16 Apr

SERUNYA SOSIALISASI GELAR SENI BUDAYA PILKADA JAWA TIMUR TAHUN 2018 OLEH KPU KOTA BATU

Batu, kpu-kotabatu.go.id (14/04/2018) – Parade Barong Jawa unjuk kebolehan di depan ratusan penonton yang memadati Pasar Parkiran, Sabtu(14/04). Masyarakat Kota Batu rupanya tidak mau ketinggalan dengan hadirnya para Barongers, mereka  menyambut antusias Sosialisasi Gelar Seni Budaya Pilkada Jawa Timur Tahun 2018 yang digelar khusus oleh KPU Kota Batu untuk  masyarakat Kota Batu.

Gelar seni budaya yang menampilkan atraksi : parade jathil obyog, glendho barong kepruk, barong sabet, rampak kucing malangan, barongsay jowo dan reog ponorogo ini dipersembahkan  KPU Kota Batu dalam rangka sosialisasi Pilkada 2018.

“Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, KPU Jatim memberikan konsep sosialisasi Pilkada tahun 2018 dalam bentuk pagelaran seni dan budaya, sehingga di tiap daerah wilayah KPU Jatim diperintahkan untuk memberikan pagelaran seni budaya,” terang Pak Sae panggilan akrab Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM dan Parmas.

Lebih lanjut , Saifudin Zuhri dalam sambutannya  di hadapan masyarakat Kota Batu yang hadir dalam gelar seni budaya di Pasar Parkiran juga menerangkan tentang siapa saja pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang bisa dipilih pada tanggal 27 Juni 2018.

“KPU Kota Batu berharap ada peningkatan partisipasi pemilih dalam Pilgub 2018 ini daripada kegiatan pemilihan yang sudah pernah terjadi di Kota Batu,” pungkas Saifudin Zuhri.

Sebagai informasi, dalam sosialisasi gelar seni budaya Pilkada Jawa Timur Tahun 2018 ini tampil atraksi glendho barong kepruk dengan membawa barong seberat 65 kilogram. Barong seberat itu dikeprukkan di paha pemain sampai menimpulkan bunyi “pruk”. Dengan formasi 9 orang, glendho barong kepruk ini juga menampilkan debus semburan api.

Tak kalah menariknya adalah aksi barongsai  jawa, mereka menunjukkan atraksi dengan berguling2 dan melompat – lompat di udara. Di susul dengan barong sabet. Dengan warna-warninya yang cerah, barong sabet inipun menyemburkan api di mulutnya.

Dalam sosialisasi gelar seni budaya Pilkada Jawa Timur Tahun 2018 ini tampak relawan demokrasi besutan KPU Kota Batu hilir mudik menghampiri penonton dan para seniman muda di belakang panggung untuk memberikan sosialisasi terhadap pemilihan Gubernur daan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) Tahun 2018. (eka/pdp)

 

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *