15 Apr

SPION PUN BISA JADI KACA RIAS KESERUAN DI BELAKANG PANGGUNG

Batu, kpu-kotabatu.go.id (14/04/2018) – Keberhasilan sebuah pertunjukkan tidak terlepas dari artis atau talennya dalam melakoni seni perannya masing-masing. Bukan Hanya itu, keserasian antara riasan dan busana yang dikenakan juga turut andil dalam suksesnya sebuah pertunjukkan. Seperti yang ditunjukkan oleh seniman-seniman yang akan tampil dalam Sosialisasi Gelar Seni Budaya Pilkada Jawa Timur Tahun 2018 yang diadakan oleh KPU Kota Batu. Di belakang panggung, tampak beberapa seniman menyiapkan properti yang akan digunakan, bahkan kaca spion sepeda motor pun bisa jadi kaca rias.

Belakang panggung, area yang sering digunakan pengisi sebuah acara untuk berdandan, ngobrol sekaligus beristirahat dari penatnya mereka setelah menghibur penonton. Seperti yang tampak di belakang panggung acara yang digelar KPU Kota Batu untuk sosialisasi Pilgub Jatim 2018, yaitu Sosialisasi Gelar Seni Budaya Pilkada Jawa Timur Tahun 2018 di Pasar Parkiran, Sabtu (14/04).

Beberapa seniman muda yang akan memperagakan parade berbagai jenis barong Jawa tampak memilih dan melipat kain atau yang lebih dikenal dengan “wiru jarit” . Bukan hanya itu, secara bersama-sama mereka saling membantusatu sama lain dalam hal  merias dan mengenakan jarit.

“Tiap manggung, kami saling membantu satu sama lain untuk make up dan mengenakan properti, baik jarit atau kain panjang atau baju,” jelas salah seorang seniman yang memerankan gledhog barong kepruk atau yang lebih dikenal dengan si lambe turah ini.

Semakin mendekati waktunya tampil di panggung, kesibukan pun semakin terasa. Beberapa pengisi panggung berdatangan  lengkap dengan asesories yang akan dikenakan. Bau bedak dan minyak wangi pun semakin menyeruak di balik riuhnya celotehan seniman muda Kota Batu.(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 4 = 6