28 Feb

SERAGAM UNGU “PETUGAS KEBERSIHAN TPA TLEKUNG” CAPEK TAPI ANTUSIAS

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id (28/02/2018) – “Sampah” tiap hari selalu ada dan menjadi permasalahan jika tidak tertangani dengan baik dan benar. Dari data yang didapat, bahwasanya ada 8 ton tumpukan sampah dalam sehari yang ditampung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung di lahan seluas 4 hektar are. Dalam sehari, “pahlawan kebersihan” ini bisa memungut dan membersihkan sampah sampai 3 kali sehari, bisa dibayangkan capeknya mereka. Namun, hari ini, Kamis (28/02) tidak terlihat rona capek di wajah mereka ketika KPU Kota Batu memberikan sosialisasi Pilgub Jatim 2018 kepada Pelaku Pengolah Sampah di TPA Tlekung dalam gelaran event “SAMPAH BERKAH”. Petugas Kebersihan yang langsung bersinggungan dengan sampah ini adalah sebagian peserta yang diundang dalam sosialisasi di TPA Tlekung.

Undangan lain dalam Sosialisasi Pilgub Jatim 2018 kepada Pelaku Pengolah Sampah ini adalah : Bank Sampah di desa-desa se-Kota Batu, PKK se-Kota Batu dan Pengusaha Toko Oleh-Oleh.

Walikota Batu (Dewanti Rumpoko) dalam sambutannya memberikan apresiasi pada ibu-ibu petugas kebersihan, karena mereka tanpa rasa lelah, membersihkan sampah-sampah yang tersebar di Kota Batu. Tepuk tangan langsung terdengar serempak, ketika Dewanti Rumpoko meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kebersihan untuk segera menguruskan BPJS petugas kebersihan “seragam ungu”.

Acara Sosialisasi Pilgub 2018 kepada Pelaku Pengolah Sampah di TPA Tlekung diisi oleh Ashar Chilmi selaku Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data.

Sosialisasi yang dipaparkan Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Ashar Chilmi) adalah tentang peranan ibu-ibu yang sangat besar sebagai agen sosialisasi terhadap kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018. Beberapa kegiatan yang banyak diikuti oleh ibu-ibu dari penuturan Ashar Chilmi seperti pengajian, PKK, Posyandu dan Dasa Wisma adalah potensial untuk ibu-ibu melakukan sosialisasi Pilgub 2018.

Disamping itu, Ashar juga menginformasikan tentang data pemilih pemula yang telah dikirimkan oleh KPU Kota Batu ke Dispendukcapil. Data tersebut adalah data pemilih pemula yaitu mereka yang telah berusia 17 tahun pada saat dilakukan kegiatan pencoblosan pada tanggal 27 Juni 2018. Dispendukcapil telah melakukan proses data tersebut dengan cara mobile dan mendatangi kantor Dispendukcapil Kota Batu untuk melakukan perekaman KTP Elektronik.

Sebagai informasi, Sosialisasi Pilgub Jatim 2018 kepada Pelaku Pengolah Sampah ini dilakukan di dalam acara “SAMPAH ITU BERKAH” yang diadakan untuk memperingati HUT ke-1 Komunitas Bank Sampah Kartini Sejati (KBSKS)di TPA Tlekung. (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

81 − 73 =