi para pemilih, serta meningkatkan partisipasi masyarakat di Pemilu tanggal 17 April 2019 mendatang.” ujar Erfanudin. [ss]

 

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

25 − 15 =