20 Jul

Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP)

Batu, kpu-kotabatu.go.id – Dalam setiap penggunaan anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus dilaksanakan secara efisien, efektif dan akuntabel. Sehingga dalam implementasi kebijakan pengadaan barang/jasa, Komisi Pemilihan Umum Kota Batu telah mengumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang terkait penggunaan anggaran dana hibah pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Tahun 2017 yang dapat di akses melalui https://sirup.lkpp.go.id/sirup/rup/login.

Kewajiban mengumumkan RUP juga menjadi ranahnya UU 14/2008 tentang Keterbukaan dan Informasi Publik,  pengumuman RUP mengandung maksud agar para penyedia barang/jasa mempunyai waktu bersiap diri sekaligus bukti bahwa K/L/D/I tersebut telah melakukan prinsip-prinsip dasar pengadaaan barang/jasa yakni terbuka dan transparan.

Atas dasar fenomena tersebut diatas bagaimana pengumuman RUP oleh Pengguna Anggaran menjadi lebih optimal dalam Pemilihan Walikota Batu Tahun 2017.

Melalui kesempatan ini, Erfanudin selaku Divisi Perencanaan, Anggaran, Logistik Dan Urusan Rumah Tangga KPU Kota Batu menyampaikan harapannya yaitu dengan telah diumumkannya RUP ini dapat memudahkan penyampaian informasi kepada umum ataupun kepada Calon Penyedia, selain itu juga dapat pula melihat jenis kebutuhan barang dan jasa apa saja yang dibutuhkan selama pelaksanaan Pemilihan Walikota Tahun 2017 di Kota Batu secara terbuka.

Perlu diketahui bahwa kewajiban K/L/D/I dalam mengumumkan RUP diatur dalam ketentuan pasal 8 ayat 1 huruf a dan b, sebagaimana Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

 

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + = 11